23

May
2022

Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia

Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia

                Emas merupakan salah satu komoditas berharga yang ada di dunia. Keberadaannya membuat segalanya terlihat menarik dan menguntungkan. Begitu berharganya, emas juga ikut diperdagangkan di seluruh dunia. Emas menjadi logam mulia yang banyak diminati bahkan di zaman sekarang sudah dikenal disegala usia. Baik untuk mata uang hingga perhiasan, emas sudah menjadi simbol kekayaan. Emas pertama kali sendiri ditemukan di sungai, dalam tanah kuno dengan kondisi yang masih sangat alami. Pada tahun 40.000 SM, pecahan emas ditemukan di gua-gua Spanyol. Di sekitaran tahun 3600 SM, emas sudah diolah melalui proses peleburan yang dilakukan oleh para tukang emas di Mesir.

                Di tahun 2600 SM, penduduk Mesopotomia kuno atau kini telah menjadi Republik Irak, sudah menempa emas menjadi perhiasan. Kaum Mesopotamia ini dipercaya sebagai manusia yang pertama kali menggunakan emas sebagai perhiasan. lalu di tahun 1223 SM makan Tutankhamen yang menjadi pusat ikonik atau peti mati Firaun dibuat dengan balutan emas. Dan pada tahun 950 SM, kuil pertama kaum Yahudi yakni Bait Salomo atau sekarang dikenal dengan nama Tembok Ratapan dibangun dengan konstruksi berbahan dasar emas. Di tahun 700 SM muncul pertama kali koin emas. Sejak saat itu koin emas digunakan sebagai mata uang menggantikan peraturan barter. Harga emas sudah bisa menggantikan mata uang ! Lalu di tahun 564 SM, Raja Croseus dari Lidia meningkatkan teknik pemurnian emas dan membangun mata uang emas internasional pertama.

                Logam mulia seperti emas ini memang memiliki nilai yang tinggi, karena sifatnya yang langka, tidak bisa pudar dan tahan korosi. Bahkan ribuan tahun lalu, emas identik dengan nilai kekayaan dan juga kekuasaan. Emas juga ditemukan sebagai nilai tukar karena ditemukannya koin emas pada kala itu. Setelahnya baru bermunculan emas sebagai perhiasan dan menjadi simbol dari kejayaan dan keindahan yang abadi.

Seiring dengan berkembangnya zaman, emas kemudian menjadi sebuah aset dan tidak menjadi sebagai perhiasan saja. Dengan ditemukannya penemuan modern dalam penambangan emas, hal tersebut  juga menjadikan emas sebuah bahan tambang yang dapat dijadikan nilai tukar sebuah negara.

                Dilansir juga dari situs resmi World Gold Council, pada abad ke-18 yaitu pada tahun 1854, Inggris dan beberapa koloninya menggunakan Gold Standart dimana ini merupakan sistem di mana berbagai negara menetapkan nilai mata uangnya dalam jumlah emas tertentu. Harga emas mulai ditetapkan dan disesuaikan nilainya dengan berbagai mata uang utama di dunia. Sementara negara-negara lainnya hanya menggunakan perak untuk mata uang.

                Selama era Bretton Woods System, ekonomi dunia tumbuh dengan cepat. Namun, memasuki tahun 1960-an London Gold Pool terbentuk dimana sebanyak 8 negara mengumpulkan cadangan emas mereka untuk mempertahankan harga emas dipatokan US$ 35 per ons dan mencegah harga emas bergerak naik. Kemudian pada tahun 1968, terjadi defisit neraca perdagangan AS yang kian meningkat. Dengan sentimen negatif terhadap dolar, akhirnya sejumlah bank sentral enggan menerima dolar dan situasi pun menjadi tidak bisa dipertahankan. Akhirnya, pada Agustus 1971 Presiden Nixon mengumumkan bahwa AS mengakhiri konvertibilitas dolar menjadi emas untuk bank sentral negara-negara lain. Bretton Wood System runtuh dan harga emas diperdagangkan secara bebas di pasar dunia.

ARTIKEL LAINNYA

Fakta Unik Tentang Emas
Monday, 27 June 2022
Fakta Unik Tentang Emas

Emas berhasil mencuri perhatian dengan memberi kesan tersendiri akan keberadaanya di dunia. Bukan hanya bagi kalangan yang sudah biasa memiliki emas, namun juga bagi yang baru mengenal emas dan akan mulai berinvestasi pada emas. Pada dasarnya, emas memiliki fakta-fakta unik, cari tahu di sini yuk !


LANJUTKAN
LAUNCHING CEREMONY - Lakuemas dan Bank Neo Commerce
Friday, 24 June 2022
LAUNCHING CEREMONY - Lakuemas dan Bank Neo Commerce

Gandeng Lakuemas, Bank Neo Commerce sediakan fitur investasi emas di aplikasi neobank. Emiten berkode BBYB, PT Bank Neo Commerce, Tbk (BNC) pada hari ini (22/6) di Jakarta, menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Laku Emas Indonesia (Lakuemas), sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan platform digital yang mana pengguna dapat melakukan pembelian, penyimpanan, dan penjualan emas kapanpun dan di manapun hanya melalui aplikasi. Tersedianya layanan jual beli emas digital ini akan mendukung aplikasi neobank dalam memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi logam mulia tersebut.


LANJUTKAN
Strategi Investasi Emas Di Zaman Sekarang
Tuesday, 21 June 2022
Strategi Investasi Emas Di Zaman Sekarang

emajuan teknologi semakin membuat kita dapat menjangkau dan mencari tahu segala sesuatu tentang emas. Namun jangan dilewatkan untuk menentukkan strategi yang tepat saat investasi emas agar tidak mengalami kerugian. Popularitasnya yang kian meluas dan diminati banyak orang, jadi tidak perlu khawatir untuk mencoba berinvestasi pada emas


LANJUTKAN