29

Desember
2023

Perdagangan Emas Terakhir 2023, Buy or Bye?

Perdagangan Emas Terakhir 2023, Buy or Bye?

Perdagangan emas spot terakhir tahun 2023 Jumat (29/12/23)  tinggal beberapa saat lagi sebelum menyambut pergeseran tahun baru. Kini emas berada pada level US$2072 per troy ounce. melihat harga tersebut, emas spot (XAU/USD) pada tahun ini naik +13,66% dari awal tahun. Melihat indeks dolar Amerika Serikat yang terus melemah membuat emas diuntungkan. Kini Indeks Dolar AS menyentuh level 100,810. Bahkan pada perdagangan hari lalu indeks ini lebih rendah pada level 100,400. Penurunan ini bisa disebabkan oleh tingkat suku bunga yang digadang-gadang akan turun pada tahun mendatang.


Market outlook 2024 memberikan penjelasan singkat dari isyarat Bank sentral AS. Penurunan suku bunga acuan bisa memberikan beberapa sentimen positif. Hal tersebut seperti emas dan dalam sektor perusahaan banking, properti, dan technology. Penurunan suku bunga ini dapat membuat para kreditur memiliki interest lebih tinggi untuk melakukan peminjaman. Sehingga tak hanya kreditur, maka perputaran uang akan lebih besar dan frekuensinya pun diperkirakan akan meningkat.  Dalam rupiah, emas kini bernilai Rp 1,132,825 setiap satu gramnya. Perfomance emas dalam waktu kurun satu tahun terakhir berbuah manis. Harga emas antam pada bulan Januari bernilai Rp 1.026.000/gram sehingga para investor yang bergelut dalam instrumen logam mulia ini sudah mengantongi cuan yang lumayan. 


Analisa Teknikal

Emas spot (XAU/USD) siang ini naik +0.36% ke level US$2072.66 dimana pada perdagangan sebelumnya Kamis (28/12/23) emas spot ditutup merah pada level US$2065.49. Penutupanya menandakan bahwa level resistance US$2070 menjadi level yang kuat. 

Dalam timeframe 15 menit, emas spot (XAU/USD) memberikan sebuah pergerakan yang menarik jika dilihat dari pola yang terbentuk dalam rentang waktu pendek. Emas spot terbentuk sebuah pola cup and handle dimana mampunya emas naik diatas US$2070, emas spot dapat terkonfirmasi dalam pattern tersebut. Proyeksi kenaikan dapat dicapai sekitar +0,15% atau ke level US$2074 hingga US$2080.  Level ini dapat dimanfaatkan untuk melihat pergerakan pada tahun mendatang. Para pelaku pasar memprediksikan bahwa emas tutup diatas level US$2070.


Melihat tahun 2024 menjadi tahun yang dapat menguntungkan emas, kami rasa LakuFriends tak akan rugi jika tetap terus menabung dan menambah jumlah porsi investasi dalam portofolio jangka panjangnya. Sehingga jangan lewatkan berbagai kesempatan diskon emas yang realtime bersama LAKUEMAS ya!


ARTIKEL LAINNYA

Naik Tipis Bikin Untung ?
Jumat, 03 Mei 2024
Naik Tipis Bikin Untung ?

Penguatan dolar yang mendekati level tertinggi dalam lima bulan terakhir juga membuat harga logam tersudutkan. Emas yang mengincar dukungan ke $2.300, kemudian muncul isyarat suku bunga lebih lanjut - membuatnya hampir menembus di bawah level support $2.300 per troy ounce dan dapat menandakan koreksi jangka pendek bagi emas. Jadi apakah akan menguntungkan untuk kita di masa depan ? Cek di artikel berikut ini


LANJUTKAN
Di Luar Ekspektasi !
Rabu, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN