26

November
2020

Cara Investasi Emas Untuk Pemula Dari Lakuemas

Cara Investasi Emas Untuk Pemula Dari Lakuemas

Apakah Anda siap terjun ke dunia investasi? Anda memiliki serangkaian pilihan yang luar biasa, dengan perusahaan yang go public setiap hari. Namun, saham bisa berubah-ubah dan sulit diprediksi. Emas, di sisi lain, adalah investasi yang akan selalu memiliki nilai fisik.

Pelajari cara investasi emas dan Anda dapat memperoleh tingkat pengembalian yang tinggi, terutama dalam investasi jangka panjang selama beberapa dekade. Tidak hanya itu, mempelajari cara berinvestasi emas saat ini sangat penting, karena komoditas ini dapat membantu menyeimbangkan portofolio Anda secara keseluruhan. Baca panduan lengkap tentang cara investasi emas di bawah ini.

 

Apa artinya berinvestasi emas?

Seperti banyak aset lain yang mungkin Anda pilih untuk investasi, emas adalah komoditas. Namun, orang cenderung lebih mudah percaya pada emas daripada aset lain, karena emas adalah salah satu komoditas tertua di dunia. Anda dapat berinvestasi emas dengan beberapa cara berbeda. Pilihan ada di antara investasi emas fisik dan digital. Pastikan untuk mempelajari perbedaan antara jenis investasi ini (dan potensi risiko serta pengembaliannya) sebelum Anda terjun ke pembelian emas dalam bentuk apapun. Nilai emas bisa berubah dengan cepat dan sering. Pergeseran ini membuat investasi berbasis emas menjadi pilihan yang buruk bagi orang-orang yang mengkhawatirkan kinerja sehari-hari. Jadi, Anda sebaiknya hanya berinvestasi dalam emas jika Anda dapat menangani perjalanan bergelombang, namun menjanjikan potensi hasil yang besar di ujung jalan.

 

Mengapa Anda harus berinvestasi dalam emas?

Emas bisa terasa seperti investasi yang tidak stabil, tetapi jangan biarkan hal itu membuat Anda putus asa. Secara historis, emas secara konsisten naik nilainya — dan ketika investasi lain jatuh, emas dapat memperoleh keuntungan. Investasi emas Anda dapat membawa Anda melewati periode ketika saham tradisional Anda mungkin goyah. Investasi emas memungkinkan Anda memilih cara yang Anda inginkan dan kemudian menyesuaikan tingkat risiko Anda. Jika Anda menyukai aset fisik, Anda dapat membeli emas batangan atau perhiasan emas langsung. Jika Anda lebih suka mendiversifikasi portofolio Anda, carilah dana emas, emas digital atau dapatkan saham perusahaan pertambangan.

 

Bagaimana cara membeli emas?

Apakah Anda siap membeli emas sekarang? Beberapa orang lebih suka berinvestasi besar-besaran dalam emas untuk mendapatkan keuntungan di masa depan, sementara yang lain ingin membeli emas sebagai investasi jangka pendek dan kemudian menjualnya dengan cepat. Memperhatikan pegadaian adalah cara terbaik untuk menemukan emas fisik. Koin emas dan perhiasan emas sering kali muncul di tempat-tempat seperti itu. Namun, jangan lupa untuk menyimpan tabungan emas Anda di tempat yang aman! Anda juga dapat berbelanja emas, secara digital, tanpa harus meninggalkan. (Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Emas Digital dan Tabungan Emas Digital) Jika Anda sudah memiliki portofolio investasi yang lumayan, Anda mungkin sekarang ingin mempertimbangkan untuk melakukan diversifikasi dan menambah investasi emas.

