24

October
2019

Mengapa Emas disebut Safe Haven?

Mengapa Emas disebut Safe Haven?

Emas dianggap sebagai “safe haven” oleh beberapa orang. Aset ini diharapkan nilainya sejalan dengan inflasi untuk jangka waktu yang lama. Standar perekonomian dunia atau negara mungkin tidak berhubungan dengan nilai emas, tetapi pada akhirnya nilai emas adalah dasar nilai riil.

Sebelum mengetahui kenapa emas dikatakan safe haven, kita harus tau apa itu safe haven? Safe haven adalah aset yang diharapkan nilainya tetap atau meningkat walaupun pasar tidak stabil atau bergejolak. Safe haven dicari oleh para investor untuk menghindari aset mereka dari kerugian ketika terjadi penurunan pasar atau krisis keuangan.

Emas dipercaya sebagai alat penyimpan nilai atau “store of value”. Nilai dari komoditas emas tidak dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga yang ditetapkan pemerintah. Banyak orang yang membeli emas sebagai asuransi terhadap peristiwa ekonomi yang buruk atau merugikan. Sebagai akibatnya, permintaan dan harga emas meningkat ketika adanya ancaman inflasi ataupun perubahan nilai dollar.

Penelitian yang dilakukan oleh Sile Li dan Brian Lucey mengidentifikasi indikator-indikator kondisi pasar yang tidak stabil, yaitu: tekanan dalam pasar keuangan, ketidakjelasan politik, dan sentiment konsumen. Konsumen akan berpikir bahwa emas akan lebih aman dibanding aset berisiko seperti saham dan obligasi. Bisa disimpulkan bahwa harga emas akan cenderung meningkat ketika pasar keuangan mengalami tekanan yang disebabkan oleh kebijakan pemerintah.

Nah, sekarang Teman Lakuemas telah tahu cara untuk investasi emas. Jika ada pertanyaan,

silahkan isi chat box di kanan bawah artikel ini ya!


Lakuemas, Cara Baru Beli Emas.

ARTIKEL LAINNYA

TO THE MOON ! waktunya jual ?
Friday, 18 October 2024
TO THE MOON ! waktunya jual ?

Menembus level tertinggi, membuat emas spot (XAU/USD) terus bergerak positif selama sepekan tanpa koreksi setelah data-data yang menunjukan soft landing mengenai keputusan suku bunga. Harga emas yang tinggi cepat-cepat membuat banyak orang berfikir untuk menjualnya, eits tahan dulu, yuk simak selengkapnya disini.


LANJUTKAN
Aset SAFE HAVEN, Emas Salah Satunya ?
Wednesday, 16 October 2024
Aset SAFE HAVEN, Emas Salah Satunya ?

Safe haven sendiri adalah aset yang diharapkan nilainya tetap atau meningkat walaupun pasar tidak stabil atau bergejolak. Safe haven dicari oleh para investor untuk menghindari aset mereka mengalami kerugian ketika terjadi penurunan pasar atau krisis keuangan.


LANJUTKAN
LAKUEMAS UPDATE NEWS
Tuesday, 24 September 2024
LAKUEMAS UPDATE NEWS

Kepada Yth Bapak/Ibu LakuFriends terhormat, Dengan ini kami sampaikan kabar terbaru di LAKUEMAS bahwa dalam upaya untuk terus memperkuat kinerja dan pertumbuhan perusahaan, kami informasikan mulai 6 September 2024, Bapak Edy Setiawan (CEO LAKUEMAS) secara resmi mengambil alih langsung peran pengawasan serta pelaksanaan fungsi operasional perusahaan.


LANJUTKAN