19

January
2022

Apa Sih Makna Kuning Emas Dibalik Perayaan Tahun Baru Imlek ?

Apa Sih Makna Kuning Emas Dibalik Perayaan Tahun Baru Imlek ?

Saat perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya masyarakat Tionghoa akan melakukan ibadah di kelenteng dan juga mempertunjukkan tarian Barongsai. Di sisi lain, perayaan Tahun Baru Imlek juga identik dengan berbagai makanan dan jajanan yang memiliki ciri khas. Contohnya seperti kue keranjang, jeruk mandarin, manisan dan permen.

Dalam sejarahnya, perayaan Imlek adalah pesta untuk menyambut datangnya musim semi. Karena mayoritas penduduk Tiongkok kala itu menggantungkan hidupnya dari bertani. maka daripada itu, perayaan Imlek dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur atas rejeki selama setahun ini dan berharap kemakmuran akan datan pada tahun depan. Selain itu, Tahun Baru Imlek juga melambangakan keharmonisan dalam tata kehidupan di muka bumi. Untuk itu, perayaan Imlek harus jadi momentum ungkapan syukur dan terima kasih atas kebaikan alam.

Umumnya, masyarakat akan memakai pakaian dan menghias rumah mereka dengan warna bernuansa merah dan kuning emas. Berikut makna dari dua warna tersebut :

Merah melambangkan kebahagiaan. Warna merah juga sering dijumpai pada warna lampion yang menghiasi sepanjang jalan dekat kelenteng. Tak hanya itu, seseorang yang mempraktikkan feng shui tradisional, Suhana Lim menjelaskan bahwa warna merah juga menjadi simbol dari kebaikan hati, kebenaran dan ketulusan hari, menurutnya, bunyi karakter “merah” atau “hung” identik dengan karakter “makmur”. Oleh karena itu, warna merah pun menjadi warna yang disukai oleh masyarakat Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek.

Selain warna merah, masyarakat Tionghoa juga menggunakan warna kuning atau keemasan. Warna itu disebut memiliki makna keagungan dan kewibawaan dan melambangkan kehangatan, kesejahteraan, kekayaan dan kebahagiaan dalam kebudayaan Tionghoa. Selaras dengan warna merah, kuning keemasan juga dianggap sebagai lambang kemakmuran. Dengan demikian, warna kuning dan emas diharapkan dapat membawa aura positif bagi masyarakat. Warna ini kerap menghiasi istana kerajaan altar dan kuil-kuil, seta digunakan dalam jubbah dan pakaian para kaisar.


Nah dalam menyambut Tahun Baru Imlek, Lakuemas akan menghadirkan kejutan menarik nih. Follow semua media sosial Lakuemas dan tunggu kabar terbarunya ya !  

ARTIKEL LAINNYA

Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia
Monday, 23 May 2022
Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia

Emas menjadi logam mulia yang banyak diminati bahkan di zaman sekarang sudah dikenal disegala usia. Baik untuk mata uang hingga perhiasan, emas sudah menjadi simbol kekayaan. Simak sejarah lengkapnya di sini !


LANJUTKAN
5 Daerah Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia
Friday, 20 May 2022
5 Daerah Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia

Diketahui bahwa total produksi emas Indonesia pada 2022 ini sebanyak 100,9 ton dimana produksi emas tersebut mayoritas dari tambang Grasberg di Mimika, Papua. Dalam artikel ini kita akan mengetahui kota mana saja yang menjadi penghasil emas terbesar di Indonesia. Yuk kita simak !


LANJUTKAN
5 Tips Awal Investasi Emas
Thursday, 12 May 2022
5 Tips Awal Investasi Emas

Emas tidak hanya dikenal sebagai perhiasan saja, melainkan juga ada jenis emas fisik batangan dan emas digital. Emas merupakan barang yang harganya cenderung selalu naik loh, karena peningkatannya yang signifikan, emas menjadi diburu sebagai teman investasi yang tepat. Maka itu untuk Teman-teman sekalian yang ingin mengetahui cara investasi emas, bisa baca terus artikel ini sampai selesai...


LANJUTKAN