24

Juni
2024

Tips Gen-Z Raih Financial Freedom !

Tips Gen-Z Raih Financial Freedom !

Kebebasan finansial atau merdeka finansial dapat dijelaskan sebagai keadaan di mana seseorang tidak memiliki kewajiban utang, memperoleh pendapatan pasif yang mencukupi untuk kehidupan, memiliki perlindungan finansial terhadap segala risiko, serta tidak merasa khawatir saat mengeluarkan uang untuk bersenang-senang (Humas, 2023). Kebebasan finansial seringkali diartikan sebagai suatu istilah yang klise dan tidak dapat diwujudkan karena memang merealisasikan kebebasan finansial perlu perencanaan yang baik dan matang.  


Sebenaranya ada beberapa tahapan bagi seorang Generasi Z dapat mencapai kemandirian finansial, yaitu :

  1. Pertama adalah individu masih bergantung pada pihak lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

  2. Kedua adalah tahap solvabilitas, di mana seseorang mulai memiliki pemasukan karena telah memasuki dunia kerja. 

  3. Ketiga adalah fase stabilitas, yang menandai kestabilan keuangan individu. Di tahap ini, pendapatan lebih tinggi diterima, dan kemampuan menabung meningkat dengan adanya dana darurat yang mencukupi serta perlindungan asuransi kesehatan. 

  4. Keempat, seseorang terbebas dari segala bentuk utang. 

  5. Kelima mencakup fase keamanan, di mana investasi telah memberikan penghasilan pasif setara dengan pengeluaran dasar. 

  6. Keenam, yaitu fase kemerdekaan finansial, penghasilan pasif dari investasi sudah mampu mencukupi kebutuhan dasar bahkan keinginan seseorang.


Kemerdekaan finansial tentu memerlukan tekad dan motivasi yang kuat dalam menjaga arus kas positif. Kesalahan pertama adalah tidak pernah menabung karena berpikir itu bisa dilakukan nanti. Padahal menabung adalah hal baik yang perlu disegerakan agar disaat kondisi ekonomi berjalan tak pasti, kita bisa menghadapinya. Kedua, kebiasaan belanja impulsif dan mudah tergoda dengan promo dan hati-hati dengan paylater ya LakuFriends, karena ketika kita tidak bisa membayarnya kembali akan membuat kita kesulitan. 

Realita dari apa yang dihadapi Generasi Z memang tidak mudah, namun mencapai kebebasan finansial memerlukan perencanaan yang matang. Menyisihkan uang untuk dana darurat juga penting agar siap digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan dan karena seringkali rencana juga bisa saja tidak berjalan sesuai keinginan. 

Namun jangan khawatir, karena LakuFriends bisa coba untuk berinvestasi. Pilihan aset investasi yang tersedia untuk mencapai kebebasan finansial pun sangat beragam, begitu pula dengan risikonya. Ada satu investasi yang sudah terbukti aman untuk semua kalangan dan dengan resiko rendah yaitu emas. Sekalipun harganya berubah dengan cepat, komoditas emas memiliki kenaikan harga yang konsisten. Ada dua cara dalam membeli emas, yaitu emas batangan dan emas digital yang memiliki kemurnian 99,9%. Emas digital dapat dibeli secara online dan disimpan pada tabungan digital dan pada genggaman. Salah satu platform yang menyediakan fitur jual-beli emas digital adalah LAKUEMAS. LAKUEMAS adalah platform jual beli emas pertama di Indonesia yang dapat diakses melalui website, dan aplikasi mobile serta didukung toko-toko offline di berbagai mal besar Indonesia yang tergabung pada PT. Central Mega Kencana Group. LAKUEMASVsudah terdaftar secara resmi pada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).


Jadi masih ingin menunda untuk mencapai kebebasan finansial ?

Jangan tunda lagi, sekarang waktunya !

Download aplikasi LAKUEMAS yang akan membantumu jadi #PartnerInvestasiEmas terbaikmu.




cr: Jo Rio Yang - LAKUEMAS Campus Ambassador

ARTIKEL LAINNYA

TO THE MOON ! waktunya jual ?
Jumat, 18 Oktober 2024
TO THE MOON ! waktunya jual ?

Menembus level tertinggi, membuat emas spot (XAU/USD) terus bergerak positif selama sepekan tanpa koreksi setelah data-data yang menunjukan soft landing mengenai keputusan suku bunga. Harga emas yang tinggi cepat-cepat membuat banyak orang berfikir untuk menjualnya, eits tahan dulu, yuk simak selengkapnya disini.


LANJUTKAN
Aset SAFE HAVEN, Emas Salah Satunya ?
Rabu, 16 Oktober 2024
Aset SAFE HAVEN, Emas Salah Satunya ?

Safe haven sendiri adalah aset yang diharapkan nilainya tetap atau meningkat walaupun pasar tidak stabil atau bergejolak. Safe haven dicari oleh para investor untuk menghindari aset mereka mengalami kerugian ketika terjadi penurunan pasar atau krisis keuangan.


LANJUTKAN
LAKUEMAS UPDATE NEWS
Selasa, 24 September 2024
LAKUEMAS UPDATE NEWS

Kepada Yth Bapak/Ibu LakuFriends terhormat, Dengan ini kami sampaikan kabar terbaru di LAKUEMAS bahwa dalam upaya untuk terus memperkuat kinerja dan pertumbuhan perusahaan, kami informasikan mulai 6 September 2024, Bapak Edy Setiawan (CEO LAKUEMAS) secara resmi mengambil alih langsung peran pengawasan serta pelaksanaan fungsi operasional perusahaan.


LANJUTKAN