13

April
2023

The Fed Berencana Menaikkan Suku Bunga: Siap-siap Beli Emas

The Fed Berencana Menaikkan Suku Bunga: Siap-siap Beli Emas

Presiden Bank Federal Reserve Philadelphia Patrick Harker mengatakan bahwa dia merasa bank sentral AS akan segera selesai menaikkan suku bunga, setahun setelah pengetatan kebijakan moneter tercepat sejak 1980-an (Selasa, 11/04/23). Harker menyatakan bahwa ia ingin suku bunga naik ke 5% dan kemudian menetap tidak berubah. Menurutnya, hal ini penting untuk memperkuat kembali kredibilitas bank sentral dalam mempertahankan stabilitas harga. Namun, Harker juga menyadari bahwa kebijakan suku bunga harus disesuaikan dengan kondisi ekonomi saat ini. Ia berharap Federal Reserve dapat mempertahankan fleksibilitas dalam membuat keputusan dan menyesuaikan kebijakan dengan cepat jika terjadi perubahan kondisi ekonomi.


Fluktuasi suku bunga memiliki pengaruh yang kuat bagi perekonomian Indonesia, khususnya suku bunga AS.  Kenaikan suku bunga dapat meningkatkan minat investor untuk menanamkan modal di negara tersebut, sehingga meningkatkan permintaan terhadap mata uang AS dan menguatkan nilai tukar AS. Hal ini bisa terlihat pada nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS yang turun drastis pada kurun waktu yang sama.


Kenaikan suku bunga dapat mempengaruhi kondisi ekonomi dalam beberapa cara. Salah satu pengaruh suku bunga naik terhadap kondisi ekonomi adalah akan mengurangnya pertumbuhan ekonomi. Hal ini disebabkan kenaikan suku bunga dapat membuat konsumen dan bisnis enggan untuk meminjam dan berinvestasi. Hal ini dapat mengurangi permintaan dan pertumbuhan ekonomi. Saat suku bunga meningkat, masyarakat yang sudah memiliki KPR akan dihadapkan pada beban pembayaran bunga lebih tinggi (tergantung skema bunga yang diterapkan). Oleh sebab itu, jika peningkatan bunga tersebut terlalu tinggi, maka dapat memunculkan masalah baru, yakni kredit macet massal dimana para nasabah KPR dapat memilih berhenti bayar KPR dan membiarkan rumahnya diambil alih oleh pihak bank. 


Di sisi lain, kenaikan suku bunga dapat membantu menurunkan inflasi. Kenaikan suku bunga dapat menurunkan inflasi karena mengurangi pengeluaran konsumen dan bisnis, sehingga mengurangi tekanan pada harga. Dengan menaikkan suku bunga acuan, bunga deposito dan imbal hasil surat berharga akan naik. Dengan demikian diharapkan masyarakat lebih memilih untuk menempatkan uangnya di bank dari pada menggunakannya untuk konsumsi pribadi. Imbasnya, peredaran uang berkurang dan permintaan terhadap barang menurun.  Saat permintaan barang berkurang, harga akan cenderung turun pula. Pada akhirnya, hal ini dapat menyebabkan tingkat inflasi bisa menurun.


Kebijakan moneter yang diambil bank sentral AS (The Fed) akan mempengaruhi harga emas pula. Jika The Fed menaikkan suku bunga, emas berpotensi turun harganya sebab dolar menjadi pilihan investasi yang lebih menarik. Sebaliknya, ketika The Fed menurunkan suku bunga, harga emas berpotensi naik. Namun, investor emas akan melihat kesempatan ini sebagai kesempatan yang baik untuk menambah aset emasnya dengan membeli emas pada harga yang lebih murah.

ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Wednesday, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Tuesday, 26 March 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Monday, 18 March 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN