18

Juli
2022

WASPADA, Social Engineering Kembali Lagi!!

WASPADA, Social Engineering Kembali Lagi!!


Melihat maraknya pemberitaan di Televisi dan Media Social, terkait kasus viral video salah satu Nasabah Bank BUMN yang menjadi korban penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (Fraudster). Ini mengingatkan Kita kembali untuk selalu wasapada dan hati-hati dalam memberikan informasi pribadi. Nah kali ini sebelum Kita masuk dalam pembahasan, bagaimana terhindar dari SocEng , Kita kenalan dulu yuk apa itu SocEng dan bagaimana modus penipuan ini dilakukan.

 

Apa itu SocEng?

SocEng (Social Engineering) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia itu mempunyai arti Rekayasa Sosial, cara kerjanya dengan memanipulasi korbannya untuk mendapatkan informasi rahasia atau data pribadi melalui media Internet atau Telepon.

 

Bagaimana SocEng ini dilakukan?

Ada beberapa cara yang digunakan oleh Fraudster untuk memanipulasi psikologis korbannya dengan berbagai media dengan satu tujuan yaitu untuk memperngaruhi pikiran korbannya, yaitu :

1.     Menggunakan suara, saat menipu korbannya Fraudster bisa berbicara untuk meyakinkan korban.

2.     Menggunakan gambar/video, memasang gambar/video yang vulgar atau menarik agar diklik.

3.     Menggunakan tulisan, Fraudster membuat sebuah artikel bagaimana melakukan cheating untuk permainan Mobile Legend, akan tetapi pada akhirnya korban dituntun untuk menginstall tool hacking yang aslinya itu adalah malware.

 

Bagaimana Terhindar dari SocEng?

1. Stop Sharing

Modus penipuan sering kali terjadi saat data pribadi telah diberikan ke penipu tanpa disadari. Ada jenis data yang sama sekali tidak boleh di share (PIN,OTP dan CVV) , dan jangan share data pribadi Kita (Tanggal Lahir, Nomor Rekening, Nomor Telepon, Nama Ibu Kandung, Nomor Kartu Kredit dan ATM) di Sosial Media. Jangan lupa buat Teman Lakuemas untuk follow Sosial Media Lakuemas karena ada event-event menarik dari kami.

Facebook : https://www.facebook.com/lakuemas/

Instagram : https://www.instagram.com/lakuemas/

2. Jangan klik Link yang tidak jelas

Ketika menerima Link dari seseorang yang tidak dikenal jangan langsung membuka link tersebut, tapi harus waspada dan perhatikan kesalahan pada ejaan. Jika link ditandai sebagai link yang mencurigakan , Teman Lakuemas tidak perlu mengklik link tersebut. Contoh link yang tidak jelas https://www.?laku_emas.com/promo-event tentu link tersebut sangat aneh, harusnya link yang benar adalah https://www.lakuemas.com/promo-event, dimana Teman Lakuemas bisa menemukan promo dan event menarik yang disediakan oleh Lakuemas.

3. Jangan mudah percaya pada oknum yang mengaku dari Bank/Instansi tertentu

Apakah Teman Lakuemas pernah dihubungi nomor yang tidak dikenal yang mengaku dari Perusahaan atau Bank dengan alasan ingin menawarkan kartu kredit, pinjaman online sampai mendapatkan hadiah undian puluhan juta rupiah? Waspada karena itu adalah salah satu modus penipuan, coba Teman Lakuemas instal aplikasi pendeteksi nomor palsu atau spam. Kami ingatkan kembali jika ada yang menghubungi Teman Lakuemas mengatasnamakan Lakuemas dengan iming-iming hadiah, kami sarankan untung menghubungi Kami di nomor telepon 021-21243873 atau bisa masuk ke aplikasi Kami pilih menu Bantuan dan bisa langsung Chat Kami untuk memastikan kembali.

4. Jangan install aplikasi yang tidak resmi

Malware, virus yang sangat berbahaya yang tertanam pada aplikasi biasanya sering ditemukan diaplikasi yang tidak resmi dengan tujuan untuk mencuri data-data sensitif. Salah satu cara mencegahnya dengan memasang antivirus. Teman Lakuemas pastikan install aplikasi kita di Apps Store, kemudian daftar dan nikmati bertransaksi emas dengan mudah.

 LAKUEMAS, CARA BARU BELI EMAS!

ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Rabu, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN