04

July
2022

6 Tips Terhindar dari Modus Penipuan Online

6 Tips Terhindar dari Modus Penipuan Online

Hai Teman Lakuemas! Siapa yang tidak akrab dengan aplikasi pengiriman pesan online di Smartphone? Kini aplikasi pesan yang paling banyak dipakai di dunia itu hampir memiliki miliaran pengguna. Aplikasi ini sering menghadirkan banyak fitur untuk membuat pengalaman pengguna makin mudah dan efisien. Kemudahan untuk bertukar pesan dan canggihnya fitur-fiturnya, membuat aplikasi pengiriman pesan dijadikan media penghubung untuk semua kegiatan yang berbasis digital atau online.

Di tengah kemudahan mengakses informasi melalui dunia maya, ternyata ada ancaman yang sedang mengintai, salah satunya adalah penipuan transaksi online. Dengan maraknya kasus penipuan online berbasis Social Engineering yang menyasar kepada korban pengguna smartphone. Perlu diingat kembali bahwa Lakuemas tidak pernah meminta kode OTP (One Time Password) pada pengguna aplikasi kami tanpa alasan apapun. Berikut ini 6 tips agar terhindar dari modus penipuan online :

1. Menjaga informasi pribadi

Sekarang informasi apapun sangat mudah untuk diperoleh hanya dengan menggunakan aplikasi atau koneksi daring. Kamu perlu waspada terhadap segala trik yang memperdaya untuk memberikan informasi data diri dan data perbankan Kamu secara detail. Informasi seperti nomor KTP, tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, nomor kartu debit/kredit Kamu, tiga nomor belakang (CVV) kartu kredit, atau PIN ATM, dan lain sebagainya adalah informasi penting yang harus selalu Kamu rahasiakan.

2. Jangan memberikan kode OTP

Pada dasarnya, kode OTP merupakan kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang umumnya terdiri dari 4 atau 6 digit karakter berupa angka atau huruf unik. Biasanya, OTP dikirimkan melalui SMS, Phone Call atau e-mail dan umumnya hanya berlaku dalam waktu singkat. Jangan pernah sekalipun memberikan kode OTP yang Kamu terima ketika sedang menggunakan aplikasi kepada siapapun termasuk, orangtua, pasangan, saudara, teman, dan sebagainya.

3. Jangan terlalu mudah tergiur dengan hadiah/benefit yang ditawarkan

Jangan mudah tergiur dengan informasi yang menyatakan Kamu sebagai pemenang undian dan jangan cepat mengambil keputusan sebelum mendapat informasi yang jelas dan akurat. Coba ingat kembali apakah Kamu pernah mengikuti program undian, kuis atau sejenisnya, apabila tidak sebaiknya Kamu abaikan saja.

4. Tidak melakukan transfer ke rekening pribadi/perorangan

Biasanya untuk menjalankan modus penipuan, pelaku akan memberikan berbagai alasan dan penawaran menarik untuk mendapatkan apa yang diincar. Dan untuk mendapatkan keuntungan yang ditawarkan atau menebus hadiah yang dijanjikan, pelaku akan meminta Kamu untuk melakukan sesuatu, contohnya bisa dengan meminta transfer sejumlah uang. Jika transfer ke rekening atas nama pribadi dan bukan nama Instansi, dapat dipastikan hal ini merupakan tindakan penipuan.

5. Hanya percaya pada situs yang resmi/verified

Jika Kamu mendapatkan informasi atau tawaran dari situs atau akun media sosial suatu Instansi pastikan situs atau media sosial tersebut resmi yang dipegang oleh Instansi tersebut. Karena kini banyak sekali situs atau media sosial bodong dengan mengatasnamakan Instansi. Agar tidak terjebak, Kamu dapat memastikan kembali kebenaran akun situs atau media sosial tersebut dengan mengecek di website resmi Instansi atau media sosial Instansi yang sudah centang biru atau verified.

6. Hubungi call center dari perusahaan tersebut

Apabila Kamu merasa tidak yakin atau curiga dengan kejadian tersebut segera hubungi call center resmi perusahaan tersebut. Jika kejadian tersebut mengatasnamakan Lakuemas disarankan untuk menghubungi di nomor (021) 21243873.

WASPADA, PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN LAKUEMAS!

ARTIKEL LAINNYA

Tips Padu Padan Outfit Dengan Men's Jewellery
Tuesday, 06 December 2022
Tips Padu Padan Outfit Dengan Men's Jewellery

Men’s jewellery semakin populer di kalangan pria yang ingin tampil gaya tanpa mengurangi sisi maskulin mereka. Lantas, bagaimana padu padan perhiasan emas yang tepat untuk pria?


LANJUTKAN
Cara Memaksimalkan Tabungan Yang Perlu Dipraktikkan
Monday, 05 December 2022
Cara Memaksimalkan Tabungan Yang Perlu Dipraktikkan

Sudah mau akhir tahun nih Lakufriends, gimana kondisi tabungan kamu ? Apa target tabungan kamu sudah jauh dari harapan ? Nah sebenarnya menabung bukan hanya untuk memastikan kesejahteraan kamu di masa depan, tapi juga berguna sebagai pegangan masa kini untuk berbagai kebutuhan yang tidak terduga.. Karena itu, yukl coba lebih disiplin lagi dan ikuti cara memaksimalkan tabungan berikut ini !


LANJUTKAN
CMK Resmikan Gerai Ke-100 Melalui The Palace Jeweler
Friday, 02 December 2022
CMK Resmikan Gerai Ke-100 Melalui The Palace Jeweler

Gerai baru di Surabaya ini juga menjadi bukti pencapaian CMK yang telah puluhan tahun berkiprah sebagai pelakuterdepan dalam industri ritel perhiasan Nusantara. Capaian ini uga menjadi sebuah capaian yang menjadi tolak ukur baru bagi pelaku-pelaku ritel perhiasan di Indonesia. Momentum yang juga menjadi tonggak sejarah baru ini pun menjadi sebuah roda penggerak bagi CMK untuk semakin berinovasidan berekspansi.


LANJUTKAN