23

March
2022

Simak 3 Potensi Tersembunyi Dari Emas, Ternyata Cukup Menguntungkan !

Simak 3 Potensi Tersembunyi Dari Emas, Ternyata Cukup Menguntungkan !

Pernahkah kamu dengar kutipan, “The desire of gold is not for gold. It is for means of freedom and benefit" dari Ralph Waldo Emerson? Ya, semua orang mengetahui apa itu emas, namun tidak semua orang memahami secara utuh potensinya. Padahal investasi emas ditujukan agar kamu merasakan manfaat jangka panjang dan bebas finansial (financial freedom). Dalam pandangan umum, emas dianggap sebagai barang konsumsi, perhiasan, dan instrumen investasi karena jumlahnya yang terbatas. Namun apakah potensi maksimal emas hanya diperoleh dengan membeli lalu menunggu kenaikan harga? Tentu kembali kepada cara pandang kita soal emas.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu potensi dari emas sebelum berinvestasi. Asal tahu saja, emas memiliki banyak potensi tersembunyi (hidden potential) yang bisa dimanfaatkan. Berikut 3 potensi tersembunyi emas seperti dilansir dari LakuEmas:

1.Emas sebagai instrumen investasi Performa emas sebagai instrumen investasi merupakan salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan. Pasalnya bila berbicara tingkat pertumbuhan tahunan majemuk dalam 5 tahun terakhir (2016-2021), Emas mampu memberikan bunga 12-13 persen per tahun konsisten selama 5 tahun. Sementara Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memberikan bunga 3,39 persen. Ini dilihat dari data harga yang diambil di setiap tanggal 1 Januari setiap tahunnya.

2. Emas sebagai diversifikasi portofolio investasi

Performa emas sebagai diversifikasi portofolio menjadikan emas sebagai penyeimbang profil resiko dari portofolio yang kamu miliki. Artinya ketika portofolio di pasar negatif, emas menjadi penyeimbang karena harganya akan positif saat pasar bergejolak. Namun Ketika pasar positif, emas cenderung kompetitif dan tidak mengalami pertumbuhan negatif. Tak heran, emas menjadi pilihan untuk mendiversifikasi aset. Biasanya, porsi emas di dalam alokasi portofolio berada di angka 9 – 15 persen. Tentu saja, keputusan pengambilan persentase alokasi didasari terhadap profil resiko investor. Semakin berisiko portofolio yang dimiliki, maka porsi emas yang wajib dimiliki juga semakin besar.

3. Emas sebagai penjaga nilai yang likuid Emas juga dapat dijadikan sebagai penyimpan dan penjaga nilai dari aset. Menyimpan emas jauh lebih disarankan ketimbang menyimpan emas dalam bentuk mata uang di rekening kita masing-masing. Pasalnya nilai uang semakin tergerus akibat adanya inflasi. Dengan tingkat pertumbuhan nilai tahunan di angka 12-13 persen selama 5 tahun ke belakang, tentu nilai aset akan tetap terjaga dan tumbuh bila dibandingkan dengan menyimpan dalam bentuk mata uang (rupiah). Instrumen emas juga cukup likuid karena bisa dijual sewaktu-waktu. Hal ini berbeda dengan barang-barang elektronik yang harganya pun cenderung turun.

Apakah instrumen emas cukup likuid bila dibutuhkan sewaktu-waktu? Hal ini merupakan salah satu pain point yang kita miliki bila memilih emas sebagai substitusi mata uang. Berbagai platform jual beli emas saat ini, salah satunya, Lakuemas, dimungkinkan untuk membeli dan menjual emas secara cepat dan aman. Hal ini membuat kita dapat mengalokasikan lebih dan membuat emas sebagai penjaga nilai aset kita. 





.sumber : Kompas.com

ARTIKEL LAINNYA

Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia
Monday, 23 May 2022
Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia

Emas menjadi logam mulia yang banyak diminati bahkan di zaman sekarang sudah dikenal disegala usia. Baik untuk mata uang hingga perhiasan, emas sudah menjadi simbol kekayaan. Simak sejarah lengkapnya di sini !


LANJUTKAN
5 Daerah Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia
Friday, 20 May 2022
5 Daerah Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia

Diketahui bahwa total produksi emas Indonesia pada 2022 ini sebanyak 100,9 ton dimana produksi emas tersebut mayoritas dari tambang Grasberg di Mimika, Papua. Dalam artikel ini kita akan mengetahui kota mana saja yang menjadi penghasil emas terbesar di Indonesia. Yuk kita simak !


LANJUTKAN
5 Tips Awal Investasi Emas
Thursday, 12 May 2022
5 Tips Awal Investasi Emas

Emas tidak hanya dikenal sebagai perhiasan saja, melainkan juga ada jenis emas fisik batangan dan emas digital. Emas merupakan barang yang harganya cenderung selalu naik loh, karena peningkatannya yang signifikan, emas menjadi diburu sebagai teman investasi yang tepat. Maka itu untuk Teman-teman sekalian yang ingin mengetahui cara investasi emas, bisa baca terus artikel ini sampai selesai...


LANJUTKAN