02

August
2022

7 Tips Wajib Tahu Sebelum Beli Perhiasan

7 Tips Wajib Tahu Sebelum Beli Perhiasan

Perhiasan emas menjadi sebuah barang menarik karena kecantikan dan kilaunya. Tak hanya itu, banyak hal menarik tentang perhiasan emas yang perlu Lakufriends ketahui sebelum memilikinya. Berikut beberapa hal menarik mengenai perhiasan emas:

 

1. Karat Perhiasan Emas

Karat pada emas merupakan sistem pengukuran tingkat kemurnian sebuah emas. Sedangkan, kemurnian sebuah emas akan diukur berdasarkan jumlah presentase emas murni yang terdapat pada suatu logam emas/ perhiasan. Emas yang telah dibentuk menjadi sebuah perhiasan umumnya telah dicampur dengan logam lain.

 

2. Emas Tua Vs Emas Muda

Sama halnya dengan karat sebuah emas, emas tua dan emas muda pun ditentukan oleh kadar emas yang terdapat pada emas tersebut. Emas muda merupakan perhiasan yang memiliki kadar emas di bawah 42%, sedangkan emas tua adalah perhiasan emas dengan kadar di atas 42%. Namun, ada beberapa sumber mengatakan bahwa emas muda adalah perhiasan emas dengan kadar emas di bawah 70%. Sedangkan emas tua merupakan perhiasan emas dengan kadar emas di atas 70%. Jadi kesimpulannya adalah, emas muda menggunakan campuran emas lebih sedikit dibandingkan dengan campuran logam lain saat membentuk sebuah perhiasan emas.

 

3. Ragam Warna Emas

Perhiasan emas hadir dalam berbagai warna, seperti emas kuning, emas putih, dan emas pink atau rose gold. Namun, pada dasarnya perhiasan emas hadir dengan warna seperti namanya, yaitu emas. Lalu mengapa terdapat emas putih, emas pink atau rose gold dan warna lainnya? Warna-warna tersebut didapat dari campuran  emas dengan logam lain saat dibentuk menjadi sebuah perhiasan. Logam lain tersebut adalah nikel, alumunium, dan beberapa jenis logam putih lainnya.

 

4. Tips Jual Perhiasan Emas Dengan Harga Tinggi

Salah satu yang perlu Anda persiapkan untuk menjual perhiasan emas dengan harga yang tinggi adalah dengan melengkapi dokumen perhiasan tersebut. Umumnya pada dokumen perhiasan terdapat karakteristik perhiasan itu sendiri. Misalnya seperti berat emas, karat perhiasan dan lain-lain. Nah, jika dokumen perhiasan tersebut lengkap dan masih terbilang bagus, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan harga yang tinggi.

 

5. Hal yang Mempengaruhi Harga Perhiasan Emas

Harga sebuah perhiasan emas pada satu tempat dengan tempat yang lain, biasanya tidak akan sama, walaupun model dan desainnya sama. Banyak hal yang membuat harga perhiasan emas berbeda-beda. Hal – hal yang mempengaruhi harga emas adalah harga emas itu sendiri di pasaran, ongkos produksi, media penjualan emas seperti tempat atau toko perhiasan maupun online shop, serta kadar emasnya itu sendiri

 

6. Uji Keaslian Emas

Untuk mengetahui keaslian sebuah perhiasan emas atau tingkat kemurnian emas adalah dengan melihat sertifikat perhiasan tersebut. Misalnya saja perhiasan dengan label “10K” atau “14K” menunjukkan karat pada perhiasan tersebut. Jadi, semakin tinggi nilai karat pada sebuah perhiasan maka akan semakin tinggi pula harga perhiasan tersebut. Selain itu, Anda bisa mengecek keaslian sebuah emas dengan warna dari emas itu sendiri, tempat membeli perhiasan dan beberapa hal lain.

 

7. Mitos Fakta Perhiasan

Banyak mitos dan fakta perhiasan yang berkembang di masyarakat. Hal tersebut tentu membuat banyak orang berpikir harus percaya atau tidak tentang isu tersebut. Seperti contohnya “Berlian tidak akan hancur” merupakan mitos. Meskipun berlian termasuk batu yang paling keras bukan berarti berlian tidak dapat mengalami kerusakan. Selain itu pernyataan bahwa terdapat banyak tipe warna emas seperti emas kuning, emas putih, dan emas pink merupakan sebuah mitos. Faktanya adalah warna emas hanya ada satu yaitu warna emas itu sendiri. Beberapa warna emas tersebut hanya dihasilkan dari campuran logam lain.

 

Nah itu dia hal-hal menarik tentang perhiasan emas, Lakufriends !

ARTIKEL LAINNYA

Tips Menabung Untuk Pemula
Tuesday, 26 March 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Monday, 18 March 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN
CETAK REKOR BARU !
Thursday, 14 March 2024
CETAK REKOR BARU !

Powell mengatakan The Fed "tidak jauh" dari mendapatkan keyakinan yang cukup bahwa inflasi sedang menuju target 2% yang ditetapkan The Fed untuk dapat memulai penurunan suku bunga. Para pedagang sekarang memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 74% nantinya pada bulan Juni, dibandingkan sekitar 63% pada tanggal 29 Februari, menurut Fedwatch Tool CME. Namun taruhan penurunan suku bunga mendorong harga emas, simak berita selengkapnya !


LANJUTKAN