16

Januari
2023

Cara Membedakan Emas Asli Dan Emas Palsu, Wajib Tahu !

Cara Membedakan Emas Asli Dan Emas Palsu, Wajib Tahu !

Saat ini, tidak sedikit orang yang memanfaatkan keadaan emas yang sudah menjadi primadona masyarakat. Karena keberadaannya juga yang sering ditemui di pasaran, membuat orang awam sulit membedakan emas asli dan palsu secara akurat. Melihat data harga emas dari tahun 2020 sampai sekarang, emas mampu memberikan keuntungan yang luar biasa jika menjadikannya sebagai instrumen investasi. Selain itu, emas juga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan dan tidak pernah tergerus oleh bahaya resesi. Nah ketika sudah mengetahui keunggulan dalam berinvestasi emas, perlu diperhatikan juga hal-hal untuk memastikan kondisi emas tersebut asli atau palsu. Berikut ini cara membedakan emas asli dan palsu yang penting untuk diketahui :

1. Melihat fisik emas.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat ciri fisiknya. Biasanya emas murni terdapat cap yang menandakan kadar emas yang dikenal dengan memakai satuan karat dalam angka 10K (10 karat), 18K, 24K dan lainnya. Sedangkan untuk emas palsu tidak ada tulisan seperti itu atau tidak lengkap.

2. Melihat warnanya.

Selanjutnya, bisa dengan mencoba menggosokkan permukaan emas menggunakan telapak tangan atau telunjuk. Jika setelah digosok warnanya menjadi pudar, kemungkinan besar itu adalah emas palsu. Namun bisa tidak berubah warna, berarti itu emas asli.

3. Menggigit emas.

Emas adalah logam mulia lunak, sehingga mudah sekali dibentuk. Jika setelah digigit menimbulkan bekas, berarti emas tersebut adalah asli.

4. Uji dengan suara.

Dengan mengetuk-ngetuk emas menggunakan koin bisa menjadi salah satu cara untuk membedakan emas asli atau palsu secara alami. Bunyi emas asli akan membuat suara dering yang panjang dan bernada tinggi ketika beradu dengan logam lain. Sedangkan emas palsu akan bersuara lebih pendek.

5. Goreskan pada keramik atau kertas.

Ketika menggoreskan pada kertas atau keramik, emas asli tidak akan tergores sama sekali. Lain halnya dengan emas pals, mereka akan meninggalkan goresan-goresan kecil.

 

5 cara di atas bisa menjadi beberapa alternatif yang patut kita coba untuk menguji emas yang kita beli asli atau palsu. Dan lebih baik untuk membeli dan berinvestasi emas di platform yang sudah jelas keaslian dan kondisinya. Seperti di Lakuemas, kita bisa dengan yakin untuk berinvestasi karena emas yang ada di Lakuemas adalah asli dan diback up di kantor pusat Lakuemas. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mempercayakan tabungan emas kamu di Lakuemas ! 



Lakuemas, Your Trusted Digital Gold !

ARTIKEL LAINNYA

Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN
CETAK REKOR BARU !
Kamis, 14 Maret 2024
CETAK REKOR BARU !

Powell mengatakan The Fed "tidak jauh" dari mendapatkan keyakinan yang cukup bahwa inflasi sedang menuju target 2% yang ditetapkan The Fed untuk dapat memulai penurunan suku bunga. Para pedagang sekarang memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 74% nantinya pada bulan Juni, dibandingkan sekitar 63% pada tanggal 29 Februari, menurut Fedwatch Tool CME. Namun taruhan penurunan suku bunga mendorong harga emas, simak berita selengkapnya !


LANJUTKAN