23

April
2020

Mengenal Lebih Dalam Tentang Emas Digital dan Tabungan Emas Digital

Mengenal Lebih Dalam Tentang Emas Digital dan Tabungan Emas Digital

Mengenal Lebih Dalam Tentang Emas Digital dan Tabungan Emas Digital

Emas adalah logam mulia yang telah diinginkan oleh manusia sejak zaman peradaban paling awal. Cukup logis, bahwa orang-orang mulai berinvestasi dalam emas sejak lama dan sekarang ini emas bukan hanya sebagai salah satu pelopor investasi, tetapi juga salah satu peluang investasi paling populer secara global. Terlepas dari badan dan pemerintah, individu juga dapat dengan mudah membeli emas dan menjadikannya sebagai investasi. Dan untuk berinvestasi dalam emas, ada beberapa rute yang dapat Anda ambil - Anda dapat berinvestasi melalui dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF), reksa dana emas, emas fisik seperti koin dan batangan, dan yang terbaru adalah emas digital. Untuk memahami lebih dalam mengenai emas digital beserta dengan tabungan emas digital ini, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Emas Sebagai Investasi

Emas merupakan instrumen investasi yang menguntungkan dan mudah untuk diperoleh. Namun yang menjadi kendala dari menjadikan emas sebagai investasi adalah modal yang bisa dikatakan tidak sedikit. Pada zaman dulu, untuk membeli emas, Anda harus memiliki anggaran yang besar. Hal ini dikarenakan emas yang dijual di toko-toko emas memiliki harga yang selalu mengalami fluktuasi setiap waktu. Oleh karena itu, tidak semua orang dapat berinvestasi emas. Di samping itu, perubahan pada harga emas ini pun membuat banyak orang, khususnya para generasi millenial merasa bingung untuk memutuskan waktu yang ideal untuk membeli emas, yang akhirnya membuat mereka ragu untuk berinvestasi pada emas.

Emas Digital

Sesuai dengan namanya, emas digital adalah emas dalam bentuk digital, tanpa memiliki fisik. Emas digital ini hadir karena munculnya berbagai platform yang menawarkan layanan investasi emas secara digital. Dengan platform ini, Anda bisa melakukan jual beli emas secara online. Cara ini diklaim lebih mudah, karena proses transaksi bisa dilakukan hanya dengan modal internet tanpa harus keluar rumah. Melalui platform ini, Anda tidak hanya bisa melakukan penjualan dan pembelian emas, tetapi juga menitipkan emas dengan tabungan emas digital.

Tujuan Emas Digital

Tidak seperti membeli emas batangan, tujuan utama emas digital adalah untuk investasi. Hal ini dikarenakan dengan emas digital, Anda dapat membeli dan menjual emas digital yang sudah terakumulasi secara online.

Tabungan Emas Digital

Tabungan Emas Digital adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan semua orang untuk berinvestasi emas. Tabungan Emas Digital ini memungkinkan Anda sebagai nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, dan aman. Tidak hanya itu, melalui tabungan emas digital ini, Anda juga bisa membeli emas dalam harga terjangkau dengan cara mencicil. Selain itu, tabungan emas digital ini juga menyediakan fasilitas menjual emas yang secara online. Bahkan Anda pun dapat mencairkan dana tabungan emas Anda, baik dari dana tabungan atau hasil penjualan emas Anda.

Keuntungan Berinvestasi Emas Digital dan Memiliki Tabungan Emas Digital

Anda akan merasakan berbagai keuntungan dari berinvestasi pada emas digital dan memiliki tabungan emas digital, seperti
  • Rasa stabilitas dan keamanan yang sama, seperti emas batangan dan sertifikat emas. Hal ini dikarenakan emas digital sama-sama didukung oleh emas batangan. Oleh karena stabilitas dan keamanannya yang terjamin, emas digital mampu memberikan perlindungan terhadap inflasi dan memberikan kenyamanan untuk berinvestasi.
  • Pengguna diberikan dan menyimpan informasi digital pada unit emas mereka yang berisikan bukti kepemilikan unit emas. Catatan kepemilikan ini tersimpan secara online dalam akun tabungan emas digital, yang dapat digunakan pengguna untuk berbagai keperluan, termasuk mendapatkan pinjaman.
  • Emas digital dapat ditukarkan dalam bentuk emas fisik. Oleh karena itu, pemilik dapat menukarkan unit emas asli kapanpun diperlukan.
  • Tidak hanya ditukarkan, emas digital juga mudah untuk dicairkan.
  • Mudah dijual kembali. Anda dapat menjual emas digital Anda melalui akun tabungan emas digital Anda secara online maupun secara offline melalui tempat penjualannya yang banyak tersebar di berbagai wilayah.

Emas Digital Vs Emas Batangan

Meskipun sebagian besar orang lebih suka menyimpan emas dalam bentuk fisik karena alasan privasi dan sentimental, namun ada beberapa tantangan serius dalam menyimpan emas dalam bentuk fisik. Berikut ini beberapa di antaranya.
  • Sebagian besar lebih suka menyimpan emas batangan di rumah, loker, dan bank. Namun, itu membawa risiko besar dalam kemungkinan terjadinya tindak kejahatan, seperti pencurian dan lainnya.
  • Risiko kedua dalam emas adalah kerugian dalam pembuatan. Ketika Anda memegang emas dalam bentuk perhiasan, setiap kali Anda mengubah emas menjadi batangan atau menjadi perhiasan lainnya, ada kerugian yang Anda alami, baik dalam hal kehilangan emas dan biaya moneter dalam hal membuat perubahan. Ini menambah biaya penyimpanan emas Anda.

Oleh karena itulah, berinvestasi pada emas digital bisa menjadi solusi atau alternatif yang tepat untuk Anda. Emas digital sendiri kini telah banyak diminati dan menjadi popular. Dengan berinvestasi dalam emas digital pada dasarnya Anda membeli emas dalam bentuk yang tidak berwujud atau dalam dompet elektronik seluler dengan tabungan emas digital. Adapun berinvestasi dalam emas digital hadir dengan berbagai keuntungan, seperti penghematan biaya penyimpanan dan pembuatan, jaminan kualitas, penebusan/likuidasi sesuai kenyamanan, investasi fleksibel baik dalam nilai atau kuantitas minimum yang diinginkan, dan lain-lain.

Itulah sedikit penjelasan mengenai emas digital beserta dengan tabungan emas digital. Tentu saja, emas fisik akan terus diminati karena alasan yang jelas. Namun, bagi investor yang cerdas, emas digital muncul sebagai alternatif yang layak. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi pada emas digital dan memiliki tabungan emas digital, maka Anda dapat mencoba untuk berinvestasi pada Lakuemas. Lakuemas adalah platform yang memberikan layanan beli jual emas pertama di Indonesia yang dapat diakses melalui website, dan aplikasi mobile serta didukung toko-toko offline di berbagai mal besar Indonesia, dimana nasabah dapat melakukan pembelian, penyimpanan, penjualan, dan penarikan emas tanpa adanya biaya penyimpanan dan mendapatkan keuntungan tambahan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Lakuemas atau toko offline dan ATM Lakuemas, bisa Anda peroleh melalui website official Lakuemas di https://www.lakuemas.com.

ARTIKEL LAINNYA

Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?
Jumat, 16 April 2021
Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?

Kita tentu pernah mendengar tentang makanan berlapis emas seperti untuk pizza, es krim bahkan nasi goreng. Mengingat emas merupakan jenis logam mulia yang berharga tinggi, makanan yang dilapisi emas ini dianggap sebagai makanan mewah. Namun sebuah pertanyaan muncul mengenai aman atau tidaknya jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah dilapisi emas tersebut.


LANJUTKAN
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif
Rabu, 07 April 2021
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif

Pergerakan harga emas dianggap dinamis, karena secara umum harga emas cenderung selalu naik setiap tahunnya. Pada tahun 2015, harga emas di Indonesia hanya berkisar Rp 490.000 sampai Rp 530.000 per gram nya. Sekarang ini harga emas berada di kisaran Rp 850.000. Artinya harga emas sudah mengalami kenaikan hampir dua kali lipat!


LANJUTKAN
Perbedaan Menabung Emas dan Saham
Rabu, 31 Maret 2021
Perbedaan Menabung Emas dan Saham

Semakin banyak anak muda yang mulai berani untuk mencoba investasi dan mengenal pentingnya menabung demi masa depan yang lebih baik. Menabung dengan menyimpan uang di bank adalah suatu yang baik namun juga dinilai sudah mulai kuno dan kurang menguntungkan. Hal ini tentunya karena fakta bahwa nilai uang semakin lama semakin terus berubah.


LANJUTKAN