30

July
2021

Apa Saja Hidden Potential Dari Emas ?  Ini 3 Poin Diantaranya!

Apa Saja Hidden Potential Dari Emas ? Ini 3 Poin Diantaranya!

“The desire of gold is not for gold. It is for means of freedom and benefit”

Ralph Waldo Emerson.

 

Sesuai kutipan di atas, semua berakhir demi adanya financial freedom dan mampu merasakan manfaat jangka panjang. Semua orang mengetahui apa itu emas, namun tidak semua orang memahami secara utuh cara terbaik memandang emas dan memaksimalkan potensinya. Pandangan umum pastilah memahami bahwa emas merupakan barang konsumsi sebagai perhiasan juga merangkap sebagai instrumen investasi karena jumlahnya yang terbatas.

 

Namun apakah benar potensi maksimal emas hanya diperoleh dengan membeli kemudian menunggu kenaikan harga ?


Ini semua kembali kepada bagaimana cara kita memandang emas. Bila berbicara tentang emas sebagai instrumen investasi, emas memiliki banyak hidden potential yang bisa dimanfaatkan sebagaimana cara kita memandangnya, simak beberapa poin berikut:

 

1.Fokus terhadap Emas sebagai satu-satunya instrumen yang dipilih

   Performa Emas sebagai instrumen investasi merupakan salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan. Bila berbicara Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk dalam 5 tahun terakhir (2016-2021), Emas mampu memberikan bunga 12-13% per tahun konsisten selama 5 tahun. Dilihat dari data harga yang diambil di setiap tanggal 1 Januari setiap tahunnya.

2. Emas sebagai diversifikasi portfolio investasi

    Performa emas sebagai diversifikasi portfolio menjadikan emas sebagai penyeimbang profil resiko dari portfolio kita. Artinya ketika portfolio kita di pasar negatif, data historis menunjukkan emas akan bergerak positif. Namun Ketika pasar positif, emas tidak bergerak sebaliknya, namun tetap menunjukkan performa dan memberikan return yang kompetitif.

 

    Panduan umum menyarankan bila ingin menjadikan emas sebagai diversifikasi aset, porsi emas di dalam alokasi portfolio berada di angka 9 – 15%. Keputusan pengambilan persentase alokasi didasari terhadap profil resiko kita masing-masing. Semakin berisiko portfolio yang kita miliki, maka porsi emas yang wajib dimiliki juga semakin besar.

 

3. Emas sebagai penjaga nilai yang likuid

    Emas juga dapat dijadikan sebagai penyimpan dan penjaga nilai dari aset kita. Daripada menyimpan dalam bentuk mata uang di rekening kita masing-masing, menyimpan emas jauh lebih disarankan dan kita semua mengetahui bahwa nilai kita akan semakin tergerus dalam mata uang akibat adanya inflasi.

 

    Hal ini dapat kita strategikan dengan menyimpan aset dalam bentuk emas. Dengan tingkat pertumbuhan nilai tahunan di angka 12-13% selama 5 tahun ke belakang, tentu nilai aset kita akan tetap terjaga dan tumbuh bila dibandingkan dengan menyimpan dalam bentuk mata uang (rupiah).

 

Apakah instrumen emas cukup likuid bila dibutuhkan sewaktu-waktu?

Hal ini merupakan salah satu pain point yang kita miliki bila memilih emas sebagai substitusi mata uang. Dengan hadirnya platform Lakuemas, kita dimungkinkan untuk membeli dan menjual emas secara cepat dan aman. Hal ini membuat kita dapat mengalokasikan lebih dan  membuat emas sebagai penjaga nilai aset kita. Jangan ragu untuk percayakan platform digital emas yaitu Lakuemas ini sebagai teman anda, karena tidak hanya aset digital yang dilindungi, namun bentuk fisiknya pun terbukti di back up dengan aman.

 

“Like liberty, gold never stays where it is undervalued.” -J.S Morrill

ARTIKEL LAINNYA

Latte Factor Yang Menguntungkan, Emang Ada ?
Wednesday, 15 September 2021
Latte Factor Yang Menguntungkan, Emang Ada ?

Latte factor merupakan istilah yang dibuat oleh David Bach dan memiliki arti suatu kebiasaan yang dilakukan orang dalam menghabiskan penghasilan dari hal-hal kecil dan dilakukan sehari-hari. Namun taukah anda ? selain latte factor yang dirasa-rasa justru mengurangi esensi dari penghasilan yang kita terima dan terbuang begitu saja, sebetulnya ada satu latte factor yang bisa memberi keuntungan secara berkala yaitu dengan menabung emas.


LANJUTKAN
Rumus Li Ka Shing, Bisa Bikin Kaya ?
Wednesday, 08 September 2021
Rumus Li Ka Shing, Bisa Bikin Kaya ?

Cerita kesuksesan Li ternyata memiliki pola yang sama seperti matematika sederhana. Menambah penghasilan, mengurangi gaya hidup, mengalikan kekayaan, membagi harta, dan setelah melakukan keempat hal tersebut maka hasilnya sama dengan hidup bahagia, berkecukupan dan sejahtera.


LANJUTKAN
Reevaluating Our Mental Health In The Middle of Uncertainty
Monday, 06 September 2021
Reevaluating Our Mental Health In The Middle of Uncertainty

Lakuemas mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri sesi webinar dengan topik "Reevaluating Our Mental Health In The Middle of Uncertainty". Webinar akan menghadirkan Hasan Askari selaku Mental Health Counselor dan dipandu oleh Zivanna Letisha selaku Host. Webinar akan diadakan pada hari Rabu, 8 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB.


LANJUTKAN