05

July
2022

Istilah-Istilah Emas

Istilah-Istilah Emas

Sudah bukan hal baru lagi jika melihat instrumen investasi kini semakin beragam. Mulai dari keuangan hingga komoditas. Dan ketika dijabarkan akan terlihat banyak sekali jenis investasi yang bisa dicoba. Salah satu yang memberikan keuntungan cukup menjanjikan adalah emas. Hal ini bisa dibuktikan karena emas bisa menjadi aset safe haven dan harga emas yang cenderung naik dari waktu ke waktu. Sebagai tambahan informasi bahwa pada awal Januari 2019, harga emas tercatat Rp 665.000 per gram. Kemudia pada Februari naik menjadi Rp 677.000 per gram sekarang yang sudah menyentuh Rp 900.000 per gram. Selain itu untuk menjelaskan alasan sebelumnya, emas memiliki tingkat likuiditas yang tinggi dan bermanfaat untuk melindungi aset dari inflasi. Menariknya investasi emas saat ini, bisa dibeli melalui platform digital !

Namun sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, ada baiknya kita mengetahui beragam istilah yang ada seputar investasi emas. Tujuannya, agar kita tidak salah langkah dalam berinvestasi dan terlepas dari keuntungan yang nantinya bisa kita dapatkan, secara tidak langsung kita bisa menambah ilmu tentang emas.

Yang pertama adalah Karat atau umumnya dikenal dengan singkatan kt atau ct yang mana ini merupakan tolok ukur yang digunakan untuk menentukan kemurnian emas. Skala tertinggi adalah 24 karat yang menunjukkan emas tersebut merupakan emas murni. Untuk mengetahui karat emas, bisa dihitungan dengan menggunakan rumus X = 24 (Mg/Mm). X merupakan peringkat karat, Mg merupakan massa emas murni dalam satu barang, dan Mm merupakan massa keseluruhan sesuatu barang. Kadar kemurnian emas yang umum ditemui adalah sebagai berikut: Emas 24 karat: emas murni (99.99%), Emas 22 karat: komposisi 91.7% emas, dicampur bahan lain 8.3% (biasanya perak) dan lain-lain.

Kemudian ada Fineness yaitu ketika akan mengukur tingkat kemurnian suatu emas, bisa juga dengan menggunakan fineness. Lalu  Bullion, Bullion merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebut batangan emas, perak murni, atau koin yang kita gunakan sebagai aset investasi.

Yang keempat ada Grade, ini untuk menunjukkan tingkat kemurnian atau kualitas emas. Tergantung dari kualitas produk yang disediakan, dimana semakin baik grade suatu produk, harganya juga akan semakin mahal. Kemudia Troy Ounce atau Troy Ons yang biasanya disingkat t oz, memiliki nilai yang sama dengan 31,1 gram untuk tiap satuannya dan merupakan satuan yang umumnya digunakan untuk mengukur berate mas, baik batangan maupun koin. Ada Dinar yang merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut koin emas yang memiliki tingkat kemurnian 22 karat, dengan berat 4,25 gram. Sedangkan Dirham merupakan sebutan untuk koin perak murni yang memiliki berat 2,975 gram.

Setelah mengetahui kelebihan investasi emas dan juga tahu istilah-istilahnya, yuk jangan menunda-nunda untuk melakukan investasi sekarang untuk masa depan yang lebih baik. Semakin rajin dan konsisten dalam berinvestasi emas maka semakin besar keuntungan yang bisa kita dapatkan seiring dengan naiknya harga emas dari waktu ke waktu ! Bahkan keuntungan itu bisa kita  ukur sendiri dengan kemampuan finansial kita. Coba sedikit demi sedikit namun rutin, maka hasilnya pun akan mengikuti kerja keras dan kesungguhan kita dalam menata kebutuhan masa depan J

Kunjungi www.lakuemas.com untuk tahu lebih banyak tentang investasi emas.

ARTIKEL LAINNYA

Cek Keaslian Emas, Mudah kok ! Yuk Intip Caranya
Saturday, 15 June 2024
Cek Keaslian Emas, Mudah kok ! Yuk Intip Caranya

Investasi emas bisa dilakukan bukan hanya secara konvensional, tetapi juga online. Dan isu tentang emas palsu yang sedang marak, jangan sampai salah ambil langkah ya LakuFriends. Cari tahu selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Investasi Emas Digital: Trend Baru yang Perlu Kamu Tahu
Tuesday, 28 May 2024
Investasi Emas Digital: Trend Baru yang Perlu Kamu Tahu

Para pengamat emas menunggu rilisnya angka inflasi AS pada 31 Mei 2024. Jika angka inflasi AS lebih rendah dari perkiraan atau bahkan mengalami penurunan dari data sebelumnya, dapat dipastikan emas mengalami pantulan lebih tinggi dari level hari ini. Sebaliknya jika angka inflasi AS mengalami peningkatan emas dapat megalami koreksi pada support US$2300 dan konfirmasi perubahan tren naik menjadi sideways menjadi nyata !


LANJUTKAN
INFORMASI DORMANT
Tuesday, 07 May 2024
INFORMASI DORMANT

Hai LakuFriends, dengan penuh hormat, kami ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Anda dalam menggunakan Aplikasi LAKU EMAS untuk bertransaksi dan berinvestasi dalam emas. Sebagai bagian dari layanan kami, kami ingin memberikan penjelasan mengenai biaya dormant yang mungkin Anda temui dalam penggunaan aplikasi ini. Yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut:


LANJUTKAN