24

Juni
2021

Sejarah si Magis: Emas

Sejarah si Magis: Emas

Emas adalah logam mulia yang mempunyai daya magis yang luar biasa, berbagai literatur dan penemuan mengungkapkan bahwa emas dapat memberikan daya tarik bagi manusia untuk mendapatkannya. Seiring perkembanganya, emas menjadi sebuah aset dan tidak hanya dijadikan sebagai perhiasan belaka. Dengan ditemukannya revolusi industri dan penemuan-penemuan modern dalam hal penambangan khususnya penambangan emas, menjadikan emas sebuah bahan tambang yang dapat dijadikan nilai tukar sebuah negara.

 

Pada zaman perang dunia kedua, dikabarkan dalam sebuah kisah. Rezim Hitler telah menghimpun emas untuk menjadikan rezimnya sebagai rezim yang terkuat di dunia dengan nilai tukar yang dia miliki untuk dapat melakukan berbagai macam ekspansi. Emas yang dihasilkan dari jarahan dari para korban yang akan dimasukkan ke dalam kamp konsentrasi. Harta mereka diambil dan dilebur. Cerita ini sudah lama menjadi hal yang masih misteri. Masih banyak emas jarahan Rezim Nazi yang belum ditemukan.

 

Perjalanan emas dari zaman ke zaman mengalami berbagai macam fungsi dan kegunaan. Tanpa mengurangi nilai emas itu sendiri sebagai logam mulia. Selain sebagai simbol sebuah kekayaan, emas pada Zaman Mesir menjadi alat tukar perdagangan dengan negara lain.


Pada zaman perdagangan tahun 1800 – dengan 1900-an, fungsi emas sebagai alat tukar masih digunakan sebagai alat tukar untuk melakukan perdagangan dengan negara lain. Sampai pada akhirnya fungsi emas hanya berfungsi sebagai perhiasan dan pertukaran perdagangan antar negara yang sudah diakui oleh dunia internasional. Pada zaman di era abad ke 21 emas menjadi sebuah pilihan untuk berinvestasi. Dengan berkembangnya teknologi yang ada, kemudian emas juga dijadikan asset backed untuk investasi digital, karena emas memiliki risiko yang rendah dibandingkan instrument investasi lainnya.

ARTIKEL LAINNYA

Apa Saja Hidden Potential Dari Emas ?  Ini 3 Poin Diantaranya!
Jumat, 30 Juli 2021
Apa Saja Hidden Potential Dari Emas ? Ini 3 Poin Diantaranya!

Semua orang mengetahui apa itu emas, namun tidak semua orang memahami secara utuh cara terbaik memandang emas dan memaksimalkan potensinya. Pandangan umum pastilah memahami bahwa emas merupakan barang konsumsi sebagai perhiasan juga merangkap sebagai instrumen investasi karena jumlahnya yang terbatas.


LANJUTKAN
4 Alasan Emas Menjadi Bahan Utama Perhiasan
Rabu, 21 Juli 2021
4 Alasan Emas Menjadi Bahan Utama Perhiasan

Hingga kini, emas selalu menjadi pilihan material paling populer untuk perhiasan. Apalagi variannya kini semakin bertambah, dengan hasil percampuran logam lain seperti rose gold dan emas putih. Namun, apa sih sebenarnya yang menjadi alasan logam mulia berwarna asli kekuningan ini semakin dicinta?


LANJUTKAN
Harga Emas Antam Goes To The Moon, Apa Iya?
Jumat, 16 Juli 2021
Harga Emas Antam Goes To The Moon, Apa Iya?

Logam Mulia Emas Antam diramal akan goes to the moon dan berpotensi mendekati angka Rp 1 juta/gram seiring dengan kenaikan harga emas dunia. Pada 28 Juli tahun lalu, emas Antam berhasil tembus Rp 964.120/gram untuk emas kepingan 100 gram yang lumrah dijadikan acuan.


LANJUTKAN