06

Mei
2021

Tiga Dampak Penemuan Emas di California

Tiga Dampak Penemuan Emas di California

Seperti yang kita tahu emas sedari dulu sudah menjadi komoditas penting untuk masyarakat luas. Maka itu, jika tiba-tiba ditemukan satu tempat yang kaya akan emas apa yang akan terjadi ya?

Hal ini pernah terjadi pada 24 Januari tahun 1848, di California. Ketika James Wilson Marshall, seorang tukang kayu, menemukan serpihan-serpihan emas di pegunungan Sierra Nevada dekat Coloma, California ketika bekerja di penggilingan kayu milik John Sutter. Hal ini menjadi sebuah fenomena yang mengagetkan khususnya James yang menemukannya secara langsung. Efek dari penemuan ini pun berdampak cukup besar, diantaranya:

 

1. Gold Fever

Berita pertama muncul pada pertengahan Maret 1848, ketika surat kabar sudah melaporkan tentang penemuan James Marshall ini. Hingga pertengahan Juni, penambang terus bermunculan dari San Fransisco. Para penambang ini bahkan berhasil menambang sampai 750.000 Pound atau setara dengan 340194 Kg emas di masa California Gold Rush ini.

 

2. 49ers datang ke California

Sepanjang tahun 1849, orang-orang di seluruh Amerika Serikat (kebanyakan pria) meminjam uang, menggadaikan properti mereka, atau menghabiskan tabungan seumur hidup mereka untuk melakukan perjalanan yang sulit ke California. Ribuan calon penambang emas, yang dikenal sebagai '49ers, melakukan perjalanan darat melintasi pegunungan dan laut, berlayar ke Panama dan atau bahkan pergi ke sekitar Cape Horn, titik paling selatan Amerika Selatan.

 

Pada akhir tahun 1849, populasi non-pribumi California diperkirakan mencapai 100.000, (dibandingkan dengan akhir tahun 1848 dan sekitar 800 pada bulan Maret 1848). Untuk mengakomodasi kebutuhan '49ers, kota-kota pertambangan emas bermunculan di seluruh wilayah California, lengkap dengan toko-toko, salon, rumah bordil dan bisnis lainnya.

 

3. Dampak lingkungan California

Metode penambangan baru dan ledakan populasi setelah Demam Emas California ini secara permanen mengubah California. Teknik penambangan hidrolik, yang dikembangkan pada tahun 1853, menghasilkan keuntungan yang sangat besar tetapi menghancurkan sebagian besar wilayah alam tersebut. Bendungan yang dirancang untuk memasok air ke lokasi tambang di musim panas mengubah aliran sungai menjauh dari lahan pertanian, sementara sedimen dari tambang menyumbat yang lain.

 

Efek dan dampak yang diakibatkan dari penemuan emas tersebut begitu besar, keinginan orang untuk memiliki emas dengan rela bersusah payah, melakukan perjalanan jauh kemudian menambang emas dalam waktu yang tidak sebentar. Belum lagi jika harus berebut tempat dan waktu dengan banyaknya orang yang datang menjelajah dan menginginkan hal yang sama.

 

Kini, kita tidak perlu menambang atau bepergian jauh untuk mendapatkan emas. Karena cukup dari rumah kita sudah dapat memiliki aset emas sendiri!


Yuk mulai menabung emas di Lakuemas, Cara Baru Beli Emas.

ARTIKEL LAINNYA

Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN
CETAK REKOR BARU !
Kamis, 14 Maret 2024
CETAK REKOR BARU !

Powell mengatakan The Fed "tidak jauh" dari mendapatkan keyakinan yang cukup bahwa inflasi sedang menuju target 2% yang ditetapkan The Fed untuk dapat memulai penurunan suku bunga. Para pedagang sekarang memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 74% nantinya pada bulan Juni, dibandingkan sekitar 63% pada tanggal 29 Februari, menurut Fedwatch Tool CME. Namun taruhan penurunan suku bunga mendorong harga emas, simak berita selengkapnya !


LANJUTKAN