25

February
2021

Tabungan Emas vs Emas Fisik. Mending Mana?

Tabungan Emas vs Emas Fisik. Mending Mana?

Saat ini, emas menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat yang mana emas merupakan salah satu alat berinvestasi yang sedang trending saat ini. Namun ada beberapa cara kita dalam melakukan penyimpanan emas yaitu dengan menggunakan Tabungan Emas dan dengan menyimpan Emas Fisik nya secara langsung. Yang menjadi pertanyaan adalah apa perbedaannya?


Perbedaan Tabungan Emas dengan Emas Fisik dapat dibedakan berdasarkan 3 persepektif. Berikut ulasannya:

 

1. Keamanan

Berdasarkan sisi keamanan, Tabungan Emas lebih dianjurkan dibandingkan dengan menyimpan langsung Emas Fisik karena pada dasarnya Emas Fisik membutuhkan tempat penyimpanan yang harus dijamin secara ketat keamanannya.

 

2. Biaya

Berdasarkan biaya yang harus dikeluarkan, kedua metode ini sama – sama membutuhkan biaya dalam penyimpanannya. Ketika ingin melakukan Tabungan Emas pasti akan dikenakan biaya administrasi, sama halnya dengan menyimpan Emas Fisik pun membutuhkan biaya penyimpanannya dimana semakin banyak gramasi emas fisik yang kita simpan maka semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. Sementara untuk Tabungan Emas, semakin besar gramasi yang disimpan, biaya administrasinya akan tetap sama.

 

3. Aksesibilitas

Perbandingan antara kedua metode ini cukup berbeda dalam hal aksesibilitasnya dimana jika menabung melalui Tabungan Emas dapat dimulai dari harga Rp 50.000 bahkan lebih kecil, sedangkan jika ingin memulai menabung Emas Fisik secara langsung minimal harus membeli kepingan emas 1 Gram yaitu setara dengan Rp 800 ribuan (saat ini). Hal ini menggambarkan bahwa Tabungan Emas lebih mudah dalam hal aksesibilitasnya.

 

Berdasarkan perspektif keamanan, biaya dan aksesibilitas menggambarkan bahwa metode Tabungan Emas lebih dianjurkan namun bukan berarti lebih baik. Semua tergantung kepada tujuan kita dalam menabung emas. Ada kalanya mungkin disaat kita menabung melalui Tabungan Emas akan membutuhkan Emas Fisik secara langsung.

 

Maka dari itu, yuk mulai menabung emas dimulai dengan Rp 50.000 aja di aplikasi Lakuemas!

#CaraBaruBeliEmas #Lakuemas

ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Wednesday, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Tuesday, 26 March 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Monday, 18 March 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN