01

Maret
2021

Alasan Menabung Emas, Safe Heaven yang Nilainya Tinggi Disaat Krisis

Alasan Menabung Emas, Safe Heaven yang Nilainya Tinggi Disaat Krisis

Di tengah banyaknya gejolak global seperti saat ini, kita sering kali mendengar bahwa ekonomi global terancam resesi. Tak jarang pula, kita mendengar bahwa sejumlah investor beralih menuju aset safe haven. Salah satu komoditas yang sering disebut-sebut sebagai aset safe haven adalah Emas.

Logam mulia emas sebenarnya sudah menjadi salah satu pilihan investasi atau sarana menimbun kekayaan jauh sebelum kebanyakan orang mengenal investasi portofolio berupa surat berharga (saham, obligasi dan reksadana).

Seiring waktu berjalan, mayoritas pelaku pasar lalu menganggap emas sebagai aset safe haven. Emas digadang-gadang sebagai aset safe haven disebabkan oleh beberapa hal seperti :

 

1. Emas tidak berisiko kehilangan nilainya di tengah gejolak pasar keuangan

Emas dipercaya sebagai alat penyimpan nilai atau “store of value”. Emas tidak dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga, kebijakan moneter atau fiskal lainnya yang ditetapkan oleh bank sentral ataupun pemerintah. Safe haven banyak dicari investor untuk menghindarkan mereka dari kerugian ketika terjadi krisis keuangan. Itu sebabnya, harga emas justru cenderung beranjak naik ketika ekonomi dunia diliputi ketidakpastian.

 

2. Emas  dapat mengurangi kerugian saat pasar saham menurun

Saat pasar saham menurun, sejumlah analis cenderung menyarankan untuk beralih ke emas. Emas dinilai mampu melindungi aset dari gerusan inflasi dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, emas layaknya sebuah asuransi bagi investor ditengah krisis

 

3. Emas merupakan alat pertukaran dan medium pembayaran yang diakui di negara manapun

Seperti yang kita tahu, Emas memang pernah menjadi nilai tukar sebelum adanya uang kertas maupun logam dalam aktivitas ekonomi. Tak heran di tengah gejolak seperti saat ini, sering kali emas ikut menjadi sorotan. Namun, tak jarang juga kita melihat pergerakan emas yang cukup dinamis.

 

Suatu aset dikatakan safe haven adalah ketika terjadi gejolak atau ketidakpastian dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan atau tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya.

 

Dengan kata lain, emas yang merupakan aset safe haven diharapkan dapat bertahan atau bahkan nilainya dapat meningkat ketika terjadi gejolak pasar atau ketika aset investasi lain tengah menurun. Oleh karena itu, di tengah ancaman krisis, investor akan cenderung memilih aset safe haven, salahsatunya emas, untuk melindungi diri dari kerugian.

 

Yuk mulai menabung emas di Lakuemas! Kemudahan bertransaksi emas dengan berbagai fitur hanya lewat genggaman #CaraBaruBeliEmas

ARTIKEL LAINNYA

Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?
Jumat, 16 April 2021
Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?

Kita tentu pernah mendengar tentang makanan berlapis emas seperti untuk pizza, es krim bahkan nasi goreng. Mengingat emas merupakan jenis logam mulia yang berharga tinggi, makanan yang dilapisi emas ini dianggap sebagai makanan mewah. Namun sebuah pertanyaan muncul mengenai aman atau tidaknya jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah dilapisi emas tersebut.


LANJUTKAN
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif
Rabu, 07 April 2021
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif

Pergerakan harga emas dianggap dinamis, karena secara umum harga emas cenderung selalu naik setiap tahunnya. Pada tahun 2015, harga emas di Indonesia hanya berkisar Rp 490.000 sampai Rp 530.000 per gram nya. Sekarang ini harga emas berada di kisaran Rp 850.000. Artinya harga emas sudah mengalami kenaikan hampir dua kali lipat!


LANJUTKAN
Perbedaan Menabung Emas dan Saham
Rabu, 31 Maret 2021
Perbedaan Menabung Emas dan Saham

Semakin banyak anak muda yang mulai berani untuk mencoba investasi dan mengenal pentingnya menabung demi masa depan yang lebih baik. Menabung dengan menyimpan uang di bank adalah suatu yang baik namun juga dinilai sudah mulai kuno dan kurang menguntungkan. Hal ini tentunya karena fakta bahwa nilai uang semakin lama semakin terus berubah.


LANJUTKAN