22

March
2021

IHSG vs Harga Emas, Berkorelasikah?

IHSG vs Harga Emas, Berkorelasikah?

IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) merupakan suatu indikator yang menunjukkan pergerakan agregat harga saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Melalui indikator ini, kita dapat menilai kecenderungan pasar dibanding kondisi sebelumnya, apakah sedang aktif, lesu ataupun stagnan. Pasar yang aktif dapat ditunjukkan melalui kenaikan nilai indikator IHSG, begitupun sebaliknya untuk pasar yang sedang lesu ditunjukkan melalui penurunan nilai indikator IHSG.

 

Di satu sisi, emas merupakan salah satu komoditas yang dapat dipilih sebagai aset investasi. Sifatnya sebagai penjaga nilai dan faktor resiko rendah membuat komoditas emas cocok dipiliih untuk diversifikasi resiko portofolio serta pilihan bagi investor dengan tipe konservatif

 

Namun apakah ada korelasi antara kedua instrument investasi ini?


Di sepanjang tahun 2020, harga emas mengalami kenaikan pesat hingga mencapai nilai tertingginya di angka Rp 1.054.000,- per gram. Sementara di tahun yang sama, IHSG mengalami titik terendah dalam 5 tahun kebelakang. Bisa dilihat pula bahwa tren antara harga emas dan IHSG memiliki korelasi yang negatif, artinya berlawanan antara satu dengan yang lainnya.

 

Hal ini mendukung studi untuk mengkomparasi kedua nilai tersebut. IHSG merupakan investasi dalam bentuk aset finansial, sementara emas merupakan investasi dalam bentuk aset riil. Ketika perekonomian sedang lesu ataupun stagnan, yang ditunjukkan melalui penurunan IHSG sebagai salah satu indikator, pemegang aset akan berusaha untuk menjaga nilai asetnya dengan memindahkan asetnya ke instrumen yang lebih tidak beresiko.

 

Oleh karena itu emas, sebagai aset investasi, akan mengalami kenaikan permintaan ketika terjadi ketidakpastian dan penurunan akivitas ekonomi. Hal ini yang mendorong kenaikan harga emas seperti yang terjadi di sepanjang tahun 2020.

 

Walaupun demikian, berdasarkan data historis, ketika IHSG sudah pulih, harga emas akan tetap stabil dan konsisten menunjukkan tren positif dalam jangka panjang.

 

Jadi emas adalah pilihan tepat untuk menjadi tabungan jangka panjang kita, karena nilainya yang selalu stabil meski aktifitas ekonomi sedang kurang baik. Dan sekarang kita sudah bisa memantau perkembangan harga emas hanya dalam genggaman dengan menggunakan aplikasi Lakuemas. Harga emas akan di update secara teratur minimal enam (6) kali dalam satu hari. Jadi sangat responsif dan membantu kita untuk mengetahui kapan waktu terbaik dengan harga emas yang tepat untuk mulai menabung.


Yuk, beli emas dari sekarang di Lakuemas, Cara Baru Beli Emas.

ARTIKEL LAINNYA

Apa Yang Membuat Harga Emas Naik Dan Turun ?
Tuesday, 05 December 2023
Apa Yang Membuat Harga Emas Naik Dan Turun ?

Bicara mengenai harga emas, harga emas digerakkan oleh kombinasi penawaran, permintaan, dan perilaku investor. Misalnya, banyak investor menganggap emas sebagai lindung nilai inflasi karena uang kertas kehilangan nilai karena lebih banyak dicetak, sementara pasokan emas relatif konstan, dan kebetulan, penambangan emas tidak menambah banyak pasokan dari tahun ke tahun. Dan ada beberapa faktor lain yang membuat harga logam mulia bisa naik lebih tinggi atau turun dari waktu ke waktu. Ayo kita simak!


LANJUTKAN
Harga Emas Mencapai Rekor Tertinggi Di Atas $2.100 !
Monday, 04 December 2023
Harga Emas Mencapai Rekor Tertinggi Di Atas $2.100 !

Ketua Jerome Powell, ketika berbicara pada hari Jumat, menegaskan kembali pendiriannya bahwa suku bunga AS akan tetap lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Namun beberapa perubahan dalam isyaratnya – terutama pengakuannya terhadap kemajuan yang dicapai dalam mengendalikan inflasi dan potensi “soft landing” bagi perekonomian AS – memperkuat ekspektasi bahwa The Fed tidak akan lagi menaikkan suku bunga pada bulan Desember, dan berpotensi mulai menurunkan suku bunga paling lambat di bulan Maret 2024. Jadi harga emas masih akan naik atau turun nih LakuFriends ?


LANJUTKAN
Harga Emas Melonjak ? Ini Yang Terjadi..
Thursday, 30 November 2023
Harga Emas Melonjak ? Ini Yang Terjadi..

Kenaikan harga emas hingga perdagangan kemarin masih didorong dari sentimen melemahnya dolar dan ekspektasi bahwa The Fed AS telah selesai menaikkan suku bunga. Harga emas telah mencapai level tertinggi dalam lebih dari enam bulan. Harga emas kini masuk area short trend bullish, dengan indeks dolar dalam tren menurun di tengah harapan The Fed tidak akan lagi menaikkan suku bunga dan bahkan mungkin akan memangkasnya pada musim semi tahun depan. Lalu apakah tren penguatan ini akan bertahan hingga bulan-bulan selanjutnya ?


LANJUTKAN