19

Agustus
2022

Rahasia Dibalik Asal Emas yang Ada di Bumi

Rahasia Dibalik Asal Emas yang Ada di Bumi

Lakufriends, seperti yang kita tahu, emas adalah salah satu logam mulia yang sangat terkenal di masyarakat Indonesia, dan yang paling banyak dicari. Emas memiliki harga yang tinggi karena untuk mendapatkannya harus menambang ke dalam arah perut bumi. Nah apakah kalian tahu bagaimana emas itu dapat terbentuk ? Sekilas emas dianggap sudah ada di dalam perut bumi dan kita bisa menambangnya langsung. Namun, ternyata ada rahasia dibaliknya.

 

Menurut penelitian, emas tersebut seharusnya tidak ada di Bumi ini karena logam mulia memang bukan berasal dari Bumi. Peneliti dari Universitas Bristol mengatakan bahwa emas berasal dari tabrakan meteorit yang terjadi lebih dari 200 juta tahun setelah Bumi terbentuk. Di dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature, selama pembentukan Bumi, besi cair tenggelam ke pusat planet untuk membentuk inti. Besi cair ini tidak memasuki perut Bumi sendiri, tapi membawa logam mulia juga. Hasil ini didapatkan oleh para peneliti setelah pembentukan inti Bumi tapi sebelum tabrakan meteorit terjadi.

Teori lain mengatakan bahwa emas terbentuk akibat tumbukan bintang supernova dan neutron yang terjadi sebelum tata surya ini ada. Secara teoritis, emas ini terbentuk melalui proses fusi nuklir, fisi, dan peluruhan radioaktif sehingga emas hampir tidak mungkin dibuat menggunakan reaksi kimia atau alkimia.

 

Menurut pengukuran presisi tinggi dari dua isotope atau varian atom, tungsten (jenis logam mulia lain yang juga dianggap langka) menunjukkan bahwa meteorit yang mengandung logam mulia itu telah menghantam Bumi. Tabrakan meteorit ini kemudian melapisi Bumi dengan kandungan emas. Setelah logam mulia ini memasuki inti Bumi, proses geologi pun kemudian terjadi dimana Benua terbentuk dan memusatkan logam mulia di kantong-kantong tambang saat ini.

 

Edo Berger dan para partnernya mempelajari ledakan sinar gamma pendek yang berlokasi 3,9 miliar tahun cahaya dari Bumi dan berlangsung kurang dari dua persepuluh detik. Buntut dari ledakan itu, memberi jalan bagi cahaya yang secara bertahap memudar dan didominasi sinar inframerah. Tim risetnya menduga bahwa sinar ledakan berasal dari material kaya neutron yang dilepaskan ke alam semesta oleh peristiwa tumbukan bintang-bintang neutron. Proses kosmik ini diyakini menjadikan emas langka, tak hanya di Bumi tapi juga di alam semesta.

 

Emas menjadi bernilai karena kelangkaannya dan juga rahasia dibalik darimana emas terbentuk, hal ini memiliki kesan tersendiri, karena asal usul logam mulia yang ternyata jauh lebih rumit dan kompleks dari yang dikira selama ini. Melibatkan peristiwa kosmik seperti yang dijelaskan di atas.

 

Beruntunglah kita yang sudah hidup jaman sekarang, telah banyak dimudahkan untuk bisa mendapatkan emas dan menjadikannya aset jangka panjang kita, karena emas terus memiliki nilai yang tinggi dan tidak habis dimakan waktu. Kita pun sekarang tidak perlu bingung untuk menemukan emas dan menabungnya, Lakuemas hadir dengan segala kemudahan itu !  Dijamin aman karena Lakuemas sudah berizin resmi dan terdaftarn di Bappebti Lakufriends :) 

 

 

Lakuemas telah resmi terdaftar Bappebti No. SK. 002/BAPPEBTI/P-ED/02/2022

ARTIKEL LAINNYA

Tips Padu Padan Outfit Dengan Men's Jewellery
Selasa, 06 Desember 2022
Tips Padu Padan Outfit Dengan Men's Jewellery

Men’s jewellery semakin populer di kalangan pria yang ingin tampil gaya tanpa mengurangi sisi maskulin mereka. Lantas, bagaimana padu padan perhiasan emas yang tepat untuk pria?


LANJUTKAN
Cara Memaksimalkan Tabungan Yang Perlu Dipraktikkan
Senin, 05 Desember 2022
Cara Memaksimalkan Tabungan Yang Perlu Dipraktikkan

Sudah mau akhir tahun nih Lakufriends, gimana kondisi tabungan kamu ? Apa target tabungan kamu sudah jauh dari harapan ? Nah sebenarnya menabung bukan hanya untuk memastikan kesejahteraan kamu di masa depan, tapi juga berguna sebagai pegangan masa kini untuk berbagai kebutuhan yang tidak terduga.. Karena itu, yukl coba lebih disiplin lagi dan ikuti cara memaksimalkan tabungan berikut ini !


LANJUTKAN
CMK Resmikan Gerai Ke-100 Melalui The Palace Jeweler
Jumat, 02 Desember 2022
CMK Resmikan Gerai Ke-100 Melalui The Palace Jeweler

Gerai baru di Surabaya ini juga menjadi bukti pencapaian CMK yang telah puluhan tahun berkiprah sebagai pelakuterdepan dalam industri ritel perhiasan Nusantara. Capaian ini uga menjadi sebuah capaian yang menjadi tolak ukur baru bagi pelaku-pelaku ritel perhiasan di Indonesia. Momentum yang juga menjadi tonggak sejarah baru ini pun menjadi sebuah roda penggerak bagi CMK untuk semakin berinovasidan berekspansi.


LANJUTKAN