 

1.      Emas batangan

Emas batangan tersedia dalam satuan ons (atau sebagian kecil dari satu ons) atau dalam gram (atau beberapa gram). Belilah emas batangan fisik jika Anda menginginkan emas mentah yang dapat Anda pegang. Membeli emas batangan memberi Anda eksposur langsung ke emas, tetapi Anda harus menyimpannya di tempat yang aman jika terjadi keadaan darurat. Ingatlah bahwa emas batangan adalah investasi jangka panjang. Lalu, bagaimana dan di mana membeli emas batangan? Pilihan terbaik adalah melalui dealer emas terkemuka atau penjual emas yang terhubung dengan percetakan uang pemerintah untuk memastikan bahwa Anda menerima emas batangan asli. Dengan menggunakan dealer terkemuka, Anda mungkin tidak memerlukan pihak ketiga untuk menilai emas. Namun, jika Anda membeli emas dari sumber yang tidak diketahui, periksa tanda stempel 99.99% yang menunjukkan kemurniannya dan dapatkan penilaian, untuk memastikannya dan Anda tidak berakhir dengan emas batangan palsu. Anda bisa membeli emas batangan secara langsung atau online. Pastikan Anda juga hanya membeli emas murni (setidaknya 99.5% emas murni) batangan. Anda juga perlu memastikan bahwa itu dicetak oleh penambang emas populer seperti Antam.

 

2.      Emas Digital

Membeli emas fisik tentu memiliki kelemahan. Ada masalah dalam mengidentifikasi keabsahan dan kemurniannya, lalu ada masalah penyimpanan. Satu masalah lagi adalah kita berada di tengah-tengah pandemi. Tidaklah ideal untuk pergi ke pedagang emas atau toko perhiasan. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih berinvestasi pada emas digital. Emas digital, di sisi lain, dapat dibeli secara online dan disimpan pada tabungan digital yang diasuransikan oleh penjual atas nama pelanggan. Ini juga membantu Anda mengatasi semua masalah pembelian emas fisik yang disebutkan di atas. Yang Anda butuhkan hanyalah internet/mobile banking dan Anda dapat berinvestasi emas secara digital kapan pun, di mana pun.

 

Apakah berinvestasi dalam emas itu ide yang bagus?  

Investasi emas dianggap sebagai langkah cerdas oleh banyak analis keuangan dan dapat memberi Anda jaring pengaman jika terjadi peristiwa global yang signifikan. Emas dapat menahan nilainya dan bahkan meningkat nilainya selama penurunan di pasar saham secara keseluruhan. Membeli emas sebagai bagian dari portofolio yang beragam dapat membantu melindungi Anda dari ketidakstabilan ekonomi. Adapun Anda lebih baik membeli emas sebagai investasi jangka panjang karena dapat diandalkan untuk menahan dan meningkatkan nilainya dari waktu ke waktu. Sebaliknya, investasi emas untuk jangka pendek lebih tidak stabil — Anda dapat menemukan keuntungan Anda berfluktuasi liar. Secara keseluruhan, berinvestasi emas adalah rencana yang solid dan dapat memperkuat posisi keuangan Anda untuk jangka panjang.

 

·       Artikel Lainnya : Lakuemas, Platform Jual Beli Emas Antam Online Terpercaya

 

Dari mana asal permintaan emas?

Emas adalah investasi yang aman, yang berarti emas harus menahan nilainya jika mata uang kertas menjadi tidak berharga. Sekitar 40% dari permintaan emas berbasis investasi dan termasuk koin emas, emas batangan, dan medali emas. Lima puluh persen permintaan emas murni lainnya berasal dari industri perhiasan, yang mempertahankan permintaan akan logam dan batu mulia lainnya. Sisa 10% permintaan emas berasal dari berbagai industri. Perawatan gigi dapat membutuhkan emas, meskipun permintaan ini perlahan-lahan memudar dengan diperkenalkannya komposit berwarna gigi. Emas adalah konduktor listrik yang baik, sehingga beberapa elektronik juga menggunakan emas dalam proses pembuatannya.

 

Bagaimana harga emas ditentukan?

