24

Maret
2023

Krisis Bank dan Pengaruhnya Pada Harga Emas

Krisis Bank dan Pengaruhnya Pada Harga Emas

Credit Suisse kehilangan kepercayaan investor jauh sebelum minggu ini. Pemberi pinjaman yang dilanda skandal telah merasakan kerugian sejak Silicon Valley Bank memicu krisis bank. Runtuhnya SVB benar-benar mengacaukan segalanya bagi perusahaan dengan kredit buruk. Di awal minggu, sebaran obligasi dengan peringkat di bawah peringkat rata-rata investasi terhadap Departemen Keuangan AS melonjak ke level tertinggi sejak Desember. Kegagalan bank juga menghilangkan sumber utama pendanaan untuk startup yang biasanya ditolak oleh institusi bank tradisional.

Kapitalis ventura tidak pernah terpecah belah, dengan tuduhan melayang tentang siapa yang membunuh Silicon Valley Bank yang mereka cintai. Ray Dalio, miliarder pendiri Bridgewater Associates, menyuarakan kekacauan dunia keuangan. Kejatuhan SVB menandai momen "burung kenari di tambang batu bara" yang akan berdampak jauh di luar dunia VC (Venture Capital). Dia menjelaskan bagaimana sejarah mengilustrasikan bahwa siklus ekonomi saat ini dapat menunjukkan lebih banyak perusahaan menjual aset dengan kerugian besar — ??yang justru memicu krisis terbaru ini.

Ini merupakan kegagalan bank terbesar sejak 2008 yang menjadi masalah bagi semua orang. Ada banyak hal yang masih belum jelas saat ini di dunia keuangan karena informasi yang sedikit demi sedikit menunjukkan bahwa kejatuhan Silicon Valley Bank akan terasa di tahun-tahun mendatang. Dengan krisis bank yang seperti ini, kemungkinan akan ada banyak momen sideways dan untuk itu diperlukan diversifikasi aset yang sifatnya terbatas, seperti emas untuk menjaga nilai kekayaan.

Di tengah gejolak pasar, ada baiknya untuk tetap berhati-hati terhadap risiko penurunan pasar secara luas, namun terdapat momentum yang menarik pada aset emas. Sejak krisis perbankan dimulai, harga emas melonjak +10%, mencapai angka Rp 1.088.000 per gram pada 19 Maret 2023, dimana sebelumnya rekor terdahulu dicapai pada 7 Agustus 2020 lalu yang menembus Rp 1.065.000 per gram. Selain itu, harga beli emas digital juga mencetak rekor mencapai angka Rp1.005.000 per gram dan ini merupakan harga tertinggi selama tahun 2023. Momentum belakangan ini disebabkan oleh suntikan likuiditas global (tanda kapitulasi oleh bank sentral) dan melemahnya USD. Namun, investor harus tetap memperhatikan bahwa krisis belum berakhir dan ada kemungkinan pasar akan menguji posisi harga terendah lagi selama kuartal mendatang.

ARTIKEL LAINNYA

Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN
CETAK REKOR BARU !
Kamis, 14 Maret 2024
CETAK REKOR BARU !

Powell mengatakan The Fed "tidak jauh" dari mendapatkan keyakinan yang cukup bahwa inflasi sedang menuju target 2% yang ditetapkan The Fed untuk dapat memulai penurunan suku bunga. Para pedagang sekarang memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 74% nantinya pada bulan Juni, dibandingkan sekitar 63% pada tanggal 29 Februari, menurut Fedwatch Tool CME. Namun taruhan penurunan suku bunga mendorong harga emas, simak berita selengkapnya !


LANJUTKAN