04

Agustus
2023

Tips Menghindari Investasi Emas Palsu

Tips Menghindari Investasi Emas Palsu

Lakufriends, emas terus memberi kesan baik hingga saat ini dan masih menjadi komoditas populer untuk investasi. Tanpa disadari emas pun dianggap sebagai penanda kekayaan dan kehormatan seseorang loh. Emas yang juga gampang dijual lagi karena harganya yang kecenderungan naik, membuat pesona emas tidak pernah berhenti diminati.

Investasi emas bisa dilakukan bukan hanya secara konvensional, tetapi juga online. Namun banyaknya permintaan terhadap emas, membuat investasi ini menggiurkan bagi pelaku kejahatan. Mereka menipu korban agar tertarik berinvestasi emas, namun palsu.


Berikut ini adalah jurus para penipu investasi emas dalam merayu calon korbannya:

1. Keuntungan Besar, Tanpa Risiko, Waktu Singkat

Yang namanya investasi pasti ada risikonya, walaupun tingkat risiko rendah atau kecil. Tetapi investasi emas bodong biasanya menawarkan keuntungan besar dalam waktu singkat tanpa risiko. Misalnya keuntungan 30% dalam sebulan. Jika sudah diberi iming-iming seperti itu lebih baik Lakufriends patut waspada. Karena, untuk memperoleh cuan besar umumnya investor harus berinvestasi dalam jangka panjang. Keuntungan yang wajar sekitar 12%, itupun per tahun. Jadi, jangan mudah tergiur dengan janji manis keuntungan besar dalam waktu singkat. 


2. Menawarkan Beragam Paket Investasi

Tipu daya pelaku kejahatan yang lainnya adalah dengan menawarkan ragam paket investasi yang cukup membingungkan calon investor. Oleh karena itu, sebelum memutuskan berinvestasi, Anda perlu mengumpulkan informasi mengenai jenis emas, harga emas saat itu, dan keuntungan yang wajar pada investasi emas. 


3. Menggunakan Skema Money Game

Selayaknya cara kerja MLM, investasi emas bodong akan menggunakan skema piramida atau money game untuk memperdaya calon investor. Kalau Anda berhasil menarik anggota baru, Anda akan memperoleh komisi atau fee. Semakin banyak orang yang direkrut, makin besar pula keuntungan yang didapat. Faktanya cara ini menjadi yang paling sukses untuk memikat calon investor. Mungkin sekali dua kali benar seperti yang dijanjikan, tetapi lama-lama baru terlihat memberi kerugian.


4. Uang Muka Pengaruhi Keuntungan

Banyak oknum investasi emas palsu membujuk calon investor menyetor uang muka atau DP sebanyak mungkin. Tentunya hal ini dibarengi juga dengan rayuan bahwa investor akan memperoleh keuntungan yang besar pula. Kalau modal ditambah terus, maka keuntungan ikut bertambah. Ini modus penipuan yang seharusnya dapat Lakufriends kenali. Jangan pernah terpedaya janji manis pelaku kejahatan. 


5. Izin Usaha Abu-abu

Ini juga penting untuk diketahui nih Lakufriends. Ketika ingin berinvestasi, Anda harus tahu legalitas perusahaan atau individu yang menjual produk investasi, termasuk emas. Pastikan perusahaan tersebut terdaftar secara resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Jika masih abu-abu atau tidak jelas, bahkan tidak mampu menunjukkan legalitasnya, sudah pasti itu perusahaan investasi emas bodong. Sebelum berinvestasi, pastikan cek nama perusahaan di website OJK maupun Bappebti. Jangan mudah tergoda dan tetap kritis terhadap rayuan atau informasi yang terlihat menggiurkan. Kita harus mencari tahu dulu sebelum menaruh dana, berapapun nominalnya. Jangan sampai terjerat investasi emas palsu.


Jangan khawatir Lakufriends, di Lakuemas kamu sudah bisa berinvestasi dengan aman dan tenang. Karena kami sudah berizin Bappebti dan pastinya akan terus berusaha mengembangkan fitur-fitur terbaik agar Lakufriends bisa menikmatinya sampai kapan pun. Ikuti terus update di seluruh sosial media Lakuemas, jangan lupa follow supaya tidak ketinggalan info terbaru! Dan untuk warga Surabaya, yuk ketemu Lakusquad di Semarak Kemilau Perhiasan Lakuemas x The Palace Surabaya. Ada promo menarik yang bisa kamu nikmati, spesial juga beli di aplikasi Blibli kamu bisa langsung ambil pesanannya di Booth Lakuemas! Berlokasi di Tunjungan Plaza TP3 depan store Uniqlo, hadir sampai tanggal 13 Agustus 2023.


See you yaa !

ARTIKEL LAINNYA

Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !
Jumat, 02 Februari 2024
Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !

Tau nggak sih memulai investasi dari sedini mungkin banyak sekali keuntungannya terutama untuk kehidupan finansial masa depan kamu nanti. Jadi nggak ada salahnya untuk mulai belajar investasi dari hari ini, karena investasi adalah suatu cara untuk membuat kondisi finansialmu lebih baik. Simak yuk artikel lengkapnya mengenai manfaat investasi di usia muda!


LANJUTKAN
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu
Kamis, 25 Januari 2024
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu

Hai LakuFriends transaksi secara digital saat ini marak penggunaannya dikarenakan lebih mudah dan efisien. Hal ini menyebabkan meningkatnya transaksi digital di Indonesia salah satunya adalah pembayaran menggunakan kartu kredit secara digital, dimana pemilik kartu kredit harus memasukkan data informasi kartu kredit ke dalam aplikasi atau e-commerce untuk membayar. Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan nih LakuFriends, simak artikel berikut yuk !


LANJUTKAN
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?
Kamis, 11 Januari 2024
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?

Suatu aset dikatakan safe haven adalah ketika terjadi gejolak atau ketidakpastian dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan atau tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya. Tak jarang juga kita mendengar bahwa sejumlah investor senang mengumpulkan aset safe haven. Dan salah satu komoditas yang sering disebut-sebut sebagai aset safe haven akan kita bahas dalam artikel kali ini !


LANJUTKAN