Emas, seperti komoditas lainnya, dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan. Ketika lebih banyak orang membeli emas, harganya naik, dan ketika investor menjual emas, harganya turun. Sebagian besar komoditas naik dan turun secara bergelombang karena lebih banyak produk yang memasuki pasar, tetapi emas bisa turun dan naik ke arah yang berlawanan. Alasan mengapa emas berperilaku berbeda dari komoditas lain adalah karena logam mulia menginspirasi kepercayaan. Ketika komoditas lain mulai gagal, orang-orang akan segera membeli emas karena mereka yakin nilainya akan tetap tinggi. Permintaan ini mendorong harga lebih tinggi, secara otomatis menciptakan efek yang diinginkan dan memperkuat kepercayaan pada emas.

 

Seberapa baik emas menahan nilainya selama penurunan?

Dalam resesi, komoditas bisa turun tajam, menyebabkan pasar saham ambruk dan menimbulkan kepanikan di kalangan investor. Orang-orang beralih ke emas sebagai investasi yang aman karena emas secara historis mempertahankan nilainya ketika segala sesuatu mulai turun. "Demam emas" ini meningkatkan harga emas dan memperkuatnya, mendorong lebih banyak orang untuk berinvestasi dalam emas fisik atau saham emas.

 

Itulah panduan lengkap tentang cara investasi emas untuk pemula. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi pada emas digital, maka Anda dapat mencoba untuk berinvestasi pada Lakuemas.


Lakuemas

Lakuemas adalah platform yang memberikan layanan beli jual emas pertama di Indonesia yang dapat diakses melalui website, dan aplikasi mobile serta didukung toko-toko offline di berbagai mal besar Indonesia, dimana nasabah dapat melakukan pembelian, penyimpanan, penjualan, dan penarikan emas tanpa adanya biaya penyimpanan dan mendapatkan keuntungan tambahan. Tidak hanya itu, Lakuemas juga merupakan platform jual beli emas secara online yang menyediakan jasa penyetakan sertifikat tanpa biaya sertifikat cetak dengan pecahan emas terkecil mulai dari 1 gram. Untuk memulai bertransaksi emas di Lakuemas, Anda bisa melakukannya dengan membuka akun di member.lakuemas.com atau langsung dari website Lakuemas di www.lakuemas.com dan klik login untuk pembuatan akun baru, atau Anda bisa mengunduh apps Lakuemas di Google Play Store atau App Store, lalu daftar dan verifikasikan diri Anda.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Lakuemas atau toko offline dan ATM Lakuemas, bisa Anda peroleh melalui website official Lakuemas di https://www.lakuemas.com.

ARTIKEL LAINNYA

Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?
Jumat, 16 April 2021
Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?

Kita tentu pernah mendengar tentang makanan berlapis emas seperti untuk pizza, es krim bahkan nasi goreng. Mengingat emas merupakan jenis logam mulia yang berharga tinggi, makanan yang dilapisi emas ini dianggap sebagai makanan mewah. Namun sebuah pertanyaan muncul mengenai aman atau tidaknya jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah dilapisi emas tersebut.


LANJUTKAN
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif
Rabu, 07 April 2021
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif

Pergerakan harga emas dianggap dinamis, karena secara umum harga emas cenderung selalu naik setiap tahunnya. Pada tahun 2015, harga emas di Indonesia hanya berkisar Rp 490.000 sampai Rp 530.000 per gram nya. Sekarang ini harga emas berada di kisaran Rp 850.000. Artinya harga emas sudah mengalami kenaikan hampir dua kali lipat!


LANJUTKAN
Perbedaan Menabung Emas dan Saham
Rabu, 31 Maret 2021
Perbedaan Menabung Emas dan Saham

Semakin banyak anak muda yang mulai berani untuk mencoba investasi dan mengenal pentingnya menabung demi masa depan yang lebih baik. Menabung dengan menyimpan uang di bank adalah suatu yang baik namun juga dinilai sudah mulai kuno dan kurang menguntungkan. Hal ini tentunya karena fakta bahwa nilai uang semakin lama semakin terus berubah.


LANJUTKAN