11

January
2024

Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?

Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?

Hai LakuFriends tak jarang kita mendengar bahwa sejumlah investor senang mengumpulkan aset safe haven. Ternyata salah satu komoditas yang sering disebut-sebut sebagai aset safe haven yaitu Emas. Logam Mulia Emas sebenarnya sudah menjadi salah satu pilihan investasi atau sarana menimbun kekayaan jauh sebelum kebanyakan orang mengenal investasi portofolio berupa surat berharga (saham, obligasi dan reksadana). Seiring waktu berjalan, mayoritas pelaku pasar lalu menganggap Emas sebagai aset yang aman dan nilainya makin bertambah. Emas digadang-gadang sebagai aset safe haven karena disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

1. Emas tidak berisiko kehilangan nilainya di tengah gejolak pasar keuangan

Emas dipercaya sebagai alat penyimpan nilai atau “store of value”. Emas tidak dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga, kebijakan moneter atau fiskal lainnya yang ditetapkan oleh bank sentral ataupun pemerintah. Safe haven banyak dicari investor untuk menghindarkan mereka dari kerugian ketika terjadi krisis keuangan. Itu sebabnya, harga Emas justru cenderung beranjak naik ketika ekonomi dunia diliputi ketidakpastian.

2. Emas  dapat mengurangi kerugian saat pasar saham menurun

Saat pasar saham menurun, sejumlah analis cenderung menyarankan untuk beralih ke emas. Emas dinilai mampu melindungi aset dari gerusan inflasi dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, Emas layaknya sebuah asuransi bagi investor ditengah krisis

3. Emas merupakan alat pertukaran dan medium pembayaran yang diakui di negara manapun

Seperti yang kita tahu, Emas memang pernah menjadi nilai tukar sebelum adanya uang kertas maupun logam dalam aktivitas ekonomi. Emas sering menjadi sorotan karena tak jarang juga kita melihat pergerakan Emas yang cukup dinamis.


Suatu aset dikatakan safe haven adalah ketika terjadi gejolak atau ketidakpastian dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan atau tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya. Dengan kata lain, Emas yang merupakan aset safe haven ini diharapkan dapat bertahan atau bahkan nilainya dapat meningkat ketika terjadi gejolak pasar atau ketika aset investasi lain tengah menurun. Oleh karena itu, di tengah ancaman krisis, investor akan cenderung memilih Emas untuk melindungi diri dari kerugian.


Yuk mulai nabung Emas dari sekarang hanya di LAKUEMAS! Kemudahan bertransaksi Emas dengan berbagai fitur yang bisa diakses hanya melalui genggaman. LAKUEMAS #YourOneStopSolutions 

ARTIKEL LAINNYA

Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !
Friday, 02 February 2024
Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !

Tau nggak sih memulai investasi dari sedini mungkin banyak sekali keuntungannya terutama untuk kehidupan finansial masa depan kamu nanti. Jadi nggak ada salahnya untuk mulai belajar investasi dari hari ini, karena investasi adalah suatu cara untuk membuat kondisi finansialmu lebih baik. Simak yuk artikel lengkapnya mengenai manfaat investasi di usia muda!


LANJUTKAN
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu
Thursday, 25 January 2024
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu

Hai LakuFriends transaksi secara digital saat ini marak penggunaannya dikarenakan lebih mudah dan efisien. Hal ini menyebabkan meningkatnya transaksi digital di Indonesia salah satunya adalah pembayaran menggunakan kartu kredit secara digital, dimana pemilik kartu kredit harus memasukkan data informasi kartu kredit ke dalam aplikasi atau e-commerce untuk membayar. Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan nih LakuFriends, simak artikel berikut yuk !


LANJUTKAN
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?
Thursday, 11 January 2024
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?

Suatu aset dikatakan safe haven adalah ketika terjadi gejolak atau ketidakpastian dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan atau tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya. Tak jarang juga kita mendengar bahwa sejumlah investor senang mengumpulkan aset safe haven. Dan salah satu komoditas yang sering disebut-sebut sebagai aset safe haven akan kita bahas dalam artikel kali ini !


LANJUTKAN