21

Oktober
2021

Satuan Karat Dalam Emas,  Apa Arti Sesungguhnya ?

Satuan Karat Dalam Emas, Apa Arti Sesungguhnya ?

Emas yang juga dikenal sebagai "logam mulia" ini merupakan sebuah jenis logam yang menurut ilmu kimia tahan terhadap korosi dan oksidasi. Bahasa mudahnya, emas tidak akan berkarat. Tidak seperti besi, yang tentu sangat mudah berkarat di kala bertemu air dan udara. Nah buat anda yang pernah bertransaksi emas, mungkin tidak asing lagi menderngar istilah karat. Lantas apa maksudnya ya ? Apakah emas juga berkarat seperti besi ? Jawabannya tentu tidak, bukan “karatan” seperti itu yang dimaksud.

Dalam dunia investasi maupun perhiasan, dikenal istilah karat yang selain memiliki ukuran berat seperti gram maupun troy ounce, karat adalah jumlah persentase atau kadar emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Sebagai informasi, emas adalah logam yang unik. Salah satu sifat asli logam ini adalah lunak, mudah bengkok, dan mudah dipatahkan. Alhasil, pengrajin emas kesulitan untuk membentuk emas murni yang kuat dan memiliki durabilitias tinggi. Karena itu, emas murni harus dicampur dengan logam lain, seperti perak, tembaga, dan lain sebagainya.

 

Tujuannya tentu untuk membuat produk emas yang agak lebih kuat dan tahan lama. Supaya jika dibikin cincin, tidak mudah patah. Jika dibikin kalung, tidak mudah putus. Standar karat digunakan untuk menjadi indikator kemurnian emas yang terkandung dalam suatu produk emas. Setiap karat menunjukkan 1/24 dari keseluruhan. Jadi jika sepotong perhiasan terbuat dari logam yang terdiri dari 18 bagian emas dan 6 bagian tembaga, itu adalah emas 18 karat.

 Semakin tinggi kadar kemurnian emas maka semakin lunak, tentu bukan lunak dalam pengertian empuk atau lembek. Lunak yang dimaksud adalah tak kuat menahan adanya tambahan detail yang diberikan. Logam kuning dan ini juga mudah berubah bentuk jika terkena panas.


Berikut ini ada acuan khusus untuk kadar kemurnian emas yaitu sesuai standar SNI 13-3487-2005 yang menetapkan standar karat:

- 24 Karat artinya memiliki kandungan emas murni sekitar 99,00 persen s.d. 99,99 persen

- 23 Karat artinya kandungan emas murni 94,80 persen s.d. 98,89 persen

- 22 Karat artinya kandungan emas murni 90,60 persen s.d. 94,79 persen

- 21 Karat artinya kandungan emas murni 86,50 persen s.d. 90,59 persen

- 20 Karat artinya kandungan emas murni 82,30 persen s.d. 86,49 persen

- 19 Karat artinya kandungan emas murni 78,20 persen s.d. 82,29 persen

- 18 Karat artinya kandungan emas murni 75,40 persen s.d. 78,19 persen

- 14 Karat artinya kandungan emas murni 58,3 persen s.d. 41,7 persen

- 10 Karat artinya kandungan emas murni 41,7 persen s.d. 58,3 persen

Sebagai contoh, jika ada emas kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 x 100 persen atau sekitar 95,8 persen. Jadi, bila emas kadar 23 karat dengan berat 10 gram maka kandungan emas murninya = 23/24 x 10 = 9,58 Gram.

Secara umum, produk emas yang memiliki karat di bawah 23 adalah perhiasan, yang memang sudah tentu harus dicampur dengan logam lain agar tidak mudah rusak. Sementara emas yang 24 karat sangat jarang atau bahkan tidak pernah dibuat menjadi perhiasan. Lalu, adakah produk emas 24 karat? Jawabannya ada !

Emas dengan 24 karat biasanya merupakan produk emas batangan yang memang hanya cukup disimpan sebagai simpanan kekayaan atau investasi, dan bukan untuk "dipakai". Dengan membeli emas dan menyimpannya selama jangka waktu tertentu, kita bisa menjualnya kembali di waktu yang akan datang ketika sedang membutuhkan, dengan harapan harganya sedang naik dan kita bisa mendapatkan keuntungan.

 

Sudah temukan tempat terbaik untuk membeli emas dan menyimpannya untuk kebutuhan masa depan dan jangka panjang anda ? Yuk ketemu dengan Lakuemas ! Lakuemas merupakan bagian dari CMK grup yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bersama dengan partner lainnya di CMK grup seperti Frank & Co, Mondial, Miss Mondial dan The Palace, Lakuemas hadir untuk memberi kenyamanan nabung emas di era digital sekarang ini ! banyak variasi logam mulja yang bisa anda pilih dan transaksinya bisa dilakukan dimana pun, aplikasi mobile yang tidak boleh dilewatkan ?

ARTIKEL LAINNYA

Intip 3 Risiko Yang Sering Terjadi Dalam Investasi Emas
Rabu, 24 November 2021
Intip 3 Risiko Yang Sering Terjadi Dalam Investasi Emas

Berbagai risiko dapat tercipta saat melakukan investasi, bahkan tidak dipungkiri saat investasi emas pun risiko tersebut dapat muncul. Tentu perlahan kita harus mempelajari dan menghindarinya agar investasi selalu aman. Nah di Lakuemas, kecemasan akan berbagai risiko saat menabung emas tidak akan kita temui loh ! Jadi sekarang mau mulai investasi atau terus berdiam diri ? ;)


LANJUTKAN
Daun Emas, Jadi Yang Paling Eksis Di Kanazawa Jepang !
Rabu, 17 November 2021
Daun Emas, Jadi Yang Paling Eksis Di Kanazawa Jepang !

Daun ini benar-benar terbuat dari emas yang ditempa sampai setipis kertas. Daun ini digunakan untuk berbagai jenis kerajinan, bahan kosmetik dan yang paling unik: hiasan makanan. Kanazawa memproduksi 99 persen daun emas yang ada di peredaran. Inlah hal menarik yang dibawa Kanazawa, Jepang. Dan yang tidak kalah menarik lainnya, datang dari Lakuemas ! Sekarang beli emas semakin mudah karena aplikasi mobile Lakuemas ini !


LANJUTKAN
Emas Murni Dore Bullion Jadi Incaran Banyak Orang, Kok Bisa ?
Rabu, 03 November 2021
Emas Murni Dore Bullion Jadi Incaran Banyak Orang, Kok Bisa ?

Istilah Dore Bullion merujuk pada batangan mulia yang mengandung campuran beberapa mineral. Mineral yang biasanya terkandung di dalam batangan ini adalah emas, perak, tembaga, dan kandungan mineral yang lain. Batangan ini selanjutnya akan diproses untuk dipisahkan kandungan mineralnya secara spesifik. Wajar saja jika harga emas murni terbilang mahal, sebab emas melalui proses yang panjang dan rumit. Namun tidak perlu khawatir, karena beli emas di Lakuemas bisa dari harga Rp 50.000 saja !


LANJUTKAN