29

December
2021

Tahu Nggak Sih Ada Istana Yang Berlapis Emas Sebesar 3.000 Kg Loh!

Tahu Nggak Sih Ada Istana Yang Berlapis Emas Sebesar 3.000 Kg Loh!

Hai diartikel kali ini pengen tanya nih, tahu kah kamu bahwa istana merupakan representative paling nyata dari kemegahan sebuah dinasti atau kerajaan? Semakin megah istana yang dimiliki, maka akan semakin besar pula gambar kekuasaan yang terlihat. Salah satu contoh yang dapat kita lihat adalah Instana Potala yang terletak di Bukit Merah di pusat kota Lhasa Daerah Otonom Tibet, Tiongkok. Istana Potala adalah pusat kegiatan politik, agama, serta tempat tinggal Dalai Lama Tibet dari masa ke masa. Istana tersebut juga merupakan bangunan bertingkat yang paling megah dan besar yang ada di Tibet sampai saat ini. Istana  yang megah tersebut dibangun mengikuti topografi bukit dan dijuluki “mutiara di atap dunia”. Istana ini sendiri terdiri dari Instana Putih di bagian timur sebagian tempat tinggal Dalai Lama, Istana Merah di bagian tengah yang merupakan balairung pemujaan Buddha dan pagoda persemayaman arwah Dalai Lama serta rumah biksu di bagian barat.

Di depan Istana Merah terdapat sebuah tembok putih yang tinggi, tempat menggantungkan permadani besar bergambar Buddha pada hari raya agama. Istana Merah adalah bagian utama Istana Potala, dimana terdapat balai pagoda arway Dalai Lama berbagai zaman dan berbagai ruang pemujaan Buddha. Nah, diantaranya yang paling indah adalah balai pagoda arwah Dalai Lama V Losan Jiacuo. Tinggi pagoda tersebut mencapai 15 meter! Jenazah Dalai Lama V disimpan dalam pagoda tersebut setelah diawetkan dengan bahan pewangi dan bahan pengawet lainnya.  

Pagoda itu dilapisi emas sebanyak 3,724 kilogram loh dan bertahtakan lebih dari 15 ribu intan, zamrud, mutiara, giok, dan batu akik yang mahal. Pada alas pagoda diletakkan berbagai alat untuk upacara sembahyang. Dikutip dari laman Sacrd Destinations, Senin (02/01/2012), Balairung Barat adalah ruangan pagoda arwah Dalai Lama V, yang merupakan balairung terbesar di Istana Megah, yang mana di dalamnya terdapat 48 tiang kayu yang besar, setinggi 6 meter.

Di Balairung Barat terdapat patung-patung Buddha, serta binatang-binatang seperti singa dan gajah yang terbuat dari kayu. Pada tahun 1994, Instana Potala dicantumkan dalam daftar Warisan Alam dan Kebudayaan Dunia UNESCO. Tembok istana terbuat dari batu granit yang palint tebal mencapai 5 meter. Dasar tembok berisi lapisan batu, di dalam tembok luar diisi cairan besi untuk meningkatkan keutuhan seluruh bangunan dan daya tahan terhadap gempa bumi. Sedangkan diatasnya dilengkapi dengan hiasan yang terbuat dari emas untuk penangkal petir.

Menurut catatan, Istana Potala mulai dibangun pada masa berkuasanya Songstan Gambo Dinasti Tibet abad ke-7 masehi, yang mana merupakan pusat politik pada masa itu. Pada tahun 1645, Istana Potala dibangun kembali oleh Dalai Lama Ke-5. Proyek utama pembangunan kembali istana itu memakan waktu kira-kira 50 tahun. Kemudian pembangunan dilanjutkan dengan memakan waktu 300 tahun. Meskipun bangunan-bangunan di Istana Potala dibangun pada masa yang berbeda, tapi seluruh bangunan istana tampak sangat megah dan selaras dengan memanfaatkan topografi bukit, sehingga mencapai taraf sangat tinggi dalam estetika seni bangunan. Istana Potala adalah karya representative arsitektur etnis Tibet yang cemerlang, juga merupakan salah satu bangunan zaman kuno yang paling terkenal di Tiongkok.

 Begitu banyak sejarah kuno yang terselip tentang emas dan penggunaannya untuk kemegahan suatu istana jaman dulu dan mulai mencuat kembali. Membaca sejarah yang dikemas menjadi artikel singkat ini semoga bisa memberi kesegaran baru dalam mengenal sejarah dan menambah pengetahuan tentang emas untuk teman-teman yang membaca ya ! Ikuti terus update artikel Gold Digest setiap minggunya di www.lakuemas.com atau download aplikasi Lakuemas di Apps Store atau Google Playstore, kemudian registrasi jangan lupa masukkan email, dan teman-teman bisa menikmati artikel ini melalui email blast setiap minggunya ! Lewat aplikasi pun bisa loh, lengkap banget deh fasilitas yang diberikan Lakuemas supaya teman-teman makin teredukasi dan mendapat informasi terbaru tentang emas. J

 

ARTIKEL LAINNYA

Apa Sih Makna Kuning Emas Dibalik Perayaan Tahun Baru Imlek ?
Wednesday, 19 January 2022
Apa Sih Makna Kuning Emas Dibalik Perayaan Tahun Baru Imlek ?

Tahun Baru Imlek melambangakan keharmonisan dalam tata kehidupan di muka bumi. Untuk itu, perayaan Imlek harus jadi momentum ungkapan syukur dan terima kasih atas kebaikan alam. Dan umumnya, masyarakat akan memakai pakaian dan juga menghias rumah mereka dengan warna bernuansa merah dan kuning emas !


LANJUTKAN
Omicron Meledak, Harga Emas Naik Lagi !
Wednesday, 12 January 2022
Omicron Meledak, Harga Emas Naik Lagi !

Tahun ini memang dimulai dengan rekor tertinggi untuk ekuitas, namun karena sulit untuk menentukan apakah naiknya harga emas ini akan berlanjut, para investor sudah mulai kembali ke tempat yang aman, kata Ed Moya, analisis senior di broker OANDA. Kekhawatiran seputar kasus Covid-19 varian Omicron telah memicu tawaran safe-heaven dalam emas !


LANJUTKAN
Harga Emas di 2022 Berpotensi Tembus Rekor Baru !
Wednesday, 05 January 2022
Harga Emas di 2022 Berpotensi Tembus Rekor Baru !

Bicara soal rajin, apa menabung masuk dalam resolusi 2022 kalian ? Harus dong ! Ingat pepatah rajin menabung pangkal kaya. Sesuatu yang dilakukan secara konsisten dan tepat pasti membuahkan hasil yang maksimal. Tidak hanya momen sesaat, namun berkelanjutan. Nah emas menjamin akan hal itu, yuk intip yang berkilau di awal tahun 2022 ini !


LANJUTKAN