22

Maret
2021

IHSG vs Harga Emas, Berkorelasikah?

IHSG vs Harga Emas, Berkorelasikah?

IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) merupakan suatu indikator yang menunjukkan pergerakan agregat harga saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Melalui indikator ini, kita dapat menilai kecenderungan pasar dibanding kondisi sebelumnya, apakah sedang aktif, lesu ataupun stagnan. Pasar yang aktif dapat ditunjukkan melalui kenaikan nilai indikator IHSG, begitupun sebaliknya untuk pasar yang sedang lesu ditunjukkan melalui penurunan nilai indikator IHSG.

 

Di satu sisi, emas merupakan salah satu komoditas yang dapat dipilih sebagai aset investasi. Sifatnya sebagai penjaga nilai dan faktor resiko rendah membuat komoditas emas cocok dipiliih untuk diversifikasi resiko portofolio serta pilihan bagi investor dengan tipe konservatif

 

Namun apakah ada korelasi antara kedua instrument investasi ini?


Di sepanjang tahun 2020, harga emas mengalami kenaikan pesat hingga mencapai nilai tertingginya di angka Rp 1.054.000,- per gram. Sementara di tahun yang sama, IHSG mengalami titik terendah dalam 5 tahun kebelakang. Bisa dilihat pula bahwa tren antara harga emas dan IHSG memiliki korelasi yang negatif, artinya berlawanan antara satu dengan yang lainnya.

 

Hal ini mendukung studi untuk mengkomparasi kedua nilai tersebut. IHSG merupakan investasi dalam bentuk aset finansial, sementara emas merupakan investasi dalam bentuk aset riil. Ketika perekonomian sedang lesu ataupun stagnan, yang ditunjukkan melalui penurunan IHSG sebagai salah satu indikator, pemegang aset akan berusaha untuk menjaga nilai asetnya dengan memindahkan asetnya ke instrumen yang lebih tidak beresiko.

 

Oleh karena itu emas, sebagai aset investasi, akan mengalami kenaikan permintaan ketika terjadi ketidakpastian dan penurunan akivitas ekonomi. Hal ini yang mendorong kenaikan harga emas seperti yang terjadi di sepanjang tahun 2020.

 

Walaupun demikian, berdasarkan data historis, ketika IHSG sudah pulih, harga emas akan tetap stabil dan konsisten menunjukkan tren positif dalam jangka panjang.

 

Jadi emas adalah pilihan tepat untuk menjadi tabungan jangka panjang kita, karena nilainya yang selalu stabil meski aktifitas ekonomi sedang kurang baik. Dan sekarang kita sudah bisa memantau perkembangan harga emas hanya dalam genggaman dengan menggunakan aplikasi Lakuemas. Harga emas akan di update secara teratur minimal enam (6) kali dalam satu hari. Jadi sangat responsif dan membantu kita untuk mengetahui kapan waktu terbaik dengan harga emas yang tepat untuk mulai menabung.


Yuk, beli emas dari sekarang di Lakuemas, Cara Baru Beli Emas.

ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Rabu, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN