05

Mei
2023

Harga Emas Menguat Di Atas $2.000, Ini Yang Terjadi !

Harga Emas Menguat Di Atas $2.000, Ini Yang Terjadi !

Harga emas bergerak pada hari Rabu 03/05/2023 di tengah kekhawatiran akan krisis perbankan dan ketidakpastian atas kebijakan moneter sebelum keputusan suku bunga The Fed. Ini terjadi karena saham bank AS menghadapi kesibukan penjualan setelah pengambilalihan First Republic Bank (NYSE:FRC) yang ditengahi pemerintah oleh JPMorgan Chase & Co (NYSE:JPM) memicu kekhawatiran bahwa beberapa pemberi pinjaman regional AS lainnya akan menghadapi masalah solvabilitas.


Permintaan bullion juga didukung oleh meningkatnya kekhawatiran gagal bayar utang AS, setelah Menteri Keuangan Janet Yellen memperingatkan bahwa ekonomi dunia berpotensi menghadapi tenggat waktu 1 Juni untuk memenuhi kewajibannya. 


Dan Inflasi A.S. masih cenderung jauh di atas kisaran target The Fed, dan bank sentral telah memberikan sedikit indikasi bahwa ia berencana untuk mengurangi sikap hawkishnya.


Kemudian baru-baru ini pada hari Kamis 04/05/2023 harga emas memperpanjang kenaikannya dan sempat menyentuh rekor tertinggi setelah The Fed menaikkan suku bunga tetapi menandai pendekatan yang lebih ketat untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut di tengah kondisi ekonomi yang memburuk. Emas spot naik 0,9% menjadi $2.056,24 per troy ounce pada awal perdagangan Kamis 04/05/2023 setelah naik ke rekor tertinggi $2.080,72 per troy ounce pada Rabu malam. 


Hal ini meningkatkan permintaan safe haven karena Ketua The Fed Jerome Powell memperingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi sedang melambat, dan kondisi kredit kemungkinan akan semakin ketat di tengah meningkatnya tekanan pada bank-bank AS. Ini disertai juga dengan kekalahan yang berkepanjangan di saham bank AS, karena jatuhnya First Republic Bank (NYSE:FRC) awal pekan ini memicu kebangkitan kembali kekhawatiran akan krisis perbankan AS. Powell juga memberi isyarat bahwa The Fed hampir mencapai puncak suku bunga, dan terjadinya kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin pada hari Rabu, menempatkannya pada level tertinggi dalam 16 tahun.


ARTIKEL LAINNYA

Apa Yang Membuat Harga Emas Naik Dan Turun ?
Selasa, 05 Desember 2023
Apa Yang Membuat Harga Emas Naik Dan Turun ?

Bicara mengenai harga emas, harga emas digerakkan oleh kombinasi penawaran, permintaan, dan perilaku investor. Misalnya, banyak investor menganggap emas sebagai lindung nilai inflasi karena uang kertas kehilangan nilai karena lebih banyak dicetak, sementara pasokan emas relatif konstan, dan kebetulan, penambangan emas tidak menambah banyak pasokan dari tahun ke tahun. Dan ada beberapa faktor lain yang membuat harga logam mulia bisa naik lebih tinggi atau turun dari waktu ke waktu. Ayo kita simak!


LANJUTKAN
Harga Emas Mencapai Rekor Tertinggi Di Atas $2.100 !
Senin, 04 Desember 2023
Harga Emas Mencapai Rekor Tertinggi Di Atas $2.100 !

Ketua Jerome Powell, ketika berbicara pada hari Jumat, menegaskan kembali pendiriannya bahwa suku bunga AS akan tetap lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Namun beberapa perubahan dalam isyaratnya – terutama pengakuannya terhadap kemajuan yang dicapai dalam mengendalikan inflasi dan potensi “soft landing” bagi perekonomian AS – memperkuat ekspektasi bahwa The Fed tidak akan lagi menaikkan suku bunga pada bulan Desember, dan berpotensi mulai menurunkan suku bunga paling lambat di bulan Maret 2024. Jadi harga emas masih akan naik atau turun nih LakuFriends ?


LANJUTKAN
Harga Emas Melonjak ? Ini Yang Terjadi..
Kamis, 30 November 2023
Harga Emas Melonjak ? Ini Yang Terjadi..

Kenaikan harga emas hingga perdagangan kemarin masih didorong dari sentimen melemahnya dolar dan ekspektasi bahwa The Fed AS telah selesai menaikkan suku bunga. Harga emas telah mencapai level tertinggi dalam lebih dari enam bulan. Harga emas kini masuk area short trend bullish, dengan indeks dolar dalam tren menurun di tengah harapan The Fed tidak akan lagi menaikkan suku bunga dan bahkan mungkin akan memangkasnya pada musim semi tahun depan. Lalu apakah tren penguatan ini akan bertahan hingga bulan-bulan selanjutnya ?


LANJUTKAN