29

Desember
2023

Perdagangan Emas Terakhir 2023, Buy or Bye?

Perdagangan Emas Terakhir 2023, Buy or Bye?

Perdagangan emas spot terakhir tahun 2023 Jumat (29/12/23)  tinggal beberapa saat lagi sebelum menyambut pergeseran tahun baru. Kini emas berada pada level US$2072 per troy ounce. melihat harga tersebut, emas spot (XAU/USD) pada tahun ini naik +13,66% dari awal tahun. Melihat indeks dolar Amerika Serikat yang terus melemah membuat emas diuntungkan. Kini Indeks Dolar AS menyentuh level 100,810. Bahkan pada perdagangan hari lalu indeks ini lebih rendah pada level 100,400. Penurunan ini bisa disebabkan oleh tingkat suku bunga yang digadang-gadang akan turun pada tahun mendatang.


Market outlook 2024 memberikan penjelasan singkat dari isyarat Bank sentral AS. Penurunan suku bunga acuan bisa memberikan beberapa sentimen positif. Hal tersebut seperti emas dan dalam sektor perusahaan banking, properti, dan technology. Penurunan suku bunga ini dapat membuat para kreditur memiliki interest lebih tinggi untuk melakukan peminjaman. Sehingga tak hanya kreditur, maka perputaran uang akan lebih besar dan frekuensinya pun diperkirakan akan meningkat.  Dalam rupiah, emas kini bernilai Rp 1,132,825 setiap satu gramnya. Perfomance emas dalam waktu kurun satu tahun terakhir berbuah manis. Harga emas antam pada bulan Januari bernilai Rp 1.026.000/gram sehingga para investor yang bergelut dalam instrumen logam mulia ini sudah mengantongi cuan yang lumayan. 


Analisa Teknikal

Emas spot (XAU/USD) siang ini naik +0.36% ke level US$2072.66 dimana pada perdagangan sebelumnya Kamis (28/12/23) emas spot ditutup merah pada level US$2065.49. Penutupanya menandakan bahwa level resistance US$2070 menjadi level yang kuat. 

Dalam timeframe 15 menit, emas spot (XAU/USD) memberikan sebuah pergerakan yang menarik jika dilihat dari pola yang terbentuk dalam rentang waktu pendek. Emas spot terbentuk sebuah pola cup and handle dimana mampunya emas naik diatas US$2070, emas spot dapat terkonfirmasi dalam pattern tersebut. Proyeksi kenaikan dapat dicapai sekitar +0,15% atau ke level US$2074 hingga US$2080.  Level ini dapat dimanfaatkan untuk melihat pergerakan pada tahun mendatang. Para pelaku pasar memprediksikan bahwa emas tutup diatas level US$2070.


Melihat tahun 2024 menjadi tahun yang dapat menguntungkan emas, kami rasa LakuFriends tak akan rugi jika tetap terus menabung dan menambah jumlah porsi investasi dalam portofolio jangka panjangnya. Sehingga jangan lewatkan berbagai kesempatan diskon emas yang realtime bersama LAKUEMAS ya!


ARTIKEL LAINNYA

Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !
Jumat, 02 Februari 2024
Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !

Tau nggak sih memulai investasi dari sedini mungkin banyak sekali keuntungannya terutama untuk kehidupan finansial masa depan kamu nanti. Jadi nggak ada salahnya untuk mulai belajar investasi dari hari ini, karena investasi adalah suatu cara untuk membuat kondisi finansialmu lebih baik. Simak yuk artikel lengkapnya mengenai manfaat investasi di usia muda!


LANJUTKAN
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu
Kamis, 25 Januari 2024
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu

Hai LakuFriends transaksi secara digital saat ini marak penggunaannya dikarenakan lebih mudah dan efisien. Hal ini menyebabkan meningkatnya transaksi digital di Indonesia salah satunya adalah pembayaran menggunakan kartu kredit secara digital, dimana pemilik kartu kredit harus memasukkan data informasi kartu kredit ke dalam aplikasi atau e-commerce untuk membayar. Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan nih LakuFriends, simak artikel berikut yuk !


LANJUTKAN
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?
Kamis, 11 Januari 2024
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?

Suatu aset dikatakan safe haven adalah ketika terjadi gejolak atau ketidakpastian dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan atau tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya. Tak jarang juga kita mendengar bahwa sejumlah investor senang mengumpulkan aset safe haven. Dan salah satu komoditas yang sering disebut-sebut sebagai aset safe haven akan kita bahas dalam artikel kali ini !


LANJUTKAN