18

Maret
2024

Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Berikut tipsnya!




1. Siapkan dana darurat

Pastikan 20 persen dari dana untuk investasi dialokasikan untuk dana darurat yang disimpan pada instrumen yang sangat likuid dan disiplin mempersiapkannya. Semakin besar proporsinya maka akan semakin siap kalian dalam memenuhi kebutuhan di tengah kondisi ekonomi.

2. Kurangi beban pengeluaran keluarga

Mulailah untuk mengurangi dan tidak menambah beban-beban pengeluaran seperti utang. Jika memungkinkan segera lunasi. Jangan anggap enteng karena meskipun hanya dari kartu kredit kamu tidak akan tahu kondisi keuanganmu ketika gejolak ekonomi menerpa.

3. Lihat portofolio investasimu

Jika kondisi pasar global sudah mulai menurun maka segeralah atur ulang portofolio investasimu ke dalam bentuk yang lebih aman seperti emas.


4. Hidup sederhana

Hiduplah dengan sewajarnya. Tetap lakukan konsumsi seperti biasa karena ini bisa membantu ekonomi tetap tumbuh. Karena konsumsi masyarakat berperan besar pada pertumbuhan ekonomi kita. Namun kamu juga tetap perlu untuk menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi meski tetap mendahulukan kebutuhan. Kurangi pembelian-pembelian yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan, apalagi sifatnya hanya kesenangan jangka pendek.

5. Ikuti perkembangan ekonomi

Cermati perkembangan kondisi ekonomi terbaru dan mulailah memanfaatkan peluang di sekitarmu yang dapat bernilai ekonomi. Jangan ragu untuk usaha kecil-kecilan jika dirasa kondisi keuanganmu masih lemah.

 

Tetap optimis LakuFriends, karena situasi seperti ini adalah bagian dari siklus bisnis atau ekonomi. Kita harus mampu melewati dan melakukan recovery.

ARTIKEL LAINNYA

Investasi Emas Digital: Trend Baru yang Perlu Kamu Tahu
Selasa, 28 Mei 2024
Investasi Emas Digital: Trend Baru yang Perlu Kamu Tahu

Para pengamat emas menunggu rilisnya angka inflasi AS pada 31 Mei 2024. Jika angka inflasi AS lebih rendah dari perkiraan atau bahkan mengalami penurunan dari data sebelumnya, dapat dipastikan emas mengalami pantulan lebih tinggi dari level hari ini. Sebaliknya jika angka inflasi AS mengalami peningkatan emas dapat megalami koreksi pada support US$2300 dan konfirmasi perubahan tren naik menjadi sideways menjadi nyata !


LANJUTKAN
INFORMASI DORMANT
Selasa, 07 Mei 2024
INFORMASI DORMANT

Hai LakuFriends, dengan penuh hormat, kami ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Anda dalam menggunakan Aplikasi LAKU EMAS untuk bertransaksi dan berinvestasi dalam emas. Sebagai bagian dari layanan kami, kami ingin memberikan penjelasan mengenai biaya dormant yang mungkin Anda temui dalam penggunaan aplikasi ini. Yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut:


LANJUTKAN
Naik Tipis Bikin Untung ?
Jumat, 03 Mei 2024
Naik Tipis Bikin Untung ?

Penguatan dolar yang mendekati level tertinggi dalam lima bulan terakhir juga membuat harga logam tersudutkan. Emas yang mengincar dukungan ke $2.300, kemudian muncul isyarat suku bunga lebih lanjut - membuatnya hampir menembus di bawah level support $2.300 per troy ounce dan dapat menandakan koreksi jangka pendek bagi emas. Jadi apakah akan menguntungkan untuk kita di masa depan ? Cek di artikel berikut ini


LANJUTKAN