31

Agustus
2022

Panduan Memilih Investasi Emas

Panduan Memilih Investasi Emas

Dalam buku berjudul Gold: Nature and Culture yang ditulis oleh ahli sejarah Rebeca Zorach dan produser film Michael Philips, sejak dulu emas dianggap sebagai perwakilan dari sebuah kesakralan. Alasan utamanya adalah karena emas memiliki tampilan mencolok, berkilau, serta warna yang kuat.

Berdasarkan catatan sejarah, penggunaan emas oleh manusia pertama kali terjadi pada tahun 3100 sebelum Masehi, tepatnya pada masa Menes yang dikenal sebagai pharaoh pertama Mesir. Pada masa pemerintahannya, disebutkan bahwa emas memiliki nilai 2,5 kali lipat dibandingkan perak. Rasio emas-perak ini dikenal sebagai perbandingan nilai pertama dalam sejarah manusia.

Penggunaan emas terus berlanjut, hingga pada tahun 700 sebelum Masehi, untuk pertama kalinya emas digunakan sebagai mata uang koin oleh para pedagang dari bangsa Lydia. Namun koin yang digunakan pada saat itu tidak mengandung emas murni sebagai bahannya. Koin ini terdiri dari 63% emas dan 27% perak campuran keduanya disebut dengan nama elektrum.

Saat ini emas tidak lagi digunakan sebagai mata uang. Namun demikian, keberadaannya tetap menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah penggunaan emas sebagai sarana investasi jangka panjang yang masih cukup populer di kalangan masyarakat. Tidak mengherankan, kepemilikan emas kerap dikaitkan dengan kondisi ekonomi sebuah negara.


selengkapnya di sini :

https://www.lakuemas.com/artikel/detail/panduan-memilih-investasi-emas 


ARTIKEL LAINNYA

INFORMASI DORMANT
Selasa, 07 Mei 2024
INFORMASI DORMANT

Hai LakuFriends, dengan penuh hormat, kami ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Anda dalam menggunakan Aplikasi LAKU EMAS untuk bertransaksi dan berinvestasi dalam emas. Sebagai bagian dari layanan kami, kami ingin memberikan penjelasan mengenai biaya dormant yang mungkin Anda temui dalam penggunaan aplikasi ini. Yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut:


LANJUTKAN
Naik Tipis Bikin Untung ?
Jumat, 03 Mei 2024
Naik Tipis Bikin Untung ?

Penguatan dolar yang mendekati level tertinggi dalam lima bulan terakhir juga membuat harga logam tersudutkan. Emas yang mengincar dukungan ke $2.300, kemudian muncul isyarat suku bunga lebih lanjut - membuatnya hampir menembus di bawah level support $2.300 per troy ounce dan dapat menandakan koreksi jangka pendek bagi emas. Jadi apakah akan menguntungkan untuk kita di masa depan ? Cek di artikel berikut ini


LANJUTKAN
Di Luar Ekspektasi !
Rabu, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN