20

Oktober
2020

Cara Menabung Emas

Cara Menabung Emas

Halo Teman Lakuemas, bingung bagaimana cara menabung emas? Siapa saja tidak akan bisa menabung jika tidak memiliki dana, bukan? Hal ini berarti seharusnya pemenuhan kebutuhan primer terlebih dulu sudah diperhitungkan. Jadi, pastikan dana yang akan dipergunakan untuk membeli emas adalah dana dingin. Karena gain yang didapat dari kenaikan emas baru akan terasa setelah jangka panjang.

Setelah kita mengetahui berapa dana yang tersedia untuk membeli emas, maka selanjutnya tinggal melakukan langkah eksekusi. Meski demikian, ternyata ada tiga typical skenario yang sering dilakukan oleh para “penabung” dngan konsekuensinya masing-masing. Yuk kita bahas!

a. Menunggu sampai dana terkumpul

Sangat wajar jika ada pemikiran untuk menunggu saja sampai terkumpul uang untuk membeli emas, namun harus kita ingat bahwa ada opportunity cost yang hilang apabila harga emas naik selama masa penimbunan dana tersebut. Sehingga bisa saja setelah lima tahun berjalan, 100 gram emas tidak lagi seharga Rp50 juta, tetapi menjadi Rp60 juta.

Karena itu, untuk teknik menabung emas yang seperti ini, saran terbaik adalah untuk tidak mengincar bobot yang terlalu tinggi. Akan lebih baik menabung yang memang reacheable, misalnya yang bisa terbeli dalam enam bulan atau setahun.

b. Memaksakan diri membeli emas di luar kapasitasnya

Bayangkan, jika seandainya pada saat emas sudah dibeli, kemudian beberapa hari kemudian muncul kebutuhan mendadak. Emas yang telah dimiliki pun harus dijual, dan kemudian akan langsung muncul “kerugian” karena ada selisih antara harga jual dan harga beli dari emas yang cukup tinggi. Jadi, tidak disarankan untuk memaksakan diri.

Emas bisa menjadi dana darurat, hanya jika telah dimiliki sejak lama, dan bukan dikumpulkan untuk goal jangka pendek. Goal mengumpulkan emas saat ini, memang untuk tabungan jangka panjang, sehingga dapat dinikmati di masa mendatang.

c. Mengumpulkan secara perlahan-lahan

Untuk sebagian orang, membeli emas dalam jumlah 10 gram atau 25 gram bisa dirasa cukup berat, maka mulailah dengan jumlah sedikit, karena poin utama menabung adalah rutin.

Perkara menabung adalah soal habit, bukan kegiatan satu malam yang sekarang bisa menabung dan besok tak perlu melakukan apa pun. Habit menabung harus jangka panjang, bertahun-tahun tentu saja. Oleh karena itu, mulai saja dari kecil tapi rutin akan lebih efektif, ketimbang langsung besar.

Lakuemas adalah solusi yang paling efektif untuk menabung emas dari nominal kecil, karena bisa dimulai dari Rp. 50.000.

Yuk mulai menabung emas secara rutin bersama Lakuemas!

Lakuemas, Cara Baru Beli Emas

ARTIKEL LAINNYA

Di Tengah Gejolak Ekonomi, Tren Investasi Digital Justru Melonjak
Kamis, 19 November 2020
Di Tengah Gejolak Ekonomi, Tren Investasi Digital Justru Melonjak

Dilansir dari Kumparan.com - Siapa sangka, di tengah kondisi morat-maritnya ekonomi, kesadaran masyarakat untuk berinvestasi justru meningkat. Salah satu penyebabnya adalah investasi dinilai bisa menyelamatkan kondisi finansial saat situasi tak tentu seperti sekarang.


LANJUTKAN
Ongkos Naik Haji : Tabungan Emas atau Uang
Selasa, 10 November 2020
Ongkos Naik Haji : Tabungan Emas atau Uang

Salah satu cita-cita tertinggi seorang Muslim adalah dapat menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam yang kelima. Untuk mewujudkan terlaksananya ibadah fisik, spiritual dan finansial ini, Muslim di Indonesia diharuskan memiliki Ongkos Naik Haji (ONH).


LANJUTKAN
10 Film yang Menginspirasi Orang Berinvestasi
Senin, 02 November 2020
10 Film yang Menginspirasi Orang Berinvestasi

Walaupun investasi dan bisnis merupakan topik yang serius dan tidak cocok dijadikan sebuah film karena dibilang membosankan dan kurang menghibur, namun ternyata ada banyak film yang menjadikan investasi dan bisnis sebagai salah satu unsur cerita bahkan tema utama dari sebuah film.


LANJUTKAN