04

December
2023

Harga Emas Mencapai Rekor Tertinggi Di Atas $2.100 !

Harga Emas Mencapai Rekor Tertinggi Di Atas $2.100 !

Hi Laku Friends, harga emas kembali mencetak rekor bersejarahnya  di perdagangan Asia pada hari Senin (4/11/2023), momen ini memperpanjang serangkaian kenaikan baru-baru ini karena berkurangnya inflasi, data pasar tenaga kerja yang lemah, dan beberapa sinyal yang kurang hawkish dari The Fed memicu spekulasi bahwa bank tersebut akan memangkas suku bunga pada awal tahun 2024 dan pejabat bank sentral yang tetap berhati-hati. Dengan demikian emas terapresiasi tajam dalam beberapa sesi terakhir. 

Disisi lain permintaan emas dalam jangka pendek juga dipicu oleh serangan terhadap kapal perang dan kapal komersial Amerika di Laut Merah, yang meningkatkan kekhawatiran atas eskalasi perang Israel-Hamas.

Ketua Jerome Powell, ketika berbicara pada hari Jumat, menegaskan kembali pendiriannya bahwa suku bunga AS akan tetap lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Namun beberapa perubahan dalam isyaratnya – terutama pengakuannya terhadap kemajuan yang dicapai dalam mengendalikan inflasi dan potensi “soft landing” bagi perekonomian AS – memperkuat ekspektasi bahwa The Fed tidak akan lagi menaikkan suku bunga pada bulan Desember, dan berpotensi mulai menurunkan suku bunga paling lambat di bulan Maret 2024.

Emas di pasar spot melonjak hampir 2% ke rekor tertinggi $2,148.78 per troy ounce, emas mengalami kenaikan yang kuat dari minggu lalu, dan juga naik untuk bulan kedua berturut-turut di bulan November.

Tahukah kamu bahwa harga emas sangat sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, dimana kenaikan suku bunga AS akan membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury menguat. Kondisi ini tak menguntungkan emas karena dolar yang menguat membuat permintaan emas turun. 

Namun, suku bunga yang lebih rendah membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury melemah - menurunkan opportunity cost memegang emas. Sehingga emas menjadi lebih menarik untuk dikoleksi.

"Emas sedang mengalami reli Santa Claus dan saya perkirakan hal itu akan terus berlanjut hingga akhir tahun ini. Tentu saja ada kemungkinan bahwa emas akan kembali menguji rekor tertingginya," ujar Everett Millman, kepala analis pasar di Gainesville Coins.


Yuk terus tingkatkan tabungan emas kamu dengan beli emas melalui aplikasi Lakuemas !




Sumber : CNBC.com , Investing.com

ARTIKEL LAINNYA

Cek Keaslian Emas, Mudah kok ! Yuk Intip Caranya
Saturday, 15 June 2024
Cek Keaslian Emas, Mudah kok ! Yuk Intip Caranya

Investasi emas bisa dilakukan bukan hanya secara konvensional, tetapi juga online. Dan isu tentang emas palsu yang sedang marak, jangan sampai salah ambil langkah ya LakuFriends. Cari tahu selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Investasi Emas Digital: Trend Baru yang Perlu Kamu Tahu
Tuesday, 28 May 2024
Investasi Emas Digital: Trend Baru yang Perlu Kamu Tahu

Para pengamat emas menunggu rilisnya angka inflasi AS pada 31 Mei 2024. Jika angka inflasi AS lebih rendah dari perkiraan atau bahkan mengalami penurunan dari data sebelumnya, dapat dipastikan emas mengalami pantulan lebih tinggi dari level hari ini. Sebaliknya jika angka inflasi AS mengalami peningkatan emas dapat megalami koreksi pada support US$2300 dan konfirmasi perubahan tren naik menjadi sideways menjadi nyata !


LANJUTKAN
INFORMASI DORMANT
Tuesday, 07 May 2024
INFORMASI DORMANT

Hai LakuFriends, dengan penuh hormat, kami ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Anda dalam menggunakan Aplikasi LAKU EMAS untuk bertransaksi dan berinvestasi dalam emas. Sebagai bagian dari layanan kami, kami ingin memberikan penjelasan mengenai biaya dormant yang mungkin Anda temui dalam penggunaan aplikasi ini. Yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut:


LANJUTKAN