16

Januari
2023

Cara Membedakan Emas Asli Dan Emas Palsu, Wajib Tahu !

Cara Membedakan Emas Asli Dan Emas Palsu, Wajib Tahu !

Saat ini, tidak sedikit orang yang memanfaatkan keadaan emas yang sudah menjadi primadona masyarakat. Karena keberadaannya juga yang sering ditemui di pasaran, membuat orang awam sulit membedakan emas asli dan palsu secara akurat. Melihat data harga emas dari tahun 2020 sampai sekarang, emas mampu memberikan keuntungan yang luar biasa jika menjadikannya sebagai instrumen investasi. Selain itu, emas juga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan dan tidak pernah tergerus oleh bahaya resesi. Nah ketika sudah mengetahui keunggulan dalam berinvestasi emas, perlu diperhatikan juga hal-hal untuk memastikan kondisi emas tersebut asli atau palsu. Berikut ini cara membedakan emas asli dan palsu yang penting untuk diketahui :

1. Melihat fisik emas.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat ciri fisiknya. Biasanya emas murni terdapat cap yang menandakan kadar emas yang dikenal dengan memakai satuan karat dalam angka 10K (10 karat), 18K, 24K dan lainnya. Sedangkan untuk emas palsu tidak ada tulisan seperti itu atau tidak lengkap.

2. Melihat warnanya.

Selanjutnya, bisa dengan mencoba menggosokkan permukaan emas menggunakan telapak tangan atau telunjuk. Jika setelah digosok warnanya menjadi pudar, kemungkinan besar itu adalah emas palsu. Namun bisa tidak berubah warna, berarti itu emas asli.

3. Menggigit emas.

Emas adalah logam mulia lunak, sehingga mudah sekali dibentuk. Jika setelah digigit menimbulkan bekas, berarti emas tersebut adalah asli.

4. Uji dengan suara.

Dengan mengetuk-ngetuk emas menggunakan koin bisa menjadi salah satu cara untuk membedakan emas asli atau palsu secara alami. Bunyi emas asli akan membuat suara dering yang panjang dan bernada tinggi ketika beradu dengan logam lain. Sedangkan emas palsu akan bersuara lebih pendek.

5. Goreskan pada keramik atau kertas.

Ketika menggoreskan pada kertas atau keramik, emas asli tidak akan tergores sama sekali. Lain halnya dengan emas pals, mereka akan meninggalkan goresan-goresan kecil.

 

5 cara di atas bisa menjadi beberapa alternatif yang patut kita coba untuk menguji emas yang kita beli asli atau palsu. Dan lebih baik untuk membeli dan berinvestasi emas di platform yang sudah jelas keaslian dan kondisinya. Seperti di Lakuemas, kita bisa dengan yakin untuk berinvestasi karena emas yang ada di Lakuemas adalah asli dan diback up di kantor pusat Lakuemas. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mempercayakan tabungan emas kamu di Lakuemas ! 



Lakuemas, Your Trusted Digital Gold !

ARTIKEL LAINNYA

INVESTASI AMAN EMAS DIGITAL
Selasa, 24 Januari 2023
INVESTASI AMAN EMAS DIGITAL

Emas digital adalah salah satu jenis emas 24 karat yang memungkinkan investor membelinya secara online tanpa beban penyimpanan. Di tengah perkembangan teknologi, kamu tidak hanya dapat membeli aset logam mulia berupa produk fisik di toko. Investor dapat melakukan beli simpan emas digital secara online. Aplikasi penyedia layanan investasi logam mulia menawarkan pembelian produk ini dengan mudah, aman, dan praktis.


LANJUTKAN
Gemstone Terlangka Dan Termahal Di Dunia
Selasa, 24 Januari 2023
Gemstone Terlangka Dan Termahal Di Dunia

Di dunia ini terdapat lebih dari 300 gemstone dengan keragaman jenis dan warna. Skala ada pada angka 1 – 10 dengan 1 mewakili mineral terapuh dan 10 untuk mineral paling keras. Dari jumlah tersebut setidaknya ada 7 yang dianggap sebagai gemstone terlangka dan paling mahal di dunia. Antara lain:


LANJUTKAN
Tips Mengumpulkan Tabungan Dengan Emas
Selasa, 17 Januari 2023
Tips Mengumpulkan Tabungan Dengan Emas

Buat sebagian orang mungkin sudah terpikirkan untuk menabung dari sekarang demi meminimalisir kekurangan atau kejadian yang mungkin terjadi di masa depan. Namun bagaimana cara klita menabung dan apakah bisa dimulai sejak sekarang supaya tabungan bisa cepat terkumpul, berikut ada tips nya !


LANJUTKAN