29

December
2023

Perdagangan Emas Terakhir 2023, Buy or Bye?

Perdagangan Emas Terakhir 2023, Buy or Bye?

Perdagangan emas spot terakhir tahun 2023 Jumat (29/12/23)  tinggal beberapa saat lagi sebelum menyambut pergeseran tahun baru. Kini emas berada pada level US$2072 per troy ounce. melihat harga tersebut, emas spot (XAU/USD) pada tahun ini naik +13,66% dari awal tahun. Melihat indeks dolar Amerika Serikat yang terus melemah membuat emas diuntungkan. Kini Indeks Dolar AS menyentuh level 100,810. Bahkan pada perdagangan hari lalu indeks ini lebih rendah pada level 100,400. Penurunan ini bisa disebabkan oleh tingkat suku bunga yang digadang-gadang akan turun pada tahun mendatang.


Market outlook 2024 memberikan penjelasan singkat dari isyarat Bank sentral AS. Penurunan suku bunga acuan bisa memberikan beberapa sentimen positif. Hal tersebut seperti emas dan dalam sektor perusahaan banking, properti, dan technology. Penurunan suku bunga ini dapat membuat para kreditur memiliki interest lebih tinggi untuk melakukan peminjaman. Sehingga tak hanya kreditur, maka perputaran uang akan lebih besar dan frekuensinya pun diperkirakan akan meningkat.  Dalam rupiah, emas kini bernilai Rp 1,132,825 setiap satu gramnya. Perfomance emas dalam waktu kurun satu tahun terakhir berbuah manis. Harga emas antam pada bulan Januari bernilai Rp 1.026.000/gram sehingga para investor yang bergelut dalam instrumen logam mulia ini sudah mengantongi cuan yang lumayan. 


Analisa Teknikal

Emas spot (XAU/USD) siang ini naik +0.36% ke level US$2072.66 dimana pada perdagangan sebelumnya Kamis (28/12/23) emas spot ditutup merah pada level US$2065.49. Penutupanya menandakan bahwa level resistance US$2070 menjadi level yang kuat. 

Dalam timeframe 15 menit, emas spot (XAU/USD) memberikan sebuah pergerakan yang menarik jika dilihat dari pola yang terbentuk dalam rentang waktu pendek. Emas spot terbentuk sebuah pola cup and handle dimana mampunya emas naik diatas US$2070, emas spot dapat terkonfirmasi dalam pattern tersebut. Proyeksi kenaikan dapat dicapai sekitar +0,15% atau ke level US$2074 hingga US$2080.  Level ini dapat dimanfaatkan untuk melihat pergerakan pada tahun mendatang. Para pelaku pasar memprediksikan bahwa emas tutup diatas level US$2070.


Melihat tahun 2024 menjadi tahun yang dapat menguntungkan emas, kami rasa LakuFriends tak akan rugi jika tetap terus menabung dan menambah jumlah porsi investasi dalam portofolio jangka panjangnya. Sehingga jangan lewatkan berbagai kesempatan diskon emas yang realtime bersama LAKUEMAS ya!


ARTIKEL LAINNYA

Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi !
Friday, 19 July 2024
Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi !

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan minggu ini bahwa The Fed semakin yakin bahwa inflasi akan terus menurun. Dia juga sebelumnya memberi isyarat, apakah ini yang menyebabkan harga emas melejit ? Simak disini !


LANJUTKAN
Tips Gen-Z Raih Financial Freedom !
Monday, 24 June 2024
Tips Gen-Z Raih Financial Freedom !

Financial Freedom atau kebebasan finansial atau merdeka finansial dapat dijelaskan sebagai keadaan di mana seseorang tidak memiliki kewajiban utang, memperoleh pendapatan pasif yang mencukupi untuk kehidupan, memiliki perlindungan finansial terhadap segala risiko. Untuk Gen-Z yang sedang berusaha untuk bisa segera merealisasikan kebebasan finansial, perlu adanya perencanaan yang baik nih, simak di artikel berikut !


LANJUTKAN
Waktunya Ambil Cuan ?
Friday, 21 June 2024
Waktunya Ambil Cuan ?

Perekonomian dan pasar kerja AS telah terbukti sangat tangguh dalam menghadapi suku bunga yang tinggi. Para pengusaha menambah rata-rata 248.000 pekerjaan per bulan tahun ini. Pengangguran masih rendah di angka 4%. Adapun, pembangunan rumah keluarga tunggal di AS turun pada bulan Mei di tengah tingginya suku bunga hipotek. Akankah permintaan aset safe haven akan terdorong oleh ketidakpastian geopolitik dan ekonomi ini ?


LANJUTKAN