12

Juli
2021

Rebound Dollar AS,  Emas Tetap Berkilau dan Siap Diserbu!

Rebound Dollar AS, Emas Tetap Berkilau dan Siap Diserbu!

Dalam jangka panjang, emas adalah aset lindung nilai yang paling aman dan signifikan terhadap inflasi dan bentuk risiko keuangan lainnya. Namun seperti yang sedang ramai dibicarakan, harga emas pada perdagangan minggu ini masih terus menguat, meski penguatannya cenderung menurun dari minggu sebelumnya karena ancaman dollar AS. Minggu ini, harga emas dunia menguat 0,36% dari yang sebelumnya tercatat menguat 0,57% ke level 1.786,79/troy ons.

Pada perdagangan Senin, 5 Juli 2021 harga emas spot naik 0,05% atau 0,96 poin menjadi US$ 1.788,26/ troy ons. Sementara itu, indeks dollar AS menguat 0,12% atau 0,113 poin menjadi 92,339. Keadaan harga emas ini yang kemudian berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek ditengah rebound dollar AS.  

 

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan bahwa pergerakan harga emas tersebut dipengaruhi kebijakan moneter bank sentral AS atau yang biasa kita kenal dengan The Fed. Proyeksi ini lebih cepat ketimbang perkiraan awal, sekaligus menjadi indikator arah kebijakan The Fed cenderung menjadi ketat. Hal ini membuat dollar AS menguat dan melesat naik, berujung dengan memukul harga emas.


Grafik Emas

Meski keadaan dollar AS sedemikian melambungnya, harga emas diyakini akan melemah dalam jangka waktu yang bersifat sementara. Injeksi likuiditas yang massif tentu akan menekan keperkasaan dollar AS, dimana ketika dollar AS tertekan maka harga emas akan berbalik menguat dan cenderung terapresiasi.  Dilansir dari Bloomberg, penguatan harga emas ini nantinya akan didorong oleh kembalinya minat bank-bank sentral di sejumlah negara untuk membeli emas sebagai lindung nilai inflasi.  Bank sentral dari Serbia hingga Thailand telah merencanakan untuk menambah kepemilikan emas karena bayang-bayang inflasi dan pemulihan perdagangan global memberikan kekuatan untuk melakukan pembelian.

 

Hal-hal ini yang kemudian mampu mempengaruhi penguatan emas kedepannya. Jadi jangan takut bahwa emas akan jatuh, keadaan seperti ini hanya akan mengkoreksi sesaat dan kemudian akan up kembali. Para investor pun akan tetap memilih dan lebih nyaman menyimpan dananya pada emas sebagai salah satu aset yang minim risiko. Nah, buat Teman Lakuemas, ini pasti menjadi berita yang menggembirakan bukan ? Ayo serbu emasnya dan nikmati kemudahan beli emas dari rumah lewat aplikasi Lakuemas !

 

Situasi pembatasan kegiatan seperti ini membuat jalanan sepi, tapi jangan sampai tabungan masa depan kamu juga sepi alias kosong tidak ter siapkan sejak dini. Jangan khawatir karena Lakuemas siap sedia memberikan experience beli emas dengan mudah dan selalu update terkini tentang harga emas setiap harinya, yang membantu kamu dalam mempersiapkan tabungan jangka panjang.


Lakuemas, Cara Baru Beli Emas.

ARTIKEL LAINNYA

Apa Saja Hidden Potential Dari Emas ?  Ini 3 Poin Diantaranya!
Jumat, 30 Juli 2021
Apa Saja Hidden Potential Dari Emas ? Ini 3 Poin Diantaranya!

Semua orang mengetahui apa itu emas, namun tidak semua orang memahami secara utuh cara terbaik memandang emas dan memaksimalkan potensinya. Pandangan umum pastilah memahami bahwa emas merupakan barang konsumsi sebagai perhiasan juga merangkap sebagai instrumen investasi karena jumlahnya yang terbatas.


LANJUTKAN
4 Alasan Emas Menjadi Bahan Utama Perhiasan
Rabu, 21 Juli 2021
4 Alasan Emas Menjadi Bahan Utama Perhiasan

Hingga kini, emas selalu menjadi pilihan material paling populer untuk perhiasan. Apalagi variannya kini semakin bertambah, dengan hasil percampuran logam lain seperti rose gold dan emas putih. Namun, apa sih sebenarnya yang menjadi alasan logam mulia berwarna asli kekuningan ini semakin dicinta?


LANJUTKAN
Harga Emas Antam Goes To The Moon, Apa Iya?
Jumat, 16 Juli 2021
Harga Emas Antam Goes To The Moon, Apa Iya?

Logam Mulia Emas Antam diramal akan goes to the moon dan berpotensi mendekati angka Rp 1 juta/gram seiring dengan kenaikan harga emas dunia. Pada 28 Juli tahun lalu, emas Antam berhasil tembus Rp 964.120/gram untuk emas kepingan 100 gram yang lumrah dijadikan acuan.


LANJUTKAN