24

Juni
2020

Film "Gold" : Cerita Skandal Tambang Emas di Kalimantan ala Hollywood

Film "Gold" : Cerita Skandal Tambang Emas di Kalimantan ala Hollywood

Emas batangan ataupun perhiasan emas selalu menjadi barang yang paling diminati oleh masyarakat, baik untuk investasi maupun koleksi. Ternyata, topik tentang emas juga menginspirasi para pekerja seni untuk mengangkatnya ke dalam layar lebar.

Dilansir dari Kompas.com - Skandal penipuan tambang emas Bre-X, yang terjadi pada pertengahan 1990-an di Kalimantan Timur, menjadi sumber inspirasi film drama thriller berjudul Gold. Kasus Bre-X bermula ketika perusahaan tambang asal Kanada itu mengumumkan bahwa mereka menemukan 6.200 ton emas di Busang, Kalimantan Timur. Hal itu mengakibatkan saham Bre-X melambung tinggi. Namun, rupanya, penemuan emas itu merupakan penipuan besar-besaran yang merugikan banyak pihak. Sebab, berdasarkan hasil penelitian, terbukti tidak ada emas seperti yang diungkapkan oleh Bre-X.

Plot cerita film tersebut tak jauh berbeda dengan kisah aslinya. Dalam film berdurasi 120 menit itu dikisahkan bahwa Kenny Walsh ( Matthew McConaughey), seorang pebisnis tambang, bekerja sama dengan ahli geologi bernama Michael Acosta (Edgar Ramirez) untuk mencari tambang di pedalaman Indonesia. Perjalanan mencari emas bukanlah hal yang mudah bagi Kenny atau Mike. Mereka harus tinggal di hutan dengan cuaca tidak menentu, penemuan tambang dengan sampel buruk, ditinggalkan para pekerja, hingga Kenny terserang penyakit malaria. Kendati begitu, keduanya tak pernah menyerah hingga mereka menemukan titik-titik penggalian dengan emas berkualitas bagus. Lantas, penemuan itu membuat harga saham perusahaan Kenny, yakni Washoe Mining Corporation, melonjak drastis. Tawaran bisnis dan kerja sama semakin banyak datang, bahkan dari pesaingnya. Bisnis miliaran dolar AS tersebut juga menjadi sorotan media.

Mood para penonton dibawa naik-turun. Kejutan tak terduga di beberapa scene membuat film itu kian menarik. Salah satunya, ketika Kenny dan Mike bertemu dengan anak Suharto guna membicarakan bisnis tambang emas tersebut Film itu tak melulu soal uang, saham, emas, penipuan, atau korupsi. Bumbu-bumbu cinta juga menjadi pemanis. Ada adegan ketika Kay (Bryce Dallas Howard), kekasih Kenny, senantiasa mendukung apa yang dilakukan oleh orang terkasihnya tersebut. Mereka juga berkhayal memiliki rumah besar di sebuah padang luas apabila bisnis tambang Kenny berhasil. Karakter Edgar Ramirez, yang tenang, tidak menggebu-gebu, berhasil menjadi penyeimbang karakter Matthew McConaughey, yang bersemangat dan antusias.

Namun, shooting film yang ceritanya terinspirasi oleh skandal di Indonesia itu tidak dilakukan di Indonesia. Potongan gambar Jakarta zaman dahulu merupakan footage lama, sedangkan gambar-gambar di pedalaman hutan Kalimantan diambil di Thailand. Bagaimana akhir film Gold mengisahkan skandal Bre-X? Bagi yang penasaran, yuk tonton segera film Gold ini!

Lakuemas, Cara Baru Beli Emas

ARTIKEL LAINNYA

Di Tengah Gejolak Ekonomi, Tren Investasi Digital Justru Melonjak
Kamis, 19 November 2020
Di Tengah Gejolak Ekonomi, Tren Investasi Digital Justru Melonjak

Dilansir dari Kumparan.com - Siapa sangka, di tengah kondisi morat-maritnya ekonomi, kesadaran masyarakat untuk berinvestasi justru meningkat. Salah satu penyebabnya adalah investasi dinilai bisa menyelamatkan kondisi finansial saat situasi tak tentu seperti sekarang.


LANJUTKAN
Ongkos Naik Haji : Tabungan Emas atau Uang
Selasa, 10 November 2020
Ongkos Naik Haji : Tabungan Emas atau Uang

Salah satu cita-cita tertinggi seorang Muslim adalah dapat menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam yang kelima. Untuk mewujudkan terlaksananya ibadah fisik, spiritual dan finansial ini, Muslim di Indonesia diharuskan memiliki Ongkos Naik Haji (ONH).


LANJUTKAN
10 Film yang Menginspirasi Orang Berinvestasi
Senin, 02 November 2020
10 Film yang Menginspirasi Orang Berinvestasi

Walaupun investasi dan bisnis merupakan topik yang serius dan tidak cocok dijadikan sebuah film karena dibilang membosankan dan kurang menghibur, namun ternyata ada banyak film yang menjadikan investasi dan bisnis sebagai salah satu unsur cerita bahkan tema utama dari sebuah film.


LANJUTKAN