29

September
2021

3 Fakta Menarik Tugu Monas Jakarta

3 Fakta Menarik Tugu Monas Jakarta

Pasti sudah tidak asing ya dengan bangunan ikonik satu ini? Yes betul, Monas! Monas atau Monumen Nasional ini menjadi salah satu bangunan yang mayoritas masyarakat di Indonesia sudah mengenalnya atau bahkan sudah pernah mengunjunginya. Memang tidak pernah sepi, apalagi ketika hari libur sekolah dan saat weekend. Areanya yang sangat luas membuat masyarakat bisa melakukan banyak hal, bahkan tak sedikit para pelaku pekerja wisata yang ada di sekitar Monas yang menawarkan jasanya seperti berfoto atau oleh-oleh khas Monas.

Nah dibalik itu semua, ternyata ada fakta-fakta menarik yang tersimpan dibalik tugu Monas ini. Yang pertama adalah mengenai rancangan bangunan yang memiliki arti. Tugu Monas dibangun tidak hanya sekedar bangunan tinggi yang menjadi pusat perhatian, namun sebenarnya tugu Monas ini melambangkan Lingga dan Yoni. Lingga adalah tiang tanda kelaki-lakian yang memiliki arti kesuburan dan Yoni adalah landasan obelisik yang memiliki arti perempuan yang feminism. Ide ini berasal dari Soekarno sendiri, dan Monas juga sering disandingkan dengan lambing alu dan lesung untuk menumbuk padi. Ukuran Monas melambangkan tanggal Kemerdekaan RI, yaitu tinggi pelataran cawan dari dasar 17 meter. Sedangkan rentang tinggi antara ruang museum sejarah ke dasar cawan adalah 8 meter. Luas pelataran yang berbentuk bujur sangkar berukuran 45x45 meter.

Yang kedua adalah, tugu Monas ini tidak sekedar tugu biasa. Fasilitas di area Monas kian ditingkatkan. Seperti yang disinggung di atas sebelumnya, area Monas kini menambah fasilitas hiburan seperti lapangan olah raga, air mancur menari, pujasera. Pengaturan keamanan dan pembersihan tugu pun rutin dilakukan. Jadilah Monas yang bukan hanya sekedar tugu, melainkan destinasi wisata andalan khususnya untuk warga Jakarta untuk berlibur dan menikmati ruang terbuka hijau di tengah pusat Jakarta.

Terakhir yang paling menarik adalah puncak tugu Monas. Ya Banyak orang yang menyangka bahwa pucuk yang ada di atas Monas adalah emas asli, ternyata tidak. Mengutip dari buku Tugu Nasional Laporan Pembangunan 1997, yang diterbitkan oleh Pelaksana pembina Tugu Nasional, Jumat (31/1/2020). Bagian atas yang terletak di puncak monas dinamakan Lidah api yang terletak di atas atap pelataran puncak, berbentuk kerucut setinggi 14 meter ini, seluruhnya terbuat dari perunggu seberat 14,5 ton dan terdiri dari 77 bagian yang disatukan. Seluruh permukaan luarnya dilapis emas murni (Gold Foiled).

Jadi Bagian yang ada di puncak monas bukan emas asli melainkan perunggu yang dilapisi oleh emas murni seberat 35kg ya Teman Lakuemas! Dalam rongga lidah api ini terdapat ruang mesin elevator yang juga dilindungi dengan sungkup untuk mencegah percikan air hujan yang datangnya dari celah-celah lidah api. Ketinggian sampai titik puncak lidah api adalah 132 meter dari halaman Tugu, sedangkan tinggi dari pelataran puncak ketitik puncak lidah api adalah 17 meter. Untuk menjaga keamanan terhadap gangguan petir, maka pada titik puncak lidah api ditempatkan tiang penangkal petir.

Wah keren kan Teman Lakuemas ? Ternyata tugu Monas Jakarta ini banyak menyimpan keunikan. Apalagi tentang puncak Monas yang kebanyakan masyarakat sekitar kita mengira itu terbuat dari emas, namun ternyata tidak. Bicara soal emas, pasti sudah tahu dong bahwa Lakuemas satu-satunya yang bisa menjamin emas tabungan kita adalah emas asli dan semuanya diback up di kantor pusat Lakuemas. Proses menabung yang super gampang membuat anti worry worry club deh ! kapan lagi nabung emas bisa dari 50.000 aja dan ditambah banyak promo. Teman Lakuemas bisa kunjungi website Lakuemas di www.lakuemas.com dan cobain cepatnya bertransaksi di aplikasi Lakuemas ! dijamin ga rugi dan jadi melek nabung sejak sekarang.

 

 Lakuemas! #CaraBaruBeliEmas

ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Rabu, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN