22

Maret
2021

IHSG vs Harga Emas, Berkorelasikah?

IHSG vs Harga Emas, Berkorelasikah?

IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) merupakan suatu indikator yang menunjukkan pergerakan agregat harga saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Melalui indikator ini, kita dapat menilai kecenderungan pasar dibanding kondisi sebelumnya, apakah sedang aktif, lesu ataupun stagnan. Pasar yang aktif dapat ditunjukkan melalui kenaikan nilai indikator IHSG, begitupun sebaliknya untuk pasar yang sedang lesu ditunjukkan melalui penurunan nilai indikator IHSG.

 

Di satu sisi, emas merupakan salah satu komoditas yang dapat dipilih sebagai aset investasi. Sifatnya sebagai penjaga nilai dan faktor resiko rendah membuat komoditas emas cocok dipiliih untuk diversifikasi resiko portofolio serta pilihan bagi investor dengan tipe konservatif

 

Namun apakah ada korelasi antara kedua instrument investasi ini?


Di sepanjang tahun 2020, harga emas mengalami kenaikan pesat hingga mencapai nilai tertingginya di angka Rp 1.054.000,- per gram. Sementara di tahun yang sama, IHSG mengalami titik terendah dalam 5 tahun kebelakang. Bisa dilihat pula bahwa tren antara harga emas dan IHSG memiliki korelasi yang negatif, artinya berlawanan antara satu dengan yang lainnya.

 

Hal ini mendukung studi untuk mengkomparasi kedua nilai tersebut. IHSG merupakan investasi dalam bentuk aset finansial, sementara emas merupakan investasi dalam bentuk aset riil. Ketika perekonomian sedang lesu ataupun stagnan, yang ditunjukkan melalui penurunan IHSG sebagai salah satu indikator, pemegang aset akan berusaha untuk menjaga nilai asetnya dengan memindahkan asetnya ke instrumen yang lebih tidak beresiko.

 

Oleh karena itu emas, sebagai aset investasi, akan mengalami kenaikan permintaan ketika terjadi ketidakpastian dan penurunan akivitas ekonomi. Hal ini yang mendorong kenaikan harga emas seperti yang terjadi di sepanjang tahun 2020.

 

Walaupun demikian, berdasarkan data historis, ketika IHSG sudah pulih, harga emas akan tetap stabil dan konsisten menunjukkan tren positif dalam jangka panjang.

 

Jadi emas adalah pilihan tepat untuk menjadi tabungan jangka panjang kita, karena nilainya yang selalu stabil meski aktifitas ekonomi sedang kurang baik. Dan sekarang kita sudah bisa memantau perkembangan harga emas hanya dalam genggaman dengan menggunakan aplikasi Lakuemas. Harga emas akan di update secara teratur minimal enam (6) kali dalam satu hari. Jadi sangat responsif dan membantu kita untuk mengetahui kapan waktu terbaik dengan harga emas yang tepat untuk mulai menabung.


Yuk, beli emas dari sekarang di Lakuemas, Cara Baru Beli Emas.

ARTIKEL LAINNYA

TO THE MOON ! waktunya jual ?
Jumat, 18 Oktober 2024
TO THE MOON ! waktunya jual ?

Menembus level tertinggi, membuat emas spot (XAU/USD) terus bergerak positif selama sepekan tanpa koreksi setelah data-data yang menunjukan soft landing mengenai keputusan suku bunga. Harga emas yang tinggi cepat-cepat membuat banyak orang berfikir untuk menjualnya, eits tahan dulu, yuk simak selengkapnya disini.


LANJUTKAN
Aset SAFE HAVEN, Emas Salah Satunya ?
Rabu, 16 Oktober 2024
Aset SAFE HAVEN, Emas Salah Satunya ?

Safe haven sendiri adalah aset yang diharapkan nilainya tetap atau meningkat walaupun pasar tidak stabil atau bergejolak. Safe haven dicari oleh para investor untuk menghindari aset mereka mengalami kerugian ketika terjadi penurunan pasar atau krisis keuangan.


LANJUTKAN
LAKUEMAS UPDATE NEWS
Selasa, 24 September 2024
LAKUEMAS UPDATE NEWS

Kepada Yth Bapak/Ibu LakuFriends terhormat, Dengan ini kami sampaikan kabar terbaru di LAKUEMAS bahwa dalam upaya untuk terus memperkuat kinerja dan pertumbuhan perusahaan, kami informasikan mulai 6 September 2024, Bapak Edy Setiawan (CEO LAKUEMAS) secara resmi mengambil alih langsung peran pengawasan serta pelaksanaan fungsi operasional perusahaan.


LANJUTKAN