12

April
2022

Ini 4 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

Ini 4 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

 

Kamu mau investasi emas? Ada baiknya kamu tahu dulu beberapa hal yang memengaruhi naik turunnya harga emas. Hal ini membantumu memutuskan kapan membeli dan kapan menjual emas. Harga emas memang mengacu pada kondisi pasar global. Namun banyak peristiwa yang mampu memengaruhi pergerakan harganya. Karena bersifat risk free, harga emas secara umum cenderung naik. Tak heran, banyak masyarakat yang senang menyimpan emas untuk investasi di kemudian hari dibandingkan untuk terjun langsung ke investasi saham ataupun obligasi.

Lalu, fenomena apa saja yang membuat harga emas cenderung naik dan turun? berikut beberapa faktor yang menyebabkan harga emas naik dan turun:

1. Pergerakan nilai tukar Seperti sudah dikatakan sebelumnya, harga emas di dalam negeri mengacu pada harga emas internasional yang dikonversi dari dolar AS ke dalam mata uang rupiah. Artinya, harga emas sangat dipengaruhi oleh pergerakan rupiah terhadap dolar AS. Apabila nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah, maka harga emas lokal menguat atau tinggi. Sebaliknya, bila nilai tukar rupiah menguat, maka harga emas lokal cenderung turun.

2. Hukum penawaran dan permintaan Hukum penawaran dan permintaan juga memengaruhi harga emas. Jika permintaan emas lebih besar dibanding penawaran, maka harga logam mulia yang digemari ibu-ibu rumah tangga ini akan naik.

Sebaliknya, harga akan turun bila penawaran lebih besar daripada permintaannya.

3. Naik-turun suku bunga acuan Harga emas sangat tergantung pada kebijakan moneter yang diambil bank sentral Amerika Serikat, The Fed. Kebijakan moneter yang dimaksud adalah kebijakan menaikkan atau menurunkan suku bunga. Jika The Fed menurunkan suku bunga, emas berpotensi naik harganya. Sementara jika The Fed kembali menaikkan suku bunga, investor lain pun mencari instrumen yang memiliki keuntungan besar. Meski demikian, emas tetap menjadi salah satu instrumen yang diperhitungkan dalam portofolio investasi.

4. Inflasi Inflasi adalah salah satu faktor utama yang membuat harga-harga barang semakin naik, hal ini juga berdampak pada harga emas. Semakin tinggi tingkat inflasi maka semakin mahal pula harga emas. Sebab, masyarakat enggan menyimpan aset mereka dalam bentuk uang yang mudah kehilangan nilainya. Masyarakat lebih memilih berinvestasi emas yang notabene aset safe haven. Harganya cenderung stabil dan lebih aman ketika inflasi. Dengan pengaruh empat hal tersebut, tidak heran harga emas bersifat sangat fluktuatif dan dapat berubah dengan cepat. Namun tidak perlu khawatir, harga emas yang berubah ini selalu diupdate hampir setiap hari oleh penjual termasuk aplikasi Lakuemas.



 

.sumber: Kompas.com

ARTIKEL LAINNYA

Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN
CETAK REKOR BARU !
Kamis, 14 Maret 2024
CETAK REKOR BARU !

Powell mengatakan The Fed "tidak jauh" dari mendapatkan keyakinan yang cukup bahwa inflasi sedang menuju target 2% yang ditetapkan The Fed untuk dapat memulai penurunan suku bunga. Para pedagang sekarang memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 74% nantinya pada bulan Juni, dibandingkan sekitar 63% pada tanggal 29 Februari, menurut Fedwatch Tool CME. Namun taruhan penurunan suku bunga mendorong harga emas, simak berita selengkapnya !


LANJUTKAN