20

Oktober
2020

Cara Menabung Emas

Cara Menabung Emas

Halo Teman Lakuemas, bingung bagaimana cara menabung emas? Siapa saja tidak akan bisa menabung jika tidak memiliki dana, bukan? Hal ini berarti seharusnya pemenuhan kebutuhan primer terlebih dulu sudah diperhitungkan. Jadi, pastikan dana yang akan dipergunakan untuk membeli emas adalah dana dingin. Karena gain yang didapat dari kenaikan emas baru akan terasa setelah jangka panjang.

Setelah kita mengetahui berapa dana yang tersedia untuk membeli emas, maka selanjutnya tinggal melakukan langkah eksekusi. Meski demikian, ternyata ada tiga typical skenario yang sering dilakukan oleh para “penabung” dngan konsekuensinya masing-masing. Yuk kita bahas!

a. Menunggu sampai dana terkumpul

Sangat wajar jika ada pemikiran untuk menunggu saja sampai terkumpul uang untuk membeli emas, namun harus kita ingat bahwa ada opportunity cost yang hilang apabila harga emas naik selama masa penimbunan dana tersebut. Sehingga bisa saja setelah lima tahun berjalan, 100 gram emas tidak lagi seharga Rp50 juta, tetapi menjadi Rp60 juta.

Karena itu, untuk teknik menabung emas yang seperti ini, saran terbaik adalah untuk tidak mengincar bobot yang terlalu tinggi. Akan lebih baik menabung yang memang reacheable, misalnya yang bisa terbeli dalam enam bulan atau setahun.

b. Memaksakan diri membeli emas di luar kapasitasnya

Bayangkan, jika seandainya pada saat emas sudah dibeli, kemudian beberapa hari kemudian muncul kebutuhan mendadak. Emas yang telah dimiliki pun harus dijual, dan kemudian akan langsung muncul “kerugian” karena ada selisih antara harga jual dan harga beli dari emas yang cukup tinggi. Jadi, tidak disarankan untuk memaksakan diri.

Emas bisa menjadi dana darurat, hanya jika telah dimiliki sejak lama, dan bukan dikumpulkan untuk goal jangka pendek. Goal mengumpulkan emas saat ini, memang untuk tabungan jangka panjang, sehingga dapat dinikmati di masa mendatang.

c. Mengumpulkan secara perlahan-lahan

Untuk sebagian orang, membeli emas dalam jumlah 10 gram atau 25 gram bisa dirasa cukup berat, maka mulailah dengan jumlah sedikit, karena poin utama menabung adalah rutin.

Perkara menabung adalah soal habit, bukan kegiatan satu malam yang sekarang bisa menabung dan besok tak perlu melakukan apa pun. Habit menabung harus jangka panjang, bertahun-tahun tentu saja. Oleh karena itu, mulai saja dari kecil tapi rutin akan lebih efektif, ketimbang langsung besar.

Lakuemas adalah solusi yang paling efektif untuk menabung emas dari nominal kecil, karena bisa dimulai dari Rp. 50.000.

Yuk mulai menabung emas secara rutin bersama Lakuemas!

Lakuemas, Cara Baru Beli Emas

ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Rabu, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN