28

September
2020

Tempat Menyimpan Emas yang Aman

Tempat Menyimpan Emas yang Aman

Logam mulia memiliki nilai yang berharga sehingga tidak hanya bisa dijadikan perhiasan, tetapi juga sebagai penyimpan kekayaan. Sejarah mencatat bahwa emas telah memainkan peranan sangat penting di sektor ekonomi berbagai negara.

Emas juga masih termasuk dalam suatu investasi kuat dan memiliki jangka waktu lama. Selain itu, emas bisa menjadi sebuah portofolio tambahan berharga khususnya saat kondisi pasar keuangan memburuk.

Memiliki emas sebagai investasi bisa memberikan keuntungan, karena harganya yang cenderung stabil dan mudah diterima di mana saja. Akan tetapi, ada risiko dalam hal penyimpanan, sebab emas yang ukurannya kecil bisa saja hilang atau mudah dicuri.

Bagaimana cara menyimpan emas yang aman? Berikut beberapa tempat yang biasa dijadikan penyimpanan emas.

1. Rumah

Menyimpan emas di rumah adalah cara paling murah dan mudah karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya dan bisa kapan saja memeriksa simpanan emas ini. Namun, perlu diingat risiko pencurian, karena itu meski di dalam rumah kita pun tidak bisa menyimpannya sembarangan.

Lemari dalam kamar bisa jadi tempat pertama yang terpikirkan. Tetapi ingat, bila seandainya ada maling masuk, tentu hal pertama yang mereka cari adalah lemari berkunci. Maka, kita bisa mencari tempat yang tidak terpikirkan untuk menyembunyikan emas.

2. Brankas

Sesuai dengan fungsinya, brankas dengan kode rahasia bisa jadi tempat yang baik untuk menyimpan emas. Kita bisa menaruh brankas ini di rumah ataupun di kantor kita. Brankas yang biasanya terbuat dari baja bisa melindungi emas dari bahaya kebakaran dan banjir. Brankas baja juga lebih aman karena sulit dibobol pencuri.

3. Safe Deposit Box

Safe Deposit Box (SDB) adalah layanan penyimpanan barang berharga dalam sebuah kotak berpengaman yang biasanya disediakan oleh bank-bank besar. SDB biasanya disewakan per tahun dengan harga yang bervariasi, tergantung ukuran kotak dan kebijakan masing-masing bank.

Cara ini cocok diterapkan untuk investor yang memiliki persediaan emas dalam jumlah relatif besar atau bernilai mahal. Biaya penyimpanan emas di SDB tergolong mahal, sehingga kurang sesuai untuk menyimpan emas berukuran kecil.

4. Pegadaian

Kebanyakan orang berpikir layanan pegadaian hanya untuk mereka yang butuh uang (BU) cepat dengan menggadaikan barang untuk dapat uang tunai. Kita perlu tahu, pegadaian juga melayani penitipan emas, asal kita membayar biaya titip dan administrasi.

Nah, selain tempat diatas, Teman Lakuemas juga bisa menitipkan emas di brankasnya Lakuemas yang ada di kantor pusat Lakuemas di Synthesis Square, Gatot Subroto. Jika ingin menitipkan emas, Teman Lakuemas bisa menggunakan fitur Laku Titipan yang ada di aplikasi Lakuemas. Saat ini, biaya penyimpanan emas di Lakuemas masih gratis dan minimum penitipan emas adalah 10 gram.

Dengan Lakuemas, membeli emas jadi lebih cepat dan mudah, karena bisa dilakukan secara online. Saatnya menabung cukup dari rumah tanpa ribet.

Lakuemas, Cara Baru Beli Emas

ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Wednesday, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Tuesday, 26 March 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Monday, 18 March 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN