12

Juli
2021

Rebound Dollar AS,  Emas Tetap Berkilau dan Siap Diserbu!

Rebound Dollar AS, Emas Tetap Berkilau dan Siap Diserbu!

Dalam jangka panjang, emas adalah aset lindung nilai yang paling aman dan signifikan terhadap inflasi dan bentuk risiko keuangan lainnya. Namun seperti yang sedang ramai dibicarakan, harga emas pada perdagangan minggu ini masih terus menguat, meski penguatannya cenderung menurun dari minggu sebelumnya karena ancaman dollar AS. Minggu ini, harga emas dunia menguat 0,36% dari yang sebelumnya tercatat menguat 0,57% ke level 1.786,79/troy ons.

Pada perdagangan Senin, 5 Juli 2021 harga emas spot naik 0,05% atau 0,96 poin menjadi US$ 1.788,26/ troy ons. Sementara itu, indeks dollar AS menguat 0,12% atau 0,113 poin menjadi 92,339. Keadaan harga emas ini yang kemudian berpeluang bergerak turun dalam jangka pendek ditengah rebound dollar AS.  

 

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan bahwa pergerakan harga emas tersebut dipengaruhi kebijakan moneter bank sentral AS atau yang biasa kita kenal dengan The Fed. Proyeksi ini lebih cepat ketimbang perkiraan awal, sekaligus menjadi indikator arah kebijakan The Fed cenderung menjadi ketat. Hal ini membuat dollar AS menguat dan melesat naik, berujung dengan memukul harga emas.


Grafik Emas

Meski keadaan dollar AS sedemikian melambungnya, harga emas diyakini akan melemah dalam jangka waktu yang bersifat sementara. Injeksi likuiditas yang massif tentu akan menekan keperkasaan dollar AS, dimana ketika dollar AS tertekan maka harga emas akan berbalik menguat dan cenderung terapresiasi.  Dilansir dari Bloomberg, penguatan harga emas ini nantinya akan didorong oleh kembalinya minat bank-bank sentral di sejumlah negara untuk membeli emas sebagai lindung nilai inflasi.  Bank sentral dari Serbia hingga Thailand telah merencanakan untuk menambah kepemilikan emas karena bayang-bayang inflasi dan pemulihan perdagangan global memberikan kekuatan untuk melakukan pembelian.

 

Hal-hal ini yang kemudian mampu mempengaruhi penguatan emas kedepannya. Jadi jangan takut bahwa emas akan jatuh, keadaan seperti ini hanya akan mengkoreksi sesaat dan kemudian akan up kembali. Para investor pun akan tetap memilih dan lebih nyaman menyimpan dananya pada emas sebagai salah satu aset yang minim risiko. Nah, buat Teman Lakuemas, ini pasti menjadi berita yang menggembirakan bukan ? Ayo serbu emasnya dan nikmati kemudahan beli emas dari rumah lewat aplikasi Lakuemas !

 

Situasi pembatasan kegiatan seperti ini membuat jalanan sepi, tapi jangan sampai tabungan masa depan kamu juga sepi alias kosong tidak ter siapkan sejak dini. Jangan khawatir karena Lakuemas siap sedia memberikan experience beli emas dengan mudah dan selalu update terkini tentang harga emas setiap harinya, yang membantu kamu dalam mempersiapkan tabungan jangka panjang.


Lakuemas, Cara Baru Beli Emas.

ARTIKEL LAINNYA

Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN
CETAK REKOR BARU !
Kamis, 14 Maret 2024
CETAK REKOR BARU !

Powell mengatakan The Fed "tidak jauh" dari mendapatkan keyakinan yang cukup bahwa inflasi sedang menuju target 2% yang ditetapkan The Fed untuk dapat memulai penurunan suku bunga. Para pedagang sekarang memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 74% nantinya pada bulan Juni, dibandingkan sekitar 63% pada tanggal 29 Februari, menurut Fedwatch Tool CME. Namun taruhan penurunan suku bunga mendorong harga emas, simak berita selengkapnya !


LANJUTKAN