08

November
2023

Jelang Pertemuan The Fed, Bagaimana Nasib Harga emas ?

Jelang Pertemuan The Fed, Bagaimana Nasib Harga emas ?

Pada hari Senin 6 November 2023, harga emas turun di perdagangan Asia karena adanya keringanan atas potensi jeda kenaikan suku bunga The Fed dan sebagian besar diimbangi oleh para pedagang yang menjual logam kuning tersebut demi aset-aset yang lebih berorientasi pada risiko. Emas memang terlihat menguat pada pekan lalu karena data nonfarm payrolls AS yang lebih lemah dari perkiraan, ditambah dengan sinyal hawkish dari The Fed yang mendorong penurunan tajam dolar dan imbal hasil Treasury.

Namun kenaikan ini bersifat terbatas, karena sebagian besar pedagang beralih ke aset-aset yang didorong oleh risiko seperti saham dan mata uang. Permintaan safe haven semakin berkurang akibat menurunnya premi risiko perang Israel-Hamas, bahkan ketika konflik tersebut tidak menunjukkan adanya tanda-tanda mereda. Israel juga menolak seruan gencatan senjata, sementara laporan media menyatakan bahwa kelompok tentara bayaran Rusia Wagner berencana untuk memasok sistem pertahanan udara ke Hizbullah. Kekhawatiran atas konflik tersebut telah mendorong kenaikan besar pada harga emas sepanjang bulan Oktober. Namun dengan konflik yang tampaknya tidak akan meluas ke wilayah Timur Tengah, para pedagang mengunci keuntungan mereka pada emas dan emas di pasar spot turun 0,5% menjadi $1,984.24 per troy ounce.

Para pedagang kini memperkirakan peluang sebesar 95,2% bahwa The Fed tidak akan menaikkan suku bunga lebih lanjut dan Bank sentral juga diperkirakan akan mulai memangkas suku bunga paling cepat pada Juni 2024. The Fed saat ini mulai memberi isyarat bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga acuannya di atas 5% hingga setidaknya akhir tahun 2024.

Disisi lain Analis Heraeus Metals menjelaskan emas masih bisa merangkak naik ke atas US$ 2.000 per troy ounce; "Emas butuh sinyal jelas dari The Fed kapan akan memangkas suku bunga untuk bisa naik ke atas US$ 2.000," tutur Heraeus Metals dikutip dari Reuters.

Melihat nasib harga emas saat ini, sangat berpotensi untuk Laku Friends serok emas sedikit demi sedikit sebelum harga emas melambung naik. Dimulai dari nominal atau gramasi yang kecil pun tidak menjadi penghalang untuk mendapat tabungan besar di masa depan !  

ARTIKEL LAINNYA

Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !
Jumat, 02 Februari 2024
Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !

Tau nggak sih memulai investasi dari sedini mungkin banyak sekali keuntungannya terutama untuk kehidupan finansial masa depan kamu nanti. Jadi nggak ada salahnya untuk mulai belajar investasi dari hari ini, karena investasi adalah suatu cara untuk membuat kondisi finansialmu lebih baik. Simak yuk artikel lengkapnya mengenai manfaat investasi di usia muda!


LANJUTKAN
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu
Kamis, 25 Januari 2024
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu

Hai LakuFriends transaksi secara digital saat ini marak penggunaannya dikarenakan lebih mudah dan efisien. Hal ini menyebabkan meningkatnya transaksi digital di Indonesia salah satunya adalah pembayaran menggunakan kartu kredit secara digital, dimana pemilik kartu kredit harus memasukkan data informasi kartu kredit ke dalam aplikasi atau e-commerce untuk membayar. Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan nih LakuFriends, simak artikel berikut yuk !


LANJUTKAN
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?
Kamis, 11 Januari 2024
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?

Suatu aset dikatakan safe haven adalah ketika terjadi gejolak atau ketidakpastian dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan atau tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya. Tak jarang juga kita mendengar bahwa sejumlah investor senang mengumpulkan aset safe haven. Dan salah satu komoditas yang sering disebut-sebut sebagai aset safe haven akan kita bahas dalam artikel kali ini !


LANJUTKAN