30

Juli
2021

Apa Saja Hidden Potential Dari Emas ?  Ini 3 Poin Diantaranya!

Apa Saja Hidden Potential Dari Emas ? Ini 3 Poin Diantaranya!

“The desire of gold is not for gold. It is for means of freedom and benefit”

Ralph Waldo Emerson.

 

Sesuai kutipan di atas, semua berakhir demi adanya financial freedom dan mampu merasakan manfaat jangka panjang. Semua orang mengetahui apa itu emas, namun tidak semua orang memahami secara utuh cara terbaik memandang emas dan memaksimalkan potensinya. Pandangan umum pastilah memahami bahwa emas merupakan barang konsumsi sebagai perhiasan juga merangkap sebagai instrumen investasi karena jumlahnya yang terbatas.

 

Namun apakah benar potensi maksimal emas hanya diperoleh dengan membeli kemudian menunggu kenaikan harga ?


Ini semua kembali kepada bagaimana cara kita memandang emas. Bila berbicara tentang emas sebagai instrumen investasi, emas memiliki banyak hidden potential yang bisa dimanfaatkan sebagaimana cara kita memandangnya, simak beberapa poin berikut:

 

1.Fokus terhadap Emas sebagai satu-satunya instrumen yang dipilih

   Performa Emas sebagai instrumen investasi merupakan salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan. Bila berbicara Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk dalam 5 tahun terakhir (2016-2021), Emas mampu memberikan bunga 12-13% per tahun konsisten selama 5 tahun. Dilihat dari data harga yang diambil di setiap tanggal 1 Januari setiap tahunnya.

2. Emas sebagai diversifikasi portfolio investasi

    Performa emas sebagai diversifikasi portfolio menjadikan emas sebagai penyeimbang profil resiko dari portfolio kita. Artinya ketika portfolio kita di pasar negatif, data historis menunjukkan emas akan bergerak positif. Namun Ketika pasar positif, emas tidak bergerak sebaliknya, namun tetap menunjukkan performa dan memberikan return yang kompetitif.

 

    Panduan umum menyarankan bila ingin menjadikan emas sebagai diversifikasi aset, porsi emas di dalam alokasi portfolio berada di angka 9 – 15%. Keputusan pengambilan persentase alokasi didasari terhadap profil resiko kita masing-masing. Semakin berisiko portfolio yang kita miliki, maka porsi emas yang wajib dimiliki juga semakin besar.

 

3. Emas sebagai penjaga nilai yang likuid

    Emas juga dapat dijadikan sebagai penyimpan dan penjaga nilai dari aset kita. Daripada menyimpan dalam bentuk mata uang di rekening kita masing-masing, menyimpan emas jauh lebih disarankan dan kita semua mengetahui bahwa nilai kita akan semakin tergerus dalam mata uang akibat adanya inflasi.

 

    Hal ini dapat kita strategikan dengan menyimpan aset dalam bentuk emas. Dengan tingkat pertumbuhan nilai tahunan di angka 12-13% selama 5 tahun ke belakang, tentu nilai aset kita akan tetap terjaga dan tumbuh bila dibandingkan dengan menyimpan dalam bentuk mata uang (rupiah).

 

Apakah instrumen emas cukup likuid bila dibutuhkan sewaktu-waktu?

Hal ini merupakan salah satu pain point yang kita miliki bila memilih emas sebagai substitusi mata uang. Dengan hadirnya platform Lakuemas, kita dimungkinkan untuk membeli dan menjual emas secara cepat dan aman. Hal ini membuat kita dapat mengalokasikan lebih dan  membuat emas sebagai penjaga nilai aset kita. Jangan ragu untuk percayakan platform digital emas yaitu Lakuemas ini sebagai teman anda, karena tidak hanya aset digital yang dilindungi, namun bentuk fisiknya pun terbukti di back up dengan aman.

 

“Like liberty, gold never stays where it is undervalued.” -J.S Morrill

ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Rabu, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Selasa, 26 Maret 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Senin, 18 Maret 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN