03

November
2021

Emas Murni Dore Bullion Jadi Incaran Banyak Orang, Kok Bisa ?

Emas Murni Dore Bullion Jadi Incaran Banyak Orang, Kok Bisa ?

Emas murni menjadi incaran banyak orang. Hal ini dikarenakan nilainya yang sangat tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai simpanan kekayaan dan salah satu produk investasi yang menjanjikan. Mungkin kita pernah menjumpai atau justru masih asing dengan istilah emas murni Dore Bullion. Jika belum pernah mengenal istilah ini, tidak ada salahnya untuk memahaminya lebih jauh.

Istilah Dore Bullion merujuk pada batangan mulia yang mengandung campuran beberapa mineral. Mineral yang biasanya terkandung di dalam batangan ini adalah emas, perak, tembaga, dan kandungan mineral yang lain. Batangan ini selanjutnya akan diproses untuk dipisahkan kandungan mineralnya secara spesifik. Kandungan mineral yang menjadi incaran utama tentu saja adalah kandungan emas murninya.

Seperti yang kita tahu, bahwa batangan mulia ini terdiri dari campuran beberapa mineral. Untuk mendapatkan kandungan emasnya, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan Dore Bullion :

-          Mengecilkan Ukuran (Size Reduction)

Proses awal dalam pengolahan batangan mulia ini adalah menyamakan ukuran dan kadar biji menjadi butiran yang lebih kecil. Standar ukuran yang digunakan adalah 2 hingga 3 milimeter. Sementara untuk kadar tiap butirnya harus berkisar 25%.

Bagaimana jika ukuran biji sudah sesuai akan tetapi kandungan emasnya masih lebih dari 25%? Jika hal ini terjadi, maka akan dilakukan prosedur Quartering. Yaitu menambahkan mineral yang lain supaya kandungan biji tersebut dapat diturunkan sesuai standard yang telah ditetapkan. Mineral yang biasanya ditambahkan adalah perak dan tembaga.

-          Proses Pemisahan (Parting)

Setelah biji mineral mentah memiliki ukuran butiran yang sama, maka butiran-butiran ini akan melalui proses berikutnya, yaitu proses pemisahan mineral. Tujuannya adalah untuk memisahkan emas dari kandungan zat lainnya. Caranya adalah dengan melalui beberapa kali perebusan yang menggunakan larutan asam nitrat (HNO3). Kalau anda pernah menemukan larutan asam nitrat yang dijual bebas, rata-rata itu adalah larutan yang memiliki kandungan asam nitrat sebanyak 68%.

Setelah direbus beberapa kali, tampilan emas akan mengendap dan menjadi butiran yang lebih kecil, seperti bubuk kopi. Dalam kondisi ini, tingkatan kemurnian emas bisa mencapai 98%. Untuk kualitas emas yang lebih tinggi, bisa dilanjutkan lagi dengan larutan aqua regia. Dengan cara ini, kita dapat meningkatkan kadar emas hingga 99,6%.

 Bagian yang menarik adalah, air rebusan dari proses perebusan ini biasanya ditampung untuk selanjutnya diproses kembali. Proses lanjutan inilah yang akan menghasilkan mineral berharga lain, yaitu perak.

-          Tahap Peleburan (Melting)

Proses terakhir dari tahap pengolahan ini adalah peleburan. Dalam tahap ini, emas akan dileburkan menggunakan Sodium Borate hingga mencapai titik leburnya dan mencair. Lalu kemudian bisa disaring dengan alat khusus. Tunggu sampai kering, dan tuangkan dalam cetakan khusus. Logam emas sudah jadi dan siap untuk ditimbang.

Nah itu dia ulasan mengenai emas murni Dore Bullion dan tahapan proses pengolahannya. Dengan mengetahui asal muasal emas murni ini, maka wajar saja jika harga emas murni terbilang mahal. Sebab emas melalui proses yang panjang dan rumit. Namun tidak perlu khawatir jika membeli emas di Lakuemas, karena kita bisa beli dari harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 50.000 saja dan kita bisa mengatur gramasi yang kita inginkan. Dari gramasi yang kita tentukan sendiri, kita bisa mendapatkan harga emas yang sudah disesuaikan dengan jumlah gramasi tersebut dan selalu mengikuti harga emas ter-update.

Di Lakuemas pun kita bisa menyimpan emas tabungan kita dan bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Penasaran ? tanya-tanya langsung yuk dengan Relationship Manager Lakuemas! Teman-teman bisa menghubungi nomor ini 081-211-855-436.

 

Selamat menabung keuntungan buat masa depan !

ARTIKEL LAINNYA

Intip 3 Risiko Yang Sering Terjadi Dalam Investasi Emas
Rabu, 24 November 2021
Intip 3 Risiko Yang Sering Terjadi Dalam Investasi Emas

Berbagai risiko dapat tercipta saat melakukan investasi, bahkan tidak dipungkiri saat investasi emas pun risiko tersebut dapat muncul. Tentu perlahan kita harus mempelajari dan menghindarinya agar investasi selalu aman. Nah di Lakuemas, kecemasan akan berbagai risiko saat menabung emas tidak akan kita temui loh ! Jadi sekarang mau mulai investasi atau terus berdiam diri ? ;)


LANJUTKAN
Daun Emas, Jadi Yang Paling Eksis Di Kanazawa Jepang !
Rabu, 17 November 2021
Daun Emas, Jadi Yang Paling Eksis Di Kanazawa Jepang !

Daun ini benar-benar terbuat dari emas yang ditempa sampai setipis kertas. Daun ini digunakan untuk berbagai jenis kerajinan, bahan kosmetik dan yang paling unik: hiasan makanan. Kanazawa memproduksi 99 persen daun emas yang ada di peredaran. Inlah hal menarik yang dibawa Kanazawa, Jepang. Dan yang tidak kalah menarik lainnya, datang dari Lakuemas ! Sekarang beli emas semakin mudah karena aplikasi mobile Lakuemas ini !


LANJUTKAN
Emas Murni Dore Bullion Jadi Incaran Banyak Orang, Kok Bisa ?
Rabu, 03 November 2021
Emas Murni Dore Bullion Jadi Incaran Banyak Orang, Kok Bisa ?

Istilah Dore Bullion merujuk pada batangan mulia yang mengandung campuran beberapa mineral. Mineral yang biasanya terkandung di dalam batangan ini adalah emas, perak, tembaga, dan kandungan mineral yang lain. Batangan ini selanjutnya akan diproses untuk dipisahkan kandungan mineralnya secara spesifik. Wajar saja jika harga emas murni terbilang mahal, sebab emas melalui proses yang panjang dan rumit. Namun tidak perlu khawatir, karena beli emas di Lakuemas bisa dari harga Rp 50.000 saja !


LANJUTKAN