01

July
2021

Masjid Kubah Emas, Emas nya Beneran Gak Sih?

Masjid Kubah Emas, Emas nya Beneran Gak Sih?

Masjid Dian Al Mahri atau yang sering kita sebut dengan Masjid Kubah Emas seringkali menjadi tujuan wisata oleh beberapa penikmat travelling dalam negeri maupun luar negeri. Satu hal yang terlintas oleh kebanyakan masyarakat mengapa masjid ini menarik untuk dikunjungi adalah dari nama sebutannya yaitu “Kubah Emas” atau Masjid yang memiliki struktural berbahan Emas pada kubahnya. Yang menjadi pembahasan kali ini adalah, apakah benar Emas pada Masjid Kubah Emas ini adalah Emas asli? Yuk simak beberapa fakta menarik tentang Masjid Kubah Emas!

1. Termegah di Asia Tenggara

Masjid yang dibangun dengan gaya arsitektur khas Timur Tengah ini juga sering disebut sebagai Masjid Dian Al Mahri, sesuai nama pemiliknya. Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid termegah di Asia Tenggara. Yuswohady dalam buku Marketing to the Middle Class Muslim (2014) mengungkapkan, Masjid Kubah Emas memiliki lima kubah utama dan empat kubah kecil. Kubah-kubahnya itu konon dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter, dengan mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal di India atau kubah-kubah masjid khas Persia.

 

Logam emas memang menjadi daya tarik Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas ini. Tak hanya pada kubah, emas juga dijadikan ornamen untuk beberapa bagian masjid. Salah satunya, di mimbar tempat imam memimpin salat terdapat relief hiasan yang terbuat dari emas 18 karat. Begitu pula dengan pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Lampu yang tergantung di ruang tengah bangunan utama, dilansir dari Pikiran Rakyat (November 2007), lampu tersebut terbuat dari kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton. Tak hanya itu. Prada atau serbuk-serbuk emas digunakan untuk melapiskan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah.

 

2. Pemasangan Emas di Masjid Kubah Emas

Sesuai namanya masjid ini memang menggunakan material emas dengan 3 teknik pemasangan. Pertama, serbuk emas (Prada) yang terpasang di mahkota atau pilar. Kedua gold plating yang terdapat pada lampu gantung, tangga, pagar, ornamen kaligrafi di langit-langit kubah dan ornamen dekoratif di atas mimbar mihrab. Ketiga, gold mozaik solid yang terdapat di kubah utama dan kubah menara.

 

3. Arsitektur Masjid Ala Timur Tengah

 Secara umum, arsitektur Masjid Kubah Emas ini mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret, halaman dalam, dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk untuk memperkuat ciri keislaman arsitekturnya. Lima kubah melambangkan rukun Islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat.

 

Wow ! ternyata memang benar adanya yaa tentang emas yang ada di Masjid Kubah Emas itu. Serunya nambah informasi baru dan realita menarik tentang emas yang ada di sebuah bangunan Masjid, lengkap sampai di tangga, pagar dan langit-langit kubah. Namun ada informasi lain yang ga kalah seru dan mengejutkan nih ! Tampilan Baru aplikasi Lakuemas sekarang sudah hadir dan siap menemanimu berinvestasi emas dimanapun dan kapanpun!


ARTIKEL LAINNYA

Apa Saja Hidden Potential Dari Emas ?  Ini 3 Poin Diantaranya!
Friday, 30 July 2021
Apa Saja Hidden Potential Dari Emas ? Ini 3 Poin Diantaranya!

Semua orang mengetahui apa itu emas, namun tidak semua orang memahami secara utuh cara terbaik memandang emas dan memaksimalkan potensinya. Pandangan umum pastilah memahami bahwa emas merupakan barang konsumsi sebagai perhiasan juga merangkap sebagai instrumen investasi karena jumlahnya yang terbatas.


LANJUTKAN
4 Alasan Emas Menjadi Bahan Utama Perhiasan
Wednesday, 21 July 2021
4 Alasan Emas Menjadi Bahan Utama Perhiasan

Hingga kini, emas selalu menjadi pilihan material paling populer untuk perhiasan. Apalagi variannya kini semakin bertambah, dengan hasil percampuran logam lain seperti rose gold dan emas putih. Namun, apa sih sebenarnya yang menjadi alasan logam mulia berwarna asli kekuningan ini semakin dicinta?


LANJUTKAN
Harga Emas Antam Goes To The Moon, Apa Iya?
Friday, 16 July 2021
Harga Emas Antam Goes To The Moon, Apa Iya?

Logam Mulia Emas Antam diramal akan goes to the moon dan berpotensi mendekati angka Rp 1 juta/gram seiring dengan kenaikan harga emas dunia. Pada 28 Juli tahun lalu, emas Antam berhasil tembus Rp 964.120/gram untuk emas kepingan 100 gram yang lumrah dijadikan acuan.


LANJUTKAN