20

Mei
2022

5 Daerah Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia

5 Daerah Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia

                Indonesia merupakan salah satu negara produsen emas di dunia. Tercatat ada lima daerah yang ditunjuk sebagai penghasil emas terbesar di Indonesia. Seperti yang kita tahu, emas umumnya banyak dimanfaatkan untuk perhiasan, fotografi hingga perkakas laboratorium ilmiah. Dan diketahui juga, produksi emas di Indonesia diperkirakan mencapai 48 ton per tahun! Dengan demikian, Indonesia telah menjadi negara penghasil emas urutan ke-3 se Asia.

                Adapun produksi emas di Indonesia pada tahun lalu berdasarkan data Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba) Kementrian ESDM, tercatat sebesar 78,9 ton. Sementara tahun ini, produksi ditargetkan meningkat 20% menjadi 94,9 ton. Diketahui juga bahwa total produksi emas Indonesia pada 2022 ini sebanyak 100,9 ton dimana produksi emas tersebut mayoritas dari tambang Grasberg di Mimika, Papua.

                Dalam artikel ini kita akan mengetahui kota mana saja yang menjadi penghasil emas terbesar di Indonesia. Yuk kita simak !

1. Papua, Papua menjadi kota pertama penghasil emas terbesar di Indonesia, khususnya di Kabupaten Mimika. Daerah tersebut juga merupakan penghasil tambang emas terbesar yang dikelola PT. Freeport Indonesia. Tercatat bahwa setiap harinya PT. Freeport Indonesia bisa menghasilkan 240kg emas murni.

2. Sumbawa, pulau Sumbawa tepatnya di penambangan Batu Hijau, NTB merupakan kota penghasil emas terbesar di Indonesia setelah Papua. Di lokasi ini, telah berhasil ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons. Keberadaanya tersebut telah dilirik negara tetangga loh.

3. Gosowong, Gosowong telah menempati posisi ke 3 sebagai lokasi tambang emas terbesar di Indonesia. Daerah ini dikelola oleh perusahaan BUMN, yakni PT. Aneka Tambang.  Selama proses penambangan, setidaknya ada 20 juta ons yang sudah ditemukan dari tanah Halmahera ini.

4. Pujon, Desa Pujon, Kalimantan Tengah menjadi salah satu lokasi penghasil emas terbesar di Indonesia. Desa ini sering dijuluki sebagai Desa Emas karena memiliki banyak bijih emas. Diketahui cadangan emas di tambang ini telah diperhitungkan tidak akan habis ika digunakan hingga beberapa puluh tahun mendatang.

5. Tujuh Bukit, Banyuwangi , Jawa Timur termasuk salah satu kota penghasil emas terbesar di Indonesia. Lokasi ini memiliki cadangan mineral yang diperkirakan mencapai 1,9 miliar ton. Dari total tersebut, 28 juta ons diantaranya adalah emas.

 

ARTIKEL LAINNYA

Fakta Unik Tentang Emas
Senin, 27 Juni 2022
Fakta Unik Tentang Emas

Emas berhasil mencuri perhatian dengan memberi kesan tersendiri akan keberadaanya di dunia. Bukan hanya bagi kalangan yang sudah biasa memiliki emas, namun juga bagi yang baru mengenal emas dan akan mulai berinvestasi pada emas. Pada dasarnya, emas memiliki fakta-fakta unik, cari tahu di sini yuk !


LANJUTKAN
LAUNCHING CEREMONY - Lakuemas dan Bank Neo Commerce
Jumat, 24 Juni 2022
LAUNCHING CEREMONY - Lakuemas dan Bank Neo Commerce

Gandeng Lakuemas, Bank Neo Commerce sediakan fitur investasi emas di aplikasi neobank. Emiten berkode BBYB, PT Bank Neo Commerce, Tbk (BNC) pada hari ini (22/6) di Jakarta, menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Laku Emas Indonesia (Lakuemas), sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan platform digital yang mana pengguna dapat melakukan pembelian, penyimpanan, dan penjualan emas kapanpun dan di manapun hanya melalui aplikasi. Tersedianya layanan jual beli emas digital ini akan mendukung aplikasi neobank dalam memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi logam mulia tersebut.


LANJUTKAN
Strategi Investasi Emas Di Zaman Sekarang
Selasa, 21 Juni 2022
Strategi Investasi Emas Di Zaman Sekarang

emajuan teknologi semakin membuat kita dapat menjangkau dan mencari tahu segala sesuatu tentang emas. Namun jangan dilewatkan untuk menentukkan strategi yang tepat saat investasi emas agar tidak mengalami kerugian. Popularitasnya yang kian meluas dan diminati banyak orang, jadi tidak perlu khawatir untuk mencoba berinvestasi pada emas


LANJUTKAN