24

Oktober
2019

Mengapa Emas disebut Safe Haven?

Mengapa Emas disebut Safe Haven?

Emas dianggap sebagai “safe haven” oleh beberapa orang. Aset ini diharapkan nilainya sejalan dengan inflasi untuk jangka waktu yang lama. Standar perekonomian dunia atau negara mungkin tidak berhubungan dengan nilai emas, tetapi pada akhirnya nilai emas adalah dasar nilai riil.

Sebelum mengetahui kenapa emas dikatakan safe haven, kita harus tau apa itu safe haven? Safe haven adalah aset yang diharapkan nilainya tetap atau meningkat walaupun pasar tidak stabil atau bergejolak. Safe haven dicari oleh para investor untuk menghindari aset mereka dari kerugian ketika terjadi penurunan pasar atau krisis keuangan.

Emas dipercaya sebagai alat penyimpan nilai atau “store of value”. Nilai dari komoditas emas tidak dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga yang ditetapkan pemerintah. Banyak orang yang membeli emas sebagai asuransi terhadap peristiwa ekonomi yang buruk atau merugikan. Sebagai akibatnya, permintaan dan harga emas meningkat ketika adanya ancaman inflasi ataupun perubahan nilai dollar.

Penelitian yang dilakukan oleh Sile Li dan Brian Lucey mengidentifikasi indikator-indikator kondisi pasar yang tidak stabil, yaitu: tekanan dalam pasar keuangan, ketidakjelasan politik, dan sentiment konsumen. Konsumen akan berpikir bahwa emas akan lebih aman dibanding aset berisiko seperti saham dan obligasi. Bisa disimpulkan bahwa harga emas akan cenderung meningkat ketika pasar keuangan mengalami tekanan yang disebabkan oleh kebijakan pemerintah.

Nah, sekarang Teman Lakuemas telah tahu cara untuk investasi emas. Jika ada pertanyaan,

silahkan isi chat box di kanan bawah artikel ini ya!


Lakuemas, Cara Baru Beli Emas.

ARTIKEL LAINNYA

Mengapa Emas disebut Safe Haven?
Kamis, 24 Oktober 2019
Mengapa Emas disebut Safe Haven?

Emas dianggap sebagai safe haven oleh beberapa orang. Aset ini diharapkan nilainya sejalan dengan inflasi untuk jangka waktu yang lama.


LANJUTKAN
Mengapa Wanita Menyukai Emas
Kamis, 05 September 2019
Mengapa Wanita Menyukai Emas

Laki-laki dan wanita memiliki filosofi yang berbeda dalam investasi, begitu juga dalam menentukan keputusan investasi. Ada banyak alasan mengapa wanita cenderung menyukai emas walaupun bukan dalam bentuk perhiasan.


LANJUTKAN
Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Emas!
Senin, 08 April 2019
Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Emas!

Emas semakin diminati setiap harinya. Masyarakat Indonesia umumnya membeli emas dengan tujuan berinvestasi atau hanya sebagai koleksi. Emas menjadi pilihan investasi yang menjanjikan karena harganya yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun.


LANJUTKAN