12

April
2022

Ini 4 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

Ini 4 Faktor Yang Mempengaruhi Harga Emas

 

Kamu mau investasi emas? Ada baiknya kamu tahu dulu beberapa hal yang memengaruhi naik turunnya harga emas. Hal ini membantumu memutuskan kapan membeli dan kapan menjual emas. Harga emas memang mengacu pada kondisi pasar global. Namun banyak peristiwa yang mampu memengaruhi pergerakan harganya. Karena bersifat risk free, harga emas secara umum cenderung naik. Tak heran, banyak masyarakat yang senang menyimpan emas untuk investasi di kemudian hari dibandingkan untuk terjun langsung ke investasi saham ataupun obligasi.

Lalu, fenomena apa saja yang membuat harga emas cenderung naik dan turun? berikut beberapa faktor yang menyebabkan harga emas naik dan turun:

1. Pergerakan nilai tukar Seperti sudah dikatakan sebelumnya, harga emas di dalam negeri mengacu pada harga emas internasional yang dikonversi dari dolar AS ke dalam mata uang rupiah. Artinya, harga emas sangat dipengaruhi oleh pergerakan rupiah terhadap dolar AS. Apabila nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah, maka harga emas lokal menguat atau tinggi. Sebaliknya, bila nilai tukar rupiah menguat, maka harga emas lokal cenderung turun.

2. Hukum penawaran dan permintaan Hukum penawaran dan permintaan juga memengaruhi harga emas. Jika permintaan emas lebih besar dibanding penawaran, maka harga logam mulia yang digemari ibu-ibu rumah tangga ini akan naik.

Sebaliknya, harga akan turun bila penawaran lebih besar daripada permintaannya.

3. Naik-turun suku bunga acuan Harga emas sangat tergantung pada kebijakan moneter yang diambil bank sentral Amerika Serikat, The Fed. Kebijakan moneter yang dimaksud adalah kebijakan menaikkan atau menurunkan suku bunga. Jika The Fed menurunkan suku bunga, emas berpotensi naik harganya. Sementara jika The Fed kembali menaikkan suku bunga, investor lain pun mencari instrumen yang memiliki keuntungan besar. Meski demikian, emas tetap menjadi salah satu instrumen yang diperhitungkan dalam portofolio investasi.

4. Inflasi Inflasi adalah salah satu faktor utama yang membuat harga-harga barang semakin naik, hal ini juga berdampak pada harga emas. Semakin tinggi tingkat inflasi maka semakin mahal pula harga emas. Sebab, masyarakat enggan menyimpan aset mereka dalam bentuk uang yang mudah kehilangan nilainya. Masyarakat lebih memilih berinvestasi emas yang notabene aset safe haven. Harganya cenderung stabil dan lebih aman ketika inflasi. Dengan pengaruh empat hal tersebut, tidak heran harga emas bersifat sangat fluktuatif dan dapat berubah dengan cepat. Namun tidak perlu khawatir, harga emas yang berubah ini selalu diupdate hampir setiap hari oleh penjual termasuk aplikasi Lakuemas.



 

.sumber: Kompas.com

ARTIKEL LAINNYA

Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia
Monday, 23 May 2022
Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia

Emas menjadi logam mulia yang banyak diminati bahkan di zaman sekarang sudah dikenal disegala usia. Baik untuk mata uang hingga perhiasan, emas sudah menjadi simbol kekayaan. Simak sejarah lengkapnya di sini !


LANJUTKAN
5 Daerah Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia
Friday, 20 May 2022
5 Daerah Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia

Diketahui bahwa total produksi emas Indonesia pada 2022 ini sebanyak 100,9 ton dimana produksi emas tersebut mayoritas dari tambang Grasberg di Mimika, Papua. Dalam artikel ini kita akan mengetahui kota mana saja yang menjadi penghasil emas terbesar di Indonesia. Yuk kita simak !


LANJUTKAN
5 Tips Awal Investasi Emas
Thursday, 12 May 2022
5 Tips Awal Investasi Emas

Emas tidak hanya dikenal sebagai perhiasan saja, melainkan juga ada jenis emas fisik batangan dan emas digital. Emas merupakan barang yang harganya cenderung selalu naik loh, karena peningkatannya yang signifikan, emas menjadi diburu sebagai teman investasi yang tepat. Maka itu untuk Teman-teman sekalian yang ingin mengetahui cara investasi emas, bisa baca terus artikel ini sampai selesai...


LANJUTKAN