16

April
2021

Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?

Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?

Kita tentu pernah mendengar tentang makanan berlapis emas seperti untuk pizza, es krim bahkan nasi goreng. Mengingat emas merupakan jenis logam mulia yang berharga tinggi, makanan yang dilapisi emas ini dianggap sebagai makanan mewah. Namun sebuah pertanyaan muncul mengenai aman atau tidaknya jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah dilapisi emas tersebut.

 

Sebagai jawabannya, menurut ahli gizi Dr. Tan Shot Yen menjelaskan ternyata makanan yang dilapisi emas tersebut aman untuk dikonsumsi. Faktanya emas tersebut dikenal dengan nama edible gold. Mengkonsumsi edible gold sendiri bahkan merupakan tradisi yang sudah ada dari jaman Tiongkok, Jepang, Mesir dan Roma Kuno sejak ribuan tahun lalu.


Edible gold sendiri merupakan emas 24 karat yang memiliki sifat inert dimana artinya tidak diurai ketika masuk ke dalam tubuh. atau emas murni yang tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Disebut edible gold karena jenis emas ini tidak mengandung racun dan tidak mampu untuk diserap oleh tubuh. Edible gold terdiri dari tiga jenis :

 

1. Edible Gold Leaf, yaitu lembaran emas yang tipis. Jenis emas ini dapat diaplikasikan dengan mudah karena cukup ditempel . Gold leaf asli mengandung 92% emas murni dimana lembaran emas yang diberi label food grade dapat digunakan sebagai dekorasi makanan dan minuman yang tidak beracun.

 

2. Edible Gold Flake, yaitu berupa pecahan-pecahan yang biasanya digunakan oleh Chef untuk dekorasi makanan dan menaruhnya dengan menggunakan pinset.

 

3. Edible Gold Dust, yaitu jenis emas yang berbentuk bubuk dan untuk mengaplikasikannya dengan menggunakan brush khusus.

 

Bagaimanapun juga, daun, serbuk, atau bubuk emas yang baik untuk dikonsumsi adalah yang mengandung kode E175 seperti yang dikeluarkan oleh European Food Safety Administration. Emas ini namun tidak mengandung nutrisi apapun dan tidak berpengaruh bagi kesehatan. Pada umumnya, benda mewah ini hanya digunakan untuk memberi kesan mahal atau menaikkan nilai jual.

 

Dari penjelasan di atas semakin menambah wawasan kita tentang emas yang biasa ada sebagai imbuhan makanan atau food additive itu merupakan emas yang bukan digunakan untuk perhiasan. Jadi teman-teman bisa nikmati di restoran-restoran yang menyediakan makanan lapis emas tersebut, dan pastinya untuk harga akan jauh lebih mahal. By the way, ada yang pernah makan emas belum ?


Lakuemas, Cara Baru Beli Emas

ARTIKEL LAINNYA

Tiga Dampak Penemuan Emas di California
Kamis, 06 Mei 2021
Tiga Dampak Penemuan Emas di California

Efek dan dampak yang diakibatkan dari penemuan emas tersebut begitu besar, keinginan orang untuk memiliki emas dengan rela bersusah payah, melakukan perjalanan jauh kemudian menambang emas dalam waktu yang tidak sebentar. Belum lagi jika harus berebut tempat dan waktu dengan banyaknya orang yang datang menjelajah dan menginginkan hal yang sama.


LANJUTKAN
Bulan Ramadhan Tiba, Saat yang Tepat Menabung Emas
Kamis, 29 April 2021
Bulan Ramadhan Tiba, Saat yang Tepat Menabung Emas

Ramadhan merupakan suatu momen khusus yang disediakan untuk kita umat yang menjalankannya. Inilah kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk memperbanyak ibadah. Dan sekarang bulan Ramadhan sudah tiba, dan merupakan waktu yang paling indah untuk memupuk kebaikan, menabung berkah, atau mungkin juga menabung emas.


LANJUTKAN
Asal Pembuatan Emas Batangan
Kamis, 22 April 2021
Asal Pembuatan Emas Batangan

Emas memang menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan, apalagi dalam bentuk emas batangan murni 24K. Tingginya harga emas ini tak lepas dari proses emas logam mulia yang terbentuk dari emas biji menjadi emas batangan murni yang butuh perjalanan panjang.


LANJUTKAN