25

Pebruari
2021

Tabungan Emas vs Emas Fisik. Mending Mana?

Tabungan Emas vs Emas Fisik. Mending Mana?

Saat ini, emas menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat yang mana emas merupakan salah satu alat berinvestasi yang sedang trending saat ini. Namun ada beberapa cara kita dalam melakukan penyimpanan emas yaitu dengan menggunakan Tabungan Emas dan dengan menyimpan Emas Fisik nya secara langsung. Yang menjadi pertanyaan adalah apa perbedaannya?


Perbedaan Tabungan Emas dengan Emas Fisik dapat dibedakan berdasarkan 3 persepektif. Berikut ulasannya:

 

1. Keamanan

Berdasarkan sisi keamanan, Tabungan Emas lebih dianjurkan dibandingkan dengan menyimpan langsung Emas Fisik karena pada dasarnya Emas Fisik membutuhkan tempat penyimpanan yang harus dijamin secara ketat keamanannya.

 

2. Biaya

Berdasarkan biaya yang harus dikeluarkan, kedua metode ini sama – sama membutuhkan biaya dalam penyimpanannya. Ketika ingin melakukan Tabungan Emas pasti akan dikenakan biaya administrasi, sama halnya dengan menyimpan Emas Fisik pun membutuhkan biaya penyimpanannya dimana semakin banyak gramasi emas fisik yang kita simpan maka semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. Sementara untuk Tabungan Emas, semakin besar gramasi yang disimpan, biaya administrasinya akan tetap sama.

 

3. Aksesibilitas

Perbandingan antara kedua metode ini cukup berbeda dalam hal aksesibilitasnya dimana jika menabung melalui Tabungan Emas dapat dimulai dari harga Rp 50.000 bahkan lebih kecil, sedangkan jika ingin memulai menabung Emas Fisik secara langsung minimal harus membeli kepingan emas 1 Gram yaitu setara dengan Rp 800 ribuan (saat ini). Hal ini menggambarkan bahwa Tabungan Emas lebih mudah dalam hal aksesibilitasnya.

 

Berdasarkan perspektif keamanan, biaya dan aksesibilitas menggambarkan bahwa metode Tabungan Emas lebih dianjurkan namun bukan berarti lebih baik. Semua tergantung kepada tujuan kita dalam menabung emas. Ada kalanya mungkin disaat kita menabung melalui Tabungan Emas akan membutuhkan Emas Fisik secara langsung.

 

Maka dari itu, yuk mulai menabung emas dimulai dengan Rp 50.000 aja di aplikasi Lakuemas!

#CaraBaruBeliEmas #Lakuemas

ARTIKEL LAINNYA

Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?
Jumat, 16 April 2021
Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?

Kita tentu pernah mendengar tentang makanan berlapis emas seperti untuk pizza, es krim bahkan nasi goreng. Mengingat emas merupakan jenis logam mulia yang berharga tinggi, makanan yang dilapisi emas ini dianggap sebagai makanan mewah. Namun sebuah pertanyaan muncul mengenai aman atau tidaknya jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah dilapisi emas tersebut.


LANJUTKAN
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif
Rabu, 07 April 2021
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif

Pergerakan harga emas dianggap dinamis, karena secara umum harga emas cenderung selalu naik setiap tahunnya. Pada tahun 2015, harga emas di Indonesia hanya berkisar Rp 490.000 sampai Rp 530.000 per gram nya. Sekarang ini harga emas berada di kisaran Rp 850.000. Artinya harga emas sudah mengalami kenaikan hampir dua kali lipat!


LANJUTKAN
Perbedaan Menabung Emas dan Saham
Rabu, 31 Maret 2021
Perbedaan Menabung Emas dan Saham

Semakin banyak anak muda yang mulai berani untuk mencoba investasi dan mengenal pentingnya menabung demi masa depan yang lebih baik. Menabung dengan menyimpan uang di bank adalah suatu yang baik namun juga dinilai sudah mulai kuno dan kurang menguntungkan. Hal ini tentunya karena fakta bahwa nilai uang semakin lama semakin terus berubah.


LANJUTKAN