04

December
2023

Harga Emas Mencapai Rekor Tertinggi Di Atas $2.100 !

Harga Emas Mencapai Rekor Tertinggi Di Atas $2.100 !

Hi Laku Friends, harga emas kembali mencetak rekor bersejarahnya  di perdagangan Asia pada hari Senin (4/11/2023), momen ini memperpanjang serangkaian kenaikan baru-baru ini karena berkurangnya inflasi, data pasar tenaga kerja yang lemah, dan beberapa sinyal yang kurang hawkish dari The Fed memicu spekulasi bahwa bank tersebut akan memangkas suku bunga pada awal tahun 2024 dan pejabat bank sentral yang tetap berhati-hati. Dengan demikian emas terapresiasi tajam dalam beberapa sesi terakhir. 

Disisi lain permintaan emas dalam jangka pendek juga dipicu oleh serangan terhadap kapal perang dan kapal komersial Amerika di Laut Merah, yang meningkatkan kekhawatiran atas eskalasi perang Israel-Hamas.

Ketua Jerome Powell, ketika berbicara pada hari Jumat, menegaskan kembali pendiriannya bahwa suku bunga AS akan tetap lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Namun beberapa perubahan dalam isyaratnya – terutama pengakuannya terhadap kemajuan yang dicapai dalam mengendalikan inflasi dan potensi “soft landing” bagi perekonomian AS – memperkuat ekspektasi bahwa The Fed tidak akan lagi menaikkan suku bunga pada bulan Desember, dan berpotensi mulai menurunkan suku bunga paling lambat di bulan Maret 2024.

Emas di pasar spot melonjak hampir 2% ke rekor tertinggi $2,148.78 per troy ounce, emas mengalami kenaikan yang kuat dari minggu lalu, dan juga naik untuk bulan kedua berturut-turut di bulan November.

Tahukah kamu bahwa harga emas sangat sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, dimana kenaikan suku bunga AS akan membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury menguat. Kondisi ini tak menguntungkan emas karena dolar yang menguat membuat permintaan emas turun. 

Namun, suku bunga yang lebih rendah membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury melemah - menurunkan opportunity cost memegang emas. Sehingga emas menjadi lebih menarik untuk dikoleksi.

"Emas sedang mengalami reli Santa Claus dan saya perkirakan hal itu akan terus berlanjut hingga akhir tahun ini. Tentu saja ada kemungkinan bahwa emas akan kembali menguji rekor tertingginya," ujar Everett Millman, kepala analis pasar di Gainesville Coins.


Yuk terus tingkatkan tabungan emas kamu dengan beli emas melalui aplikasi Lakuemas !




Sumber : CNBC.com , Investing.com

ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Wednesday, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Tuesday, 26 March 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Monday, 18 March 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN