21

Oktober
2021

Satuan Karat Dalam Emas,  Apa Arti Sesungguhnya ?

Satuan Karat Dalam Emas, Apa Arti Sesungguhnya ?

Emas yang juga dikenal sebagai "logam mulia" ini merupakan sebuah jenis logam yang menurut ilmu kimia tahan terhadap korosi dan oksidasi. Bahasa mudahnya, emas tidak akan berkarat. Tidak seperti besi, yang tentu sangat mudah berkarat di kala bertemu air dan udara. Nah buat anda yang pernah bertransaksi emas, mungkin tidak asing lagi menderngar istilah karat. Lantas apa maksudnya ya ? Apakah emas juga berkarat seperti besi ? Jawabannya tentu tidak, bukan “karatan” seperti itu yang dimaksud.

Dalam dunia investasi maupun perhiasan, dikenal istilah karat yang selain memiliki ukuran berat seperti gram maupun troy ounce, karat adalah jumlah persentase atau kadar emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Sebagai informasi, emas adalah logam yang unik. Salah satu sifat asli logam ini adalah lunak, mudah bengkok, dan mudah dipatahkan. Alhasil, pengrajin emas kesulitan untuk membentuk emas murni yang kuat dan memiliki durabilitias tinggi. Karena itu, emas murni harus dicampur dengan logam lain, seperti perak, tembaga, dan lain sebagainya.

 

Tujuannya tentu untuk membuat produk emas yang agak lebih kuat dan tahan lama. Supaya jika dibikin cincin, tidak mudah patah. Jika dibikin kalung, tidak mudah putus. Standar karat digunakan untuk menjadi indikator kemurnian emas yang terkandung dalam suatu produk emas. Setiap karat menunjukkan 1/24 dari keseluruhan. Jadi jika sepotong perhiasan terbuat dari logam yang terdiri dari 18 bagian emas dan 6 bagian tembaga, itu adalah emas 18 karat.

 Semakin tinggi kadar kemurnian emas maka semakin lunak, tentu bukan lunak dalam pengertian empuk atau lembek. Lunak yang dimaksud adalah tak kuat menahan adanya tambahan detail yang diberikan. Logam kuning dan ini juga mudah berubah bentuk jika terkena panas.


Berikut ini ada acuan khusus untuk kadar kemurnian emas yaitu sesuai standar SNI 13-3487-2005 yang menetapkan standar karat:

- 24 Karat artinya memiliki kandungan emas murni sekitar 99,00 persen s.d. 99,99 persen

- 23 Karat artinya kandungan emas murni 94,80 persen s.d. 98,89 persen

- 22 Karat artinya kandungan emas murni 90,60 persen s.d. 94,79 persen

- 21 Karat artinya kandungan emas murni 86,50 persen s.d. 90,59 persen

- 20 Karat artinya kandungan emas murni 82,30 persen s.d. 86,49 persen

- 19 Karat artinya kandungan emas murni 78,20 persen s.d. 82,29 persen

- 18 Karat artinya kandungan emas murni 75,40 persen s.d. 78,19 persen

- 14 Karat artinya kandungan emas murni 58,3 persen s.d. 41,7 persen

- 10 Karat artinya kandungan emas murni 41,7 persen s.d. 58,3 persen

Sebagai contoh, jika ada emas kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 x 100 persen atau sekitar 95,8 persen. Jadi, bila emas kadar 23 karat dengan berat 10 gram maka kandungan emas murninya = 23/24 x 10 = 9,58 Gram.

Secara umum, produk emas yang memiliki karat di bawah 23 adalah perhiasan, yang memang sudah tentu harus dicampur dengan logam lain agar tidak mudah rusak. Sementara emas yang 24 karat sangat jarang atau bahkan tidak pernah dibuat menjadi perhiasan. Lalu, adakah produk emas 24 karat? Jawabannya ada !

Emas dengan 24 karat biasanya merupakan produk emas batangan yang memang hanya cukup disimpan sebagai simpanan kekayaan atau investasi, dan bukan untuk "dipakai". Dengan membeli emas dan menyimpannya selama jangka waktu tertentu, kita bisa menjualnya kembali di waktu yang akan datang ketika sedang membutuhkan, dengan harapan harganya sedang naik dan kita bisa mendapatkan keuntungan.

 

Sudah temukan tempat terbaik untuk membeli emas dan menyimpannya untuk kebutuhan masa depan dan jangka panjang anda ? Yuk ketemu dengan Lakuemas ! Lakuemas merupakan bagian dari CMK grup yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bersama dengan partner lainnya di CMK grup seperti Frank & Co, Mondial, Miss Mondial dan The Palace, Lakuemas hadir untuk memberi kenyamanan nabung emas di era digital sekarang ini ! banyak variasi logam mulja yang bisa anda pilih dan transaksinya bisa dilakukan dimana pun, aplikasi mobile yang tidak boleh dilewatkan ?

ARTIKEL LAINNYA

Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN
CETAK REKOR BARU !
Kamis, 14 Maret 2024
CETAK REKOR BARU !

Powell mengatakan The Fed "tidak jauh" dari mendapatkan keyakinan yang cukup bahwa inflasi sedang menuju target 2% yang ditetapkan The Fed untuk dapat memulai penurunan suku bunga. Para pedagang sekarang memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 74% nantinya pada bulan Juni, dibandingkan sekitar 63% pada tanggal 29 Februari, menurut Fedwatch Tool CME. Namun taruhan penurunan suku bunga mendorong harga emas, simak berita selengkapnya !


LANJUTKAN