30

November
2023

Harga Emas Melonjak ? Ini Yang Terjadi..

Harga Emas Melonjak ? Ini Yang Terjadi..

Harga emas masih melanjutkan tren penguatan pada awal perdagangan hari ini, melanjutkan kenaikan menjadi enam hari beruntun. Harga emas di pasar spot masih diatas level psikologis US$2.000 per troy ounce karena spekulasi jeda The Federal Reverse (The Fed) dan kejatuhan dolar AS. Pada perdagangan Rabu (29/11/2023) harga emas di pasar spot  ditutup menguat 0,18% di posisi US$ 2.044,59 per troy ounce. Sementara, hingga pukul 06.30 WIB Kamis (30/11/2023), harga emas di pasar spot bergerak lebih tinggi atau naik 0,03% di posisi US$ 2.045,19  per troy ounce.


Kenaikan harga emas hingga perdagangan kemarin masih didorong dari sentimen melemahnya dolar dan ekspektasi bahwa The Fed AS telah selesai menaikkan suku bunga. Harga emas telah mencapai level tertinggi dalam lebih dari enam bulan. Harga emas kini masuk area short trend bullish, dengan indeks dolar dalam tren menurun di tengah harapan The Fed tidak akan lagi menaikkan suku bunga dan bahkan mungkin akan memangkasnya pada musim semi tahun depan. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan perangkat CME FedWatch, di mana sebanyak 98,5% pasar memprediksi The Fed akan kembali menahan suku bunga acuannya di pertemuan Desember mendatang. Sementara 49,5% berekspektasi The Fed akan melakukan pemangkasan suku bunga pertamanya sebesar 25 basis poin (bps) pada Mei 2024 menjadi 5-5,25%.


Adapun, Investor akan memantau data Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS pada hari ini, yang merupakan indikator inflasi pilihan The Fed. Fokusnya juga tertuju pada revisi angka PDB AS kuartal ketiga yang dijadwalkan pada hari Rabu kemarin. Inflasi PCE periode Oktober 2023, diperkirakan melandai menjadi 3,4% secara tahunan (year-on-year/yoy) dan menurun menjadi 0,2% secara bulanan (month-to-month/mtm). Diketahui tingkat inflasi PCE tahunan di AS stabil pada angka 3,4% pada bulan September 2023, sama dengan tingkat inflasi yang direvisi turun sebesar 3,4% pada bulan sebelumnya dan sejalan dengan perkiraan. Harga emas juga didukung dari pasar obligasi pemerintah, imbal hasil US Treasury acuan kembali melandai, makin menjauhi level tertingginya sejak 2007 silam. Yield Treasury tenor 10 tahun melandai 10 basis poin (bp) menjadi 4,37%.

 

Ekonomi Negeri Paman Sam tumbuh sebesar 5,2% secara tahunan (year-on-year/yoy) pada kuartal III-2023. Berdasarkan data estimasi kedua dari Biro Analisis Ekonomi AS yang dirilis hari ini, realisasi tersebut lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sebesar 4,9% dan proyeksi para analis sebesar 5%. Sementara itu, investor masih merespons positif dari pernyataan Gubernur bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed), Christopher Waller, yang mengungkapkan rasa percaya dirinya jika kebijakan The Fed "saat ini sudah dalam posisi yang baik" dalam menekan inflasi. Adapun pada kuartal sebelumnya,pertumbuhan ekonomi AS hanya sebesar 2,1% setelah turun selama tiga kuartal berturut-turut.Hasil pada kuartal III pun menandai pertumbuhan terkuat sejak kuartal terakhir 2021.


Harga emas sangat sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS. Kenaikan suku bunga AS akan membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury menguat. Kondisi ini tak menguntungkan emas karena dolar yang menguat membuat emas sulit dibeli sehingga permintaan turun. Emas juga tidak menawarkan imbal hasil sehingga kenaikan imbal hasil US Treasury membuat emas kurang menarik. Namun, suku bunga yang lebih rendah akan membuat dAolar AS dan imbal hasil US Treasury melemah, sehingga dapat menurunkan opportunity cost memegang emas. Sehingga emas menjadi lebih menarik untuk dikoleksi.

 

Harga emas masih dalam trend bullish. Jangan sampai kamu melewatkan momen bullish emas, terus tingkatkan tabungan emas kamu. Dimulai dari nominal atau gramasi yang kecil pun tidak menjadi penghalang untuk mendapat tabungan besar di masa depan!


ARTIKEL LAINNYA

Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !
Friday, 02 February 2024
Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !

Tau nggak sih memulai investasi dari sedini mungkin banyak sekali keuntungannya terutama untuk kehidupan finansial masa depan kamu nanti. Jadi nggak ada salahnya untuk mulai belajar investasi dari hari ini, karena investasi adalah suatu cara untuk membuat kondisi finansialmu lebih baik. Simak yuk artikel lengkapnya mengenai manfaat investasi di usia muda!


LANJUTKAN
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu
Thursday, 25 January 2024
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu

Hai LakuFriends transaksi secara digital saat ini marak penggunaannya dikarenakan lebih mudah dan efisien. Hal ini menyebabkan meningkatnya transaksi digital di Indonesia salah satunya adalah pembayaran menggunakan kartu kredit secara digital, dimana pemilik kartu kredit harus memasukkan data informasi kartu kredit ke dalam aplikasi atau e-commerce untuk membayar. Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan nih LakuFriends, simak artikel berikut yuk !


LANJUTKAN
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?
Thursday, 11 January 2024
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?

Suatu aset dikatakan safe haven adalah ketika terjadi gejolak atau ketidakpastian dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan atau tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya. Tak jarang juga kita mendengar bahwa sejumlah investor senang mengumpulkan aset safe haven. Dan salah satu komoditas yang sering disebut-sebut sebagai aset safe haven akan kita bahas dalam artikel kali ini !


LANJUTKAN