01

Desember
2022

4 Hal Yang Mempengaruhi Harga Emas, Ada Yang Tahu ?

4 Hal Yang Mempengaruhi Harga Emas, Ada Yang Tahu ?

Harga emas memang mengacu pada kondisi pasar global, dan terkadang momen-momen lain pun dapat ikut terselip ke dalamnya dan memberikan pengaruh terhadap harga emas. Namun banyaknya peristiwa yang mampu mempengaruhi pergerakkan harga emas, investasi emas tetap dianggap risk free bagi orang awam sekalipun. Harga emas sangatlah dinamis , tapi secara umum harga emas selalu naik loh ! Banyak masyarakat yang senang menyimpan emas mereka untuk investasi di kemudian hari dibandingkan untuk terjun langsung ke investasi saham ataupun obligasi.

             Nah, apa ada yang tahu ? sebenarnya apa yang mempengaruhi harga emas, yang membuat harga emas bisa naik dan turun ? Simak yuk !

1. Harga emas dalam negeri mengacu pada harga emas internasional yang dikonversi dari dolar Amerika Serikat (AS) ke dalam mata uang rupiah. Oleh karena itu, harga emas sangat dipengaruhi oleh pergerakan rupiah terhadap dolar AS. Apabila nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah maka harga emas lokal menguat atau tinggi. Sebaliknya, bila nilai tukar rupiah menguat, maka harga emas lokal cenderung turun.

2. Hukum penawaran dan permintaan juga berlaku pada emas. Lebih besar permintaan emas ketimbang penawarannya membuat logam mulia yang digemari ibu-ibu rumah tangga ini akan naik. Sebaliknya, harganya akan turun apabila penawaran lebih besar daripada permintaannya.

3. Harga emas juga sangat tergantung pada kebijakan moneter yang diambil bank sentral Amerika Serikat (Federal System atau secara informal disebut The Fed). Kebijakan moneter yang dimaksud adalah kebijakan menaikkan atau menurunkan suku bunga. Jika The Fed menurunkan suku bunga, emas berpotensi naik harganya. 

4. Lalu ada juga inflasi, inflasi adalah salah satu faktor utama yang membuat harga-harga barang semakin naik, hal ini juga berdampak pada harga emas. Semakin tinggi tingkat inflasi maka semakin mahal pula harga emas. Hal ini dikarenakan masyarakat yang enggan menyimpan aset mereka dalam bentuk uang yang mudah kehilangan nilainya dan lebih memilih berinvestasi emas yang harganya cenderung stabil dan lebih aman ketika inflasi.

              Maka tidak heran mengapa harga emas bersifat sangat fluktuatif dan dapat berubah dengan cepat. Nah, sudah pakai aplikasi Lakuemas ? jika sudah, teman-teman pasti selalu melihat push notification tentang update harga emas setiap harinya. Bahkan dalam sehari akan muncul beberapa kali notifikasi tentang pergerakkan harga emas di hari tersebut. Sangat membantu bukan ? Dari situlah kita dapat membeli atau menjual emas di momen yang tepat.

ARTIKEL LAINNYA

INVESTASI AMAN EMAS DIGITAL
Selasa, 24 Januari 2023
INVESTASI AMAN EMAS DIGITAL

Emas digital adalah salah satu jenis emas 24 karat yang memungkinkan investor membelinya secara online tanpa beban penyimpanan. Di tengah perkembangan teknologi, kamu tidak hanya dapat membeli aset logam mulia berupa produk fisik di toko. Investor dapat melakukan beli simpan emas digital secara online. Aplikasi penyedia layanan investasi logam mulia menawarkan pembelian produk ini dengan mudah, aman, dan praktis.


LANJUTKAN
Gemstone Terlangka Dan Termahal Di Dunia
Selasa, 24 Januari 2023
Gemstone Terlangka Dan Termahal Di Dunia

Di dunia ini terdapat lebih dari 300 gemstone dengan keragaman jenis dan warna. Skala ada pada angka 1 – 10 dengan 1 mewakili mineral terapuh dan 10 untuk mineral paling keras. Dari jumlah tersebut setidaknya ada 7 yang dianggap sebagai gemstone terlangka dan paling mahal di dunia. Antara lain:


LANJUTKAN
Tips Mengumpulkan Tabungan Dengan Emas
Selasa, 17 Januari 2023
Tips Mengumpulkan Tabungan Dengan Emas

Buat sebagian orang mungkin sudah terpikirkan untuk menabung dari sekarang demi meminimalisir kekurangan atau kejadian yang mungkin terjadi di masa depan. Namun bagaimana cara klita menabung dan apakah bisa dimulai sejak sekarang supaya tabungan bisa cepat terkumpul, berikut ada tips nya !


LANJUTKAN