02

Agustus
2022

7 Tips Wajib Tahu Sebelum Beli Perhiasan

7 Tips Wajib Tahu Sebelum Beli Perhiasan

Perhiasan emas menjadi sebuah barang menarik karena kecantikan dan kilaunya. Tak hanya itu, banyak hal menarik tentang perhiasan emas yang perlu Lakufriends ketahui sebelum memilikinya. Berikut beberapa hal menarik mengenai perhiasan emas:

 

1. Karat Perhiasan Emas

Karat pada emas merupakan sistem pengukuran tingkat kemurnian sebuah emas. Sedangkan, kemurnian sebuah emas akan diukur berdasarkan jumlah presentase emas murni yang terdapat pada suatu logam emas/ perhiasan. Emas yang telah dibentuk menjadi sebuah perhiasan umumnya telah dicampur dengan logam lain.

 

2. Emas Tua Vs Emas Muda

Sama halnya dengan karat sebuah emas, emas tua dan emas muda pun ditentukan oleh kadar emas yang terdapat pada emas tersebut. Emas muda merupakan perhiasan yang memiliki kadar emas di bawah 42%, sedangkan emas tua adalah perhiasan emas dengan kadar di atas 42%. Namun, ada beberapa sumber mengatakan bahwa emas muda adalah perhiasan emas dengan kadar emas di bawah 70%. Sedangkan emas tua merupakan perhiasan emas dengan kadar emas di atas 70%. Jadi kesimpulannya adalah, emas muda menggunakan campuran emas lebih sedikit dibandingkan dengan campuran logam lain saat membentuk sebuah perhiasan emas.

 

3. Ragam Warna Emas

Perhiasan emas hadir dalam berbagai warna, seperti emas kuning, emas putih, dan emas pink atau rose gold. Namun, pada dasarnya perhiasan emas hadir dengan warna seperti namanya, yaitu emas. Lalu mengapa terdapat emas putih, emas pink atau rose gold dan warna lainnya? Warna-warna tersebut didapat dari campuran  emas dengan logam lain saat dibentuk menjadi sebuah perhiasan. Logam lain tersebut adalah nikel, alumunium, dan beberapa jenis logam putih lainnya.

 

4. Tips Jual Perhiasan Emas Dengan Harga Tinggi

Salah satu yang perlu Anda persiapkan untuk menjual perhiasan emas dengan harga yang tinggi adalah dengan melengkapi dokumen perhiasan tersebut. Umumnya pada dokumen perhiasan terdapat karakteristik perhiasan itu sendiri. Misalnya seperti berat emas, karat perhiasan dan lain-lain. Nah, jika dokumen perhiasan tersebut lengkap dan masih terbilang bagus, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan harga yang tinggi.

 

5. Hal yang Mempengaruhi Harga Perhiasan Emas

Harga sebuah perhiasan emas pada satu tempat dengan tempat yang lain, biasanya tidak akan sama, walaupun model dan desainnya sama. Banyak hal yang membuat harga perhiasan emas berbeda-beda. Hal – hal yang mempengaruhi harga emas adalah harga emas itu sendiri di pasaran, ongkos produksi, media penjualan emas seperti tempat atau toko perhiasan maupun online shop, serta kadar emasnya itu sendiri

 

6. Uji Keaslian Emas

Untuk mengetahui keaslian sebuah perhiasan emas atau tingkat kemurnian emas adalah dengan melihat sertifikat perhiasan tersebut. Misalnya saja perhiasan dengan label “10K” atau “14K” menunjukkan karat pada perhiasan tersebut. Jadi, semakin tinggi nilai karat pada sebuah perhiasan maka akan semakin tinggi pula harga perhiasan tersebut. Selain itu, Anda bisa mengecek keaslian sebuah emas dengan warna dari emas itu sendiri, tempat membeli perhiasan dan beberapa hal lain.

 

7. Mitos Fakta Perhiasan

Banyak mitos dan fakta perhiasan yang berkembang di masyarakat. Hal tersebut tentu membuat banyak orang berpikir harus percaya atau tidak tentang isu tersebut. Seperti contohnya “Berlian tidak akan hancur” merupakan mitos. Meskipun berlian termasuk batu yang paling keras bukan berarti berlian tidak dapat mengalami kerusakan. Selain itu pernyataan bahwa terdapat banyak tipe warna emas seperti emas kuning, emas putih, dan emas pink merupakan sebuah mitos. Faktanya adalah warna emas hanya ada satu yaitu warna emas itu sendiri. Beberapa warna emas tersebut hanya dihasilkan dari campuran logam lain.

 

Nah itu dia hal-hal menarik tentang perhiasan emas, Lakufriends !

ARTIKEL LAINNYA

Kalung Berlian Berkualitas Mewah dan Terbaru dari Frank & co.
Selasa, 09 Agustus 2022
Kalung Berlian Berkualitas Mewah dan Terbaru dari Frank & co.

Agar kalung berlian yang Anda kenakan menjadi lebih menarik perhatian, Anda perlu tahu cara memadupadankan kalung berlian wanita dengan gaya berpakaian. Tidak hanya itu, ternyata pemilihan liontin berlian berkualitas atau pendant juga menjadi yang utama agar kalung berlian terlihat elegan dan mewah.


LANJUTKAN
5 Rekomendasi Cincin Berlian Cocok Untuk Acara Formal
Senin, 08 Agustus 2022
5 Rekomendasi Cincin Berlian Cocok Untuk Acara Formal

Frank & co. mengeluarkan beberapa perhiasan baru yang merupakan pengembangan dari koleksi Flutter yang pernah dirilis sebelumnya. Koleksi Flutter ini menghadirkan cincin berlian terbaru yang cocok dipakai di acara formal. Cincin berlian wanita ini hadir dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi !


LANJUTKAN
The Palace Jeweler Luncurkan Seri Kasmaran, Terinspirasi Kisah Cinta
Jumat, 05 Agustus 2022
The Palace Jeweler Luncurkan Seri Kasmaran, Terinspirasi Kisah Cinta

Keindahan kisah cinta sepasang kekasih menjadi tema yang diusung label penyedia perhiasan lokal, The Palace Jeweler (PT Central Mega Kencana) untuk mengumumkan seri perhiasan terbaru. Diberi tajuk "Kasmaran", seri perhiasan ini merupakan kolaborasi lanjutan antara The Palace Jeweler dengan perancang busana ternama Tanah Air, Anne Avantie.


LANJUTKAN