10

November
2020

Ongkos Naik Haji : Tabungan Emas atau Uang

Ongkos Naik Haji : Tabungan Emas atau Uang

Salah satu cita-cita tertinggi seorang Muslim adalah dapat menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam yang kelima. Untuk mewujudkan terlaksananya ibadah fisik, spiritual dan finansial ini, Muslim di Indonesia diharuskan memiliki Ongkos Naik Haji (ONH).

Terlepas dari kuota dan jadwal antrean keberangkatan yang semakin panjang, umat Islam di Indonesia sangat antusias untuk memiliki tabungan ONH ini. Bentuk tabungannya pun beragam. Ada yang menyimpan "di bawah bantal", deposito, emas dan juga instrumen investasi lainnya.

Sebagian masyarakat kita ada yang menyimpan tabungan haji tersebut dalam bentuk emas. Kita bisa cermati perkembangan besaran ONH, harga emas dan nilai mata Uang Rupiah.

Jika seorang investor menyimpan dananya hanya "di bawah bantal" atau dalam bentuk tabungan di bank, maka sepuluh tahun kemudian, besaran dananya bahkan tidak cukup untuk membayar ONH satu pun karena dananya tergerus inflasi. Sementara jika ia menabung dananya dalam bentuk emas, maka ia berpotensi menghajikan seorang lagi, apakah itu anggota keluarganya atau temannya.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi emas? Jawabannya adalah sekarang! Harga emas akan meningkat setiap tahunnya. Sehingga sekarang merupakan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi dalam bentuk emas. Perlu diingat bahwa emas juga tidak mudah terpengaruh oleh inflasi, jadi emas dapat melindungi nilai aset Anda di masa depan.

So, menurut Teman Lakuemas, apakah emas dapat dijadikan alternatif investasi untuk tabungan ongkos naik haji?

Yuk Nabung Emas Dari Sekarang!

LAKUEMAS, Cara Baru Beli Emas

ARTIKEL LAINNYA

Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?
Jumat, 16 April 2021
Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?

Kita tentu pernah mendengar tentang makanan berlapis emas seperti untuk pizza, es krim bahkan nasi goreng. Mengingat emas merupakan jenis logam mulia yang berharga tinggi, makanan yang dilapisi emas ini dianggap sebagai makanan mewah. Namun sebuah pertanyaan muncul mengenai aman atau tidaknya jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah dilapisi emas tersebut.


LANJUTKAN
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif
Rabu, 07 April 2021
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif

Pergerakan harga emas dianggap dinamis, karena secara umum harga emas cenderung selalu naik setiap tahunnya. Pada tahun 2015, harga emas di Indonesia hanya berkisar Rp 490.000 sampai Rp 530.000 per gram nya. Sekarang ini harga emas berada di kisaran Rp 850.000. Artinya harga emas sudah mengalami kenaikan hampir dua kali lipat!


LANJUTKAN
Perbedaan Menabung Emas dan Saham
Rabu, 31 Maret 2021
Perbedaan Menabung Emas dan Saham

Semakin banyak anak muda yang mulai berani untuk mencoba investasi dan mengenal pentingnya menabung demi masa depan yang lebih baik. Menabung dengan menyimpan uang di bank adalah suatu yang baik namun juga dinilai sudah mulai kuno dan kurang menguntungkan. Hal ini tentunya karena fakta bahwa nilai uang semakin lama semakin terus berubah.


LANJUTKAN