18

July
2022

WASPADA, Social Engineering Kembali Lagi!!

WASPADA, Social Engineering Kembali Lagi!!


Melihat maraknya pemberitaan di Televisi dan Media Social, terkait kasus viral video salah satu Nasabah Bank BUMN yang menjadi korban penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (Fraudster). Ini mengingatkan Kita kembali untuk selalu wasapada dan hati-hati dalam memberikan informasi pribadi. Nah kali ini sebelum Kita masuk dalam pembahasan, bagaimana terhindar dari SocEng , Kita kenalan dulu yuk apa itu SocEng dan bagaimana modus penipuan ini dilakukan.

 

Apa itu SocEng?

SocEng (Social Engineering) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia itu mempunyai arti Rekayasa Sosial, cara kerjanya dengan memanipulasi korbannya untuk mendapatkan informasi rahasia atau data pribadi melalui media Internet atau Telepon.

 

Bagaimana SocEng ini dilakukan?

Ada beberapa cara yang digunakan oleh Fraudster untuk memanipulasi psikologis korbannya dengan berbagai media dengan satu tujuan yaitu untuk memperngaruhi pikiran korbannya, yaitu :

1.     Menggunakan suara, saat menipu korbannya Fraudster bisa berbicara untuk meyakinkan korban.

2.     Menggunakan gambar/video, memasang gambar/video yang vulgar atau menarik agar diklik.

3.     Menggunakan tulisan, Fraudster membuat sebuah artikel bagaimana melakukan cheating untuk permainan Mobile Legend, akan tetapi pada akhirnya korban dituntun untuk menginstall tool hacking yang aslinya itu adalah malware.

 

Bagaimana Terhindar dari SocEng?

1. Stop Sharing

Modus penipuan sering kali terjadi saat data pribadi telah diberikan ke penipu tanpa disadari. Ada jenis data yang sama sekali tidak boleh di share (PIN,OTP dan CVV) , dan jangan share data pribadi Kita (Tanggal Lahir, Nomor Rekening, Nomor Telepon, Nama Ibu Kandung, Nomor Kartu Kredit dan ATM) di Sosial Media. Jangan lupa buat Teman Lakuemas untuk follow Sosial Media Lakuemas karena ada event-event menarik dari kami.

Facebook : https://www.facebook.com/lakuemas/

Instagram : https://www.instagram.com/lakuemas/

2. Jangan klik Link yang tidak jelas

Ketika menerima Link dari seseorang yang tidak dikenal jangan langsung membuka link tersebut, tapi harus waspada dan perhatikan kesalahan pada ejaan. Jika link ditandai sebagai link yang mencurigakan , Teman Lakuemas tidak perlu mengklik link tersebut. Contoh link yang tidak jelas https://www.?laku_emas.com/promo-event tentu link tersebut sangat aneh, harusnya link yang benar adalah https://www.lakuemas.com/promo-event, dimana Teman Lakuemas bisa menemukan promo dan event menarik yang disediakan oleh Lakuemas.

3. Jangan mudah percaya pada oknum yang mengaku dari Bank/Instansi tertentu

Apakah Teman Lakuemas pernah dihubungi nomor yang tidak dikenal yang mengaku dari Perusahaan atau Bank dengan alasan ingin menawarkan kartu kredit, pinjaman online sampai mendapatkan hadiah undian puluhan juta rupiah? Waspada karena itu adalah salah satu modus penipuan, coba Teman Lakuemas instal aplikasi pendeteksi nomor palsu atau spam. Kami ingatkan kembali jika ada yang menghubungi Teman Lakuemas mengatasnamakan Lakuemas dengan iming-iming hadiah, kami sarankan untung menghubungi Kami di nomor telepon 021-21243873 atau bisa masuk ke aplikasi Kami pilih menu Bantuan dan bisa langsung Chat Kami untuk memastikan kembali.

4. Jangan install aplikasi yang tidak resmi

Malware, virus yang sangat berbahaya yang tertanam pada aplikasi biasanya sering ditemukan diaplikasi yang tidak resmi dengan tujuan untuk mencuri data-data sensitif. Salah satu cara mencegahnya dengan memasang antivirus. Teman Lakuemas pastikan install aplikasi kita di Apps Store, kemudian daftar dan nikmati bertransaksi emas dengan mudah.

 LAKUEMAS, CARA BARU BELI EMAS!

ARTIKEL LAINNYA

Kalung Berlian Berkualitas Mewah dan Terbaru dari Frank & co.
Tuesday, 09 August 2022
Kalung Berlian Berkualitas Mewah dan Terbaru dari Frank & co.

Agar kalung berlian yang Anda kenakan menjadi lebih menarik perhatian, Anda perlu tahu cara memadupadankan kalung berlian wanita dengan gaya berpakaian. Tidak hanya itu, ternyata pemilihan liontin berlian berkualitas atau pendant juga menjadi yang utama agar kalung berlian terlihat elegan dan mewah.


LANJUTKAN
5 Rekomendasi Cincin Berlian Cocok Untuk Acara Formal
Monday, 08 August 2022
5 Rekomendasi Cincin Berlian Cocok Untuk Acara Formal

Frank & co. mengeluarkan beberapa perhiasan baru yang merupakan pengembangan dari koleksi Flutter yang pernah dirilis sebelumnya. Koleksi Flutter ini menghadirkan cincin berlian terbaru yang cocok dipakai di acara formal. Cincin berlian wanita ini hadir dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi !


LANJUTKAN
The Palace Jeweler Luncurkan Seri Kasmaran, Terinspirasi Kisah Cinta
Friday, 05 August 2022
The Palace Jeweler Luncurkan Seri Kasmaran, Terinspirasi Kisah Cinta

Keindahan kisah cinta sepasang kekasih menjadi tema yang diusung label penyedia perhiasan lokal, The Palace Jeweler (PT Central Mega Kencana) untuk mengumumkan seri perhiasan terbaru. Diberi tajuk "Kasmaran", seri perhiasan ini merupakan kolaborasi lanjutan antara The Palace Jeweler dengan perancang busana ternama Tanah Air, Anne Avantie.


LANJUTKAN