20

May
2022

5 Daerah Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia

5 Daerah Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia

                Indonesia merupakan salah satu negara produsen emas di dunia. Tercatat ada lima daerah yang ditunjuk sebagai penghasil emas terbesar di Indonesia. Seperti yang kita tahu, emas umumnya banyak dimanfaatkan untuk perhiasan, fotografi hingga perkakas laboratorium ilmiah. Dan diketahui juga, produksi emas di Indonesia diperkirakan mencapai 48 ton per tahun! Dengan demikian, Indonesia telah menjadi negara penghasil emas urutan ke-3 se Asia.

                Adapun produksi emas di Indonesia pada tahun lalu berdasarkan data Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba) Kementrian ESDM, tercatat sebesar 78,9 ton. Sementara tahun ini, produksi ditargetkan meningkat 20% menjadi 94,9 ton. Diketahui juga bahwa total produksi emas Indonesia pada 2022 ini sebanyak 100,9 ton dimana produksi emas tersebut mayoritas dari tambang Grasberg di Mimika, Papua.

                Dalam artikel ini kita akan mengetahui kota mana saja yang menjadi penghasil emas terbesar di Indonesia. Yuk kita simak !

1. Papua, Papua menjadi kota pertama penghasil emas terbesar di Indonesia, khususnya di Kabupaten Mimika. Daerah tersebut juga merupakan penghasil tambang emas terbesar yang dikelola PT. Freeport Indonesia. Tercatat bahwa setiap harinya PT. Freeport Indonesia bisa menghasilkan 240kg emas murni.

2. Sumbawa, pulau Sumbawa tepatnya di penambangan Batu Hijau, NTB merupakan kota penghasil emas terbesar di Indonesia setelah Papua. Di lokasi ini, telah berhasil ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons. Keberadaanya tersebut telah dilirik negara tetangga loh.

3. Gosowong, Gosowong telah menempati posisi ke 3 sebagai lokasi tambang emas terbesar di Indonesia. Daerah ini dikelola oleh perusahaan BUMN, yakni PT. Aneka Tambang.  Selama proses penambangan, setidaknya ada 20 juta ons yang sudah ditemukan dari tanah Halmahera ini.

4. Pujon, Desa Pujon, Kalimantan Tengah menjadi salah satu lokasi penghasil emas terbesar di Indonesia. Desa ini sering dijuluki sebagai Desa Emas karena memiliki banyak bijih emas. Diketahui cadangan emas di tambang ini telah diperhitungkan tidak akan habis ika digunakan hingga beberapa puluh tahun mendatang.

5. Tujuh Bukit, Banyuwangi , Jawa Timur termasuk salah satu kota penghasil emas terbesar di Indonesia. Lokasi ini memiliki cadangan mineral yang diperkirakan mencapai 1,9 miliar ton. Dari total tersebut, 28 juta ons diantaranya adalah emas.

 

ARTIKEL LAINNYA

Di Luar Ekspektasi !
Wednesday, 03 April 2024
Di Luar Ekspektasi !

Data ekonomi yang kuat dibandingkan dengan data indeks harga PCE inti, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed yang melambat lebih dari perkiraan pada bulan Februari, menunjukkan bahwa kejutan kenaikan inflasi baru-baru ini mungkin merupakan penyimpangan dari tren deflasi. Sentimen terhadap emas safe-haven juga didukung oleh ketegangan geopolitik yang meningkat. Berikut selengkapnya !


LANJUTKAN
Tips Menabung Untuk Pemula
Tuesday, 26 March 2024
Tips Menabung Untuk Pemula

Dalam berjalannya waktu, hal yang harus dipersiapkan adalah kebutuhan finansial untuk bisa menopang kehidupan kita dari hari demi hari. Banyak godaan dan pilihan yang membuat kita terkadang menjadi salah langkah. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, kita bisa kuat memulai untuk menabung agar kondisi finansial kita tetap aman ditengah kehidupan yang tidak pasti dan dipenuhi hal tidak terduga. Yang aman dan bisa kamu coba dari sekarang adalah nabung emas. Kok bisa nabung emas itu aman ? Simak selengkapnya di artikel berikut !


LANJUTKAN
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi
Monday, 18 March 2024
Tips Menghadapi Ketidakpastian Ekonomi

LakuFriends, kondisi ekonomi global yang silih datang berganti memang dapat mempengaruhi kondisi keuangan kita secara pribadi. Terlebih bagi kita yang sudah merencanakan banyak hal bahkan hingga ke hari spesial. Maka dari itu kita perlu mempersiapkannya untuk bisa bertahan ditengah situasi yang tidak pasti. Dapetin tipsnya disini !


LANJUTKAN