08

November
2023

Jelang Pertemuan The Fed, Bagaimana Nasib Harga emas ?

Jelang Pertemuan The Fed, Bagaimana Nasib Harga emas ?

Pada hari Senin 6 November 2023, harga emas turun di perdagangan Asia karena adanya keringanan atas potensi jeda kenaikan suku bunga The Fed dan sebagian besar diimbangi oleh para pedagang yang menjual logam kuning tersebut demi aset-aset yang lebih berorientasi pada risiko. Emas memang terlihat menguat pada pekan lalu karena data nonfarm payrolls AS yang lebih lemah dari perkiraan, ditambah dengan sinyal hawkish dari The Fed yang mendorong penurunan tajam dolar dan imbal hasil Treasury.

Namun kenaikan ini bersifat terbatas, karena sebagian besar pedagang beralih ke aset-aset yang didorong oleh risiko seperti saham dan mata uang. Permintaan safe haven semakin berkurang akibat menurunnya premi risiko perang Israel-Hamas, bahkan ketika konflik tersebut tidak menunjukkan adanya tanda-tanda mereda. Israel juga menolak seruan gencatan senjata, sementara laporan media menyatakan bahwa kelompok tentara bayaran Rusia Wagner berencana untuk memasok sistem pertahanan udara ke Hizbullah. Kekhawatiran atas konflik tersebut telah mendorong kenaikan besar pada harga emas sepanjang bulan Oktober. Namun dengan konflik yang tampaknya tidak akan meluas ke wilayah Timur Tengah, para pedagang mengunci keuntungan mereka pada emas dan emas di pasar spot turun 0,5% menjadi $1,984.24 per troy ounce.

Para pedagang kini memperkirakan peluang sebesar 95,2% bahwa The Fed tidak akan menaikkan suku bunga lebih lanjut dan Bank sentral juga diperkirakan akan mulai memangkas suku bunga paling cepat pada Juni 2024. The Fed saat ini mulai memberi isyarat bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga acuannya di atas 5% hingga setidaknya akhir tahun 2024.

Disisi lain Analis Heraeus Metals menjelaskan emas masih bisa merangkak naik ke atas US$ 2.000 per troy ounce; "Emas butuh sinyal jelas dari The Fed kapan akan memangkas suku bunga untuk bisa naik ke atas US$ 2.000," tutur Heraeus Metals dikutip dari Reuters.

Melihat nasib harga emas saat ini, sangat berpotensi untuk Laku Friends serok emas sedikit demi sedikit sebelum harga emas melambung naik. Dimulai dari nominal atau gramasi yang kecil pun tidak menjadi penghalang untuk mendapat tabungan besar di masa depan !  

ARTIKEL LAINNYA

INFORMASI DORMANT
Selasa, 07 Mei 2024
INFORMASI DORMANT

Hai LakuFriends, dengan penuh hormat, kami ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Anda dalam menggunakan Aplikasi LAKU EMAS untuk bertransaksi dan berinvestasi dalam emas. Sebagai bagian dari layanan kami, kami ingin memberikan penjelasan mengenai biaya dormant yang mungkin Anda temui dalam penggunaan aplikasi ini. Yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut:


LANJUTKAN
Naik Tipis Bikin Untung ?
Jumat, 03 Mei 2024
Naik Tipis Bikin Untung ?

Penguatan dolar yang mendekati level tertinggi dalam lima bulan terakhir juga membuat harga logam tersudutkan. Emas yang mengincar dukungan ke $2.300, kemudian muncul isyarat suku bunga lebih lanjut - membuatnya hampir menembus di bawah level support $2.300 per troy ounce dan dapat menandakan koreksi jangka pendek bagi emas. Jadi apakah akan menguntungkan untuk kita di masa depan ? Cek di artikel berikut ini


LANJUTKAN
Di Luar Ekspektasi !
Rabu, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN