17

Pebruari
2021

7 Tips Wajib Tahu Sebelum Beli Perhiasan

7 Tips Wajib Tahu Sebelum Beli Perhiasan

Perhiasan emas menjadi sebuah barang menarik karena kecantikan dan kilaunya. Tak hanya itu, banyak hal menarik tentang perhiasan emas yang perlu Teman Lakuemas ketahui sebelum memilikinya. Berikut beberapa hal menarik mengenai perhiasan emas:

 

1. Karat Perhiasan Emas

Karat pada emas merupakan sistem pengukuran tingkat kemurnian sebuah emas. Sedangkan, kemurnian sebuah emas akan diukur berdasarkan jumlah presentase emas murni yang terdapat pada suatu logam emas/ perhiasan. Emas yang telah dibentuk menjadi sebuah perhiasan umumnya telah dicampur dengan logam lain.

 

2. Emas Tua Vs Emas Muda

Sama halnya dengan karat sebuah emas, emas tua dan emas muda pun ditentukan oleh kadar emas yang terdapat pada emas tersebut. Emas muda merupakan perhiasan yang memiliki kadar emas di bawah 42%, sedangkan emas tua adalah perhiasan emas dengan kadar di atas 42%. Namun, ada beberapa sumber mengatakan bahwa emas muda adalah perhiasan emas dengan kadar emas di bawah 70%. Sedangkan emas tua merupakan perhiasan emas dengan kadar emas di atas 70%. Jadi kesimpulannya adalah, emas muda menggunakan campuran emas lebih sedikit dibandingkan dengan campuran logam lain saat membentuk sebuah perhiasan emas.

 

3. Ragam Warna Emas

Perhiasan emas hadir dalam berbagai warna, seperti emas kuning, emas putih, dan emas pink atau rose gold. Namun, pada dasarnya perhiasan emas hadir dengan warna seperti namanya, yaitu emas. Lalu mengapa terdapat emas putih, emas pink atau rose gold dan warna lainnya? Warna-warna tersebut didapat dari campuran  emas dengan logam lain saat dibentuk menjadi sebuah perhiasan. Logam lain tersebut adalah nikel, alumunium, dan beberapa jenis logam putih lainnya.

 

4. Tips Jual Perhiasan Emas Dengan Harga Tinggi

Salah satu yang perlu Anda persiapkan untuk menjual perhiasan emas dengan harga yang tinggi adalah dengan melengkapi dokumen perhiasan tersebut. Umumnya pada dokumen perhiasan terdapat karakteristik perhiasan itu sendiri. Misalnya seperti berat emas, karat perhiasan dan lain-lain. Nah, jika dokumen perhiasan tersebut lengkap dan masih terbilang bagus, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan harga yang tinggi.

 

5. Hal yang Mempengaruhi Harga Perhiasan Emas

Harga sebuah perhiasan emas pada satu tempat dengan tempat yang lain, biasanya tidak akan sama, walaupun model dan desainnya sama. Banyak hal yang membuat harga perhiasan emas berbeda-beda. Hal – hal yang mempengaruhi harga emas adalah harga emas itu sendiri di pasaran, ongkos produksi, media penjualan emas seperti tempat atau toko perhiasan maupun online shop, serta kadar emasnya itu sendiri

 

6. Uji Keaslian Emas

Untuk mengetahui keaslian sebuah perhiasan emas atau tingkat kemurnian emas adalah dengan melihat sertifikat perhiasan tersebut. Misalnya saja perhiasan dengan label “10K” atau “14K” menunjukkan karat pada perhiasan tersebut. Jadi, semakin tinggi nilai karat pada sebuah perhiasan maka akan semakin tinggi pula harga perhiasan tersebut. Selain itu, Anda bisa mengecek keaslian sebuah emas dengan warna dari emas itu sendiri, tempat membeli perhiasan dan beberapa hal lain.

 

7. Mitos Fakta Perhiasan

Banyak mitos dan fakta perhiasan yang berkembang di masyarakat. Hal tersebut tentu membuat banyak orang berpikir harus percaya atau tidak tentang isu tersebut. Seperti contohnya “Berlian tidak akan hancur” merupakan mitos. Meskipun berlian termasuk batu yang paling keras bukan berarti berlian tidak dapat mengalami kerusakan. Selain itu pernyataan bahwa terdapat banyak tipe warna emas seperti emas kuning, emas putih, dan emas pink merupakan sebuah mitos. Faktanya adalah warna emas hanya ada satu yaitu warna emas itu sendiri. Beberapa warna emas tersebut hanya dihasilkan dari campuran logam lain.

 

Nah itu dia hal-hal menarik tentang perhiasan emas, Teman Lakuemas!

 

#Lakuemas #CaraBaruBeliEmas

ARTIKEL LAINNYA

Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?
Jumat, 16 April 2021
Emas Bisa Dimakan, Betul Nih?

Kita tentu pernah mendengar tentang makanan berlapis emas seperti untuk pizza, es krim bahkan nasi goreng. Mengingat emas merupakan jenis logam mulia yang berharga tinggi, makanan yang dilapisi emas ini dianggap sebagai makanan mewah. Namun sebuah pertanyaan muncul mengenai aman atau tidaknya jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah dilapisi emas tersebut.


LANJUTKAN
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif
Rabu, 07 April 2021
Penyebab Harga Emas yang Fluktuatif

Pergerakan harga emas dianggap dinamis, karena secara umum harga emas cenderung selalu naik setiap tahunnya. Pada tahun 2015, harga emas di Indonesia hanya berkisar Rp 490.000 sampai Rp 530.000 per gram nya. Sekarang ini harga emas berada di kisaran Rp 850.000. Artinya harga emas sudah mengalami kenaikan hampir dua kali lipat!


LANJUTKAN
Perbedaan Menabung Emas dan Saham
Rabu, 31 Maret 2021
Perbedaan Menabung Emas dan Saham

Semakin banyak anak muda yang mulai berani untuk mencoba investasi dan mengenal pentingnya menabung demi masa depan yang lebih baik. Menabung dengan menyimpan uang di bank adalah suatu yang baik namun juga dinilai sudah mulai kuno dan kurang menguntungkan. Hal ini tentunya karena fakta bahwa nilai uang semakin lama semakin terus berubah.


LANJUTKAN