08

November
2023

Jelang Pertemuan The Fed, Bagaimana Nasib Harga emas ?

Jelang Pertemuan The Fed, Bagaimana Nasib Harga emas ?

Pada hari Senin 6 November 2023, harga emas turun di perdagangan Asia karena adanya keringanan atas potensi jeda kenaikan suku bunga The Fed dan sebagian besar diimbangi oleh para pedagang yang menjual logam kuning tersebut demi aset-aset yang lebih berorientasi pada risiko. Emas memang terlihat menguat pada pekan lalu karena data nonfarm payrolls AS yang lebih lemah dari perkiraan, ditambah dengan sinyal hawkish dari The Fed yang mendorong penurunan tajam dolar dan imbal hasil Treasury.

Namun kenaikan ini bersifat terbatas, karena sebagian besar pedagang beralih ke aset-aset yang didorong oleh risiko seperti saham dan mata uang. Permintaan safe haven semakin berkurang akibat menurunnya premi risiko perang Israel-Hamas, bahkan ketika konflik tersebut tidak menunjukkan adanya tanda-tanda mereda. Israel juga menolak seruan gencatan senjata, sementara laporan media menyatakan bahwa kelompok tentara bayaran Rusia Wagner berencana untuk memasok sistem pertahanan udara ke Hizbullah. Kekhawatiran atas konflik tersebut telah mendorong kenaikan besar pada harga emas sepanjang bulan Oktober. Namun dengan konflik yang tampaknya tidak akan meluas ke wilayah Timur Tengah, para pedagang mengunci keuntungan mereka pada emas dan emas di pasar spot turun 0,5% menjadi $1,984.24 per troy ounce.

Para pedagang kini memperkirakan peluang sebesar 95,2% bahwa The Fed tidak akan menaikkan suku bunga lebih lanjut dan Bank sentral juga diperkirakan akan mulai memangkas suku bunga paling cepat pada Juni 2024. The Fed saat ini mulai memberi isyarat bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga acuannya di atas 5% hingga setidaknya akhir tahun 2024.

Disisi lain Analis Heraeus Metals menjelaskan emas masih bisa merangkak naik ke atas US$ 2.000 per troy ounce; "Emas butuh sinyal jelas dari The Fed kapan akan memangkas suku bunga untuk bisa naik ke atas US$ 2.000," tutur Heraeus Metals dikutip dari Reuters.

Melihat nasib harga emas saat ini, sangat berpotensi untuk Laku Friends serok emas sedikit demi sedikit sebelum harga emas melambung naik. Dimulai dari nominal atau gramasi yang kecil pun tidak menjadi penghalang untuk mendapat tabungan besar di masa depan !  

ARTIKEL LAINNYA

Tips Mengumpulkan Tabungan Dengan Emas
Wednesday, 24 July 2024
Tips Mengumpulkan Tabungan Dengan Emas

akuFriends, Buat sebagian orang mungkin sudah mulai terpikirkan ya untuk menabung dari sekarang demi meminimalisir kekurangan atau kejadian yang mungkin bisa saja terjadi di masa depan diluar kendali kita. Namun bagaimana cara klita menabung dan apakah bisa dimulai dari sekarang supaya tabungan bisa cepat terkumpul ? Berikut tips nya !


LANJUTKAN
Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi !
Friday, 19 July 2024
Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi !

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan minggu ini bahwa The Fed semakin yakin bahwa inflasi akan terus menurun. Dia juga sebelumnya memberi isyarat, apakah ini yang menyebabkan harga emas melejit ? Simak disini !


LANJUTKAN
Tips Gen-Z Raih Financial Freedom !
Monday, 24 June 2024
Tips Gen-Z Raih Financial Freedom !

Financial Freedom atau kebebasan finansial atau merdeka finansial dapat dijelaskan sebagai keadaan di mana seseorang tidak memiliki kewajiban utang, memperoleh pendapatan pasif yang mencukupi untuk kehidupan, memiliki perlindungan finansial terhadap segala risiko. Untuk Gen-Z yang sedang berusaha untuk bisa segera merealisasikan kebebasan finansial, perlu adanya perencanaan yang baik nih, simak di artikel berikut !


LANJUTKAN