06

Mei
2021

Tiga Dampak Penemuan Emas di California

Tiga Dampak Penemuan Emas di California

Seperti yang kita tahu emas sedari dulu sudah menjadi komoditas penting untuk masyarakat luas. Maka itu, jika tiba-tiba ditemukan satu tempat yang kaya akan emas apa yang akan terjadi ya?

Hal ini pernah terjadi pada 24 Januari tahun 1848, di California. Ketika James Wilson Marshall, seorang tukang kayu, menemukan serpihan-serpihan emas di pegunungan Sierra Nevada dekat Coloma, California ketika bekerja di penggilingan kayu milik John Sutter. Hal ini menjadi sebuah fenomena yang mengagetkan khususnya James yang menemukannya secara langsung. Efek dari penemuan ini pun berdampak cukup besar, diantaranya:

 

1. Gold Fever

Berita pertama muncul pada pertengahan Maret 1848, ketika surat kabar sudah melaporkan tentang penemuan James Marshall ini. Hingga pertengahan Juni, penambang terus bermunculan dari San Fransisco. Para penambang ini bahkan berhasil menambang sampai 750.000 Pound atau setara dengan 340194 Kg emas di masa California Gold Rush ini.

 

2. 49ers datang ke California

Sepanjang tahun 1849, orang-orang di seluruh Amerika Serikat (kebanyakan pria) meminjam uang, menggadaikan properti mereka, atau menghabiskan tabungan seumur hidup mereka untuk melakukan perjalanan yang sulit ke California. Ribuan calon penambang emas, yang dikenal sebagai '49ers, melakukan perjalanan darat melintasi pegunungan dan laut, berlayar ke Panama dan atau bahkan pergi ke sekitar Cape Horn, titik paling selatan Amerika Selatan.

 

Pada akhir tahun 1849, populasi non-pribumi California diperkirakan mencapai 100.000, (dibandingkan dengan akhir tahun 1848 dan sekitar 800 pada bulan Maret 1848). Untuk mengakomodasi kebutuhan '49ers, kota-kota pertambangan emas bermunculan di seluruh wilayah California, lengkap dengan toko-toko, salon, rumah bordil dan bisnis lainnya.

 

3. Dampak lingkungan California

Metode penambangan baru dan ledakan populasi setelah Demam Emas California ini secara permanen mengubah California. Teknik penambangan hidrolik, yang dikembangkan pada tahun 1853, menghasilkan keuntungan yang sangat besar tetapi menghancurkan sebagian besar wilayah alam tersebut. Bendungan yang dirancang untuk memasok air ke lokasi tambang di musim panas mengubah aliran sungai menjauh dari lahan pertanian, sementara sedimen dari tambang menyumbat yang lain.

 

Efek dan dampak yang diakibatkan dari penemuan emas tersebut begitu besar, keinginan orang untuk memiliki emas dengan rela bersusah payah, melakukan perjalanan jauh kemudian menambang emas dalam waktu yang tidak sebentar. Belum lagi jika harus berebut tempat dan waktu dengan banyaknya orang yang datang menjelajah dan menginginkan hal yang sama.

 

Kini, kita tidak perlu menambang atau bepergian jauh untuk mendapatkan emas. Karena cukup dari rumah kita sudah dapat memiliki aset emas sendiri!


Yuk mulai menabung emas di Lakuemas, Cara Baru Beli Emas.

ARTIKEL LAINNYA

Penemuan Bongkahan Emas Terbesar di Dunia
Selasa, 15 Juni 2021
Penemuan Bongkahan Emas Terbesar di Dunia

Di dunia, aktivitas penambangan sudah ada sejak 6.000 tahun lalu. Akan tetapi, sebenarnya manusia pada zaman Paleolitik telah melakukan penambangan batu hematit (FE3O4¬) untuk membuat pigmen pewarna merah. Sedangkan aktivitas penambangan logam, terutama emas dimulai sekitar 4.000 tahun lalu dengan metode tambang bawah tanah.


LANJUTKAN
Cara Mengetahui Emas KW Agar Tidak Tertipu
Rabu, 09 Juni 2021
Cara Mengetahui Emas KW Agar Tidak Tertipu

Namun bagi kamu yang baru akan memulai menabung dengan pilihan instrumen ini, ada baiknya memperhatikan beberapa hal atau cara dibawah ini untuk mengetahui emas tersebut asli atau KW agar tidak tertipu.


LANJUTKAN
Kripto & Emas, Mana yang Lebih Juara ?
Kamis, 27 Mei 2021
Kripto & Emas, Mana yang Lebih Juara ?

mas dapat dibilang juaranya aset investasi, yang paling tepat karena selalu konsisten menunjukkan tren positif dalam jangka panjang. Nilai emas tidak mudah naik-turun dan cenderung minim risiko dibandingkan instrumen lainnya. Dan sekarang merupakan momen baik kita untuk mulai beli emas sebelum harga melambung tinggi, jangan khawatir di Lakuemas selalu up to date harganya ! secara realtime akan diinfokan bahkan kita tidak perlu membuka aplikasinya.


LANJUTKAN