29

September
2021

3 Fakta Menarik Tugu Monas Jakarta

3 Fakta Menarik Tugu Monas Jakarta

Pasti sudah tidak asing ya dengan bangunan ikonik satu ini? Yes betul, Monas! Monas atau Monumen Nasional ini menjadi salah satu bangunan yang mayoritas masyarakat di Indonesia sudah mengenalnya atau bahkan sudah pernah mengunjunginya. Memang tidak pernah sepi, apalagi ketika hari libur sekolah dan saat weekend. Areanya yang sangat luas membuat masyarakat bisa melakukan banyak hal, bahkan tak sedikit para pelaku pekerja wisata yang ada di sekitar Monas yang menawarkan jasanya seperti berfoto atau oleh-oleh khas Monas.

Nah dibalik itu semua, ternyata ada fakta-fakta menarik yang tersimpan dibalik tugu Monas ini. Yang pertama adalah mengenai rancangan bangunan yang memiliki arti. Tugu Monas dibangun tidak hanya sekedar bangunan tinggi yang menjadi pusat perhatian, namun sebenarnya tugu Monas ini melambangkan Lingga dan Yoni. Lingga adalah tiang tanda kelaki-lakian yang memiliki arti kesuburan dan Yoni adalah landasan obelisik yang memiliki arti perempuan yang feminism. Ide ini berasal dari Soekarno sendiri, dan Monas juga sering disandingkan dengan lambing alu dan lesung untuk menumbuk padi. Ukuran Monas melambangkan tanggal Kemerdekaan RI, yaitu tinggi pelataran cawan dari dasar 17 meter. Sedangkan rentang tinggi antara ruang museum sejarah ke dasar cawan adalah 8 meter. Luas pelataran yang berbentuk bujur sangkar berukuran 45x45 meter.

Yang kedua adalah, tugu Monas ini tidak sekedar tugu biasa. Fasilitas di area Monas kian ditingkatkan. Seperti yang disinggung di atas sebelumnya, area Monas kini menambah fasilitas hiburan seperti lapangan olah raga, air mancur menari, pujasera. Pengaturan keamanan dan pembersihan tugu pun rutin dilakukan. Jadilah Monas yang bukan hanya sekedar tugu, melainkan destinasi wisata andalan khususnya untuk warga Jakarta untuk berlibur dan menikmati ruang terbuka hijau di tengah pusat Jakarta.

Terakhir yang paling menarik adalah puncak tugu Monas. Ya Banyak orang yang menyangka bahwa pucuk yang ada di atas Monas adalah emas asli, ternyata tidak. Mengutip dari buku Tugu Nasional Laporan Pembangunan 1997, yang diterbitkan oleh Pelaksana pembina Tugu Nasional, Jumat (31/1/2020). Bagian atas yang terletak di puncak monas dinamakan Lidah api yang terletak di atas atap pelataran puncak, berbentuk kerucut setinggi 14 meter ini, seluruhnya terbuat dari perunggu seberat 14,5 ton dan terdiri dari 77 bagian yang disatukan. Seluruh permukaan luarnya dilapis emas murni (Gold Foiled).

Jadi Bagian yang ada di puncak monas bukan emas asli melainkan perunggu yang dilapisi oleh emas murni seberat 35kg ya Teman Lakuemas! Dalam rongga lidah api ini terdapat ruang mesin elevator yang juga dilindungi dengan sungkup untuk mencegah percikan air hujan yang datangnya dari celah-celah lidah api. Ketinggian sampai titik puncak lidah api adalah 132 meter dari halaman Tugu, sedangkan tinggi dari pelataran puncak ketitik puncak lidah api adalah 17 meter. Untuk menjaga keamanan terhadap gangguan petir, maka pada titik puncak lidah api ditempatkan tiang penangkal petir.

Wah keren kan Teman Lakuemas ? Ternyata tugu Monas Jakarta ini banyak menyimpan keunikan. Apalagi tentang puncak Monas yang kebanyakan masyarakat sekitar kita mengira itu terbuat dari emas, namun ternyata tidak. Bicara soal emas, pasti sudah tahu dong bahwa Lakuemas satu-satunya yang bisa menjamin emas tabungan kita adalah emas asli dan semuanya diback up di kantor pusat Lakuemas. Proses menabung yang super gampang membuat anti worry worry club deh ! kapan lagi nabung emas bisa dari 50.000 aja dan ditambah banyak promo. Teman Lakuemas bisa kunjungi website Lakuemas di www.lakuemas.com dan cobain cepatnya bertransaksi di aplikasi Lakuemas ! dijamin ga rugi dan jadi melek nabung sejak sekarang.

 

 Lakuemas! #CaraBaruBeliEmas

ARTIKEL LAINNYA

Mendorong Potensi Maksimum Emas Dengan Laku Simpan
Senin, 25 Oktober 2021
Mendorong Potensi Maksimum Emas Dengan Laku Simpan

Laku Simpan merupakan salah satu layanan Lakuemas untuk mengelola saldo simpanan emas milik User dalam jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh User dengan imbal hasil berupa sewa modal. Layanan ini ditujukan bagi User yang memiliki simpanan emas digital di Lakuemas dan ingin mendapatkan imbal hasil lebih berupa sewa modal selama menyimpan emas.


LANJUTKAN
Satuan Karat Dalam Emas,  Apa Arti Sesungguhnya ?
Kamis, 21 Oktober 2021
Satuan Karat Dalam Emas, Apa Arti Sesungguhnya ?

Emas dengan 24 karat biasanya merupakan produk emas batangan yang memang hanya cukup disimpan sebagai simpanan kekayaan atau investasi, dan bukan untuk "dipakai". Dengan membeli emas dan menyimpannya selama jangka waktu tertentu, kita bisa menjualnya kembali di waktu yang akan datang. Nah sudah temukan tempat terpercaya untuk investasi emas kamu ?


LANJUTKAN
Tips & Trik Menjual Emas Jaman Now
Rabu, 13 Oktober 2021
Tips & Trik Menjual Emas Jaman Now

Sebagai investor pemula, kalian juga tidak perlu ragu untuk selalu mencari informasi soal emas di aplikasi Lakuemas dan menggunakan fitur-fiturnya untuk kemudahan dalam berinvestasi. Kalian bisa update harga beli dan harga jual lewat aplikasi ataupun website Lakuemas. Dan di artikel kali ini ada beberapa tips mudah jual emas jaman now yang bisa kasih untung !


LANJUTKAN