15

Juni
2022

Lima Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu, Wajib Tahu !

Lima Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu, Wajib Tahu !

Saat ini, tidak sedikit orang yang memanfaatkan keadaan emas yang sudah menjadi primadona masyarakat. Karena keberadaannya juga yang sering ditemui di pasaran, membuat orang awam sulit membedakan emas asli dan palsu secara akurat. Melhat data harga emas pada tahun 2020 sampai sekarang yang sudah mencapai 900 ribu per gramnya mampu memberikan keuntungan yang luar biasa jika menggunakan emas sebagai investasi. Selain itu, emas juga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan dan tidak pernah tergerus oleh inflasi. Nah ketika sudah mengetahui keunggulan dalam berinvestasi emas, perlu diperhatikan juga hal-hal untuk memastikan kondisi emas tersebut asli atau palsu. Berikut ini cara membedakan emas asli dan palsu yang penting untuk diketahui :

1. Melihat fisik emas.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat ciri fisiknya. Biasanya emas murni terdapat cap yang menandakan kadar emas yang dikenal dