05

May
2023

Harga Emas Menguat Di Atas $2.000, Ini Yang Terjadi !

Harga Emas Menguat Di Atas $2.000, Ini Yang Terjadi !

Harga emas bergerak pada hari Rabu 03/05/2023 di tengah kekhawatiran akan krisis perbankan dan ketidakpastian atas kebijakan moneter sebelum keputusan suku bunga The Fed. Ini terjadi karena saham bank AS menghadapi kesibukan penjualan setelah pengambilalihan First Republic Bank (NYSE:FRC) yang ditengahi pemerintah oleh JPMorgan Chase & Co (NYSE:JPM) memicu kekhawatiran bahwa beberapa pemberi pinjaman regional AS lainnya akan menghadapi masalah solvabilitas.


Permintaan bullion juga didukung oleh meningkatnya kekhawatiran gagal bayar utang AS, setelah Menteri Keuangan Janet Yellen memperingatkan bahwa ekonomi dunia berpotensi menghadapi tenggat waktu 1 Juni untuk memenuhi kewajibannya. 


Dan Inflasi A.S. masih cenderung jauh di atas kisaran target The Fed, dan bank sentral telah memberikan sedikit indikasi bahwa ia berencana untuk mengurangi sikap hawkishnya.


Kemudian baru-baru ini pada hari Kamis 04/05/2023 harga emas memperpanjang kenaikannya dan sempat menyentuh rekor tertinggi setelah The Fed menaikkan suku bunga tetapi menandai pendekatan yang lebih ketat untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut di tengah kondisi ekonomi yang memburuk. Emas spot naik 0,9% menjadi $2.056,24 per troy ounce pada awal perdagangan Kamis 04/05/2023 setelah naik ke rekor tertinggi $2.080,72 per troy ounce pada Rabu malam. 


Hal ini meningkatkan permintaan safe haven karena Ketua The Fed Jerome Powell memperingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi sedang melambat, dan kondisi kredit kemungkinan akan semakin ketat di tengah meningkatnya tekanan pada bank-bank AS. Ini disertai juga dengan kekalahan yang berkepanjangan di saham bank AS, karena jatuhnya First Republic Bank (NYSE:FRC) awal pekan ini memicu kebangkitan kembali kekhawatiran akan krisis perbankan AS. Powell juga memberi isyarat bahwa The Fed hampir mencapai puncak suku bunga, dan terjadinya kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin pada hari Rabu, menempatkannya pada level tertinggi dalam 16 tahun.


ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Wednesday, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Tuesday, 26 March 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Monday, 18 March 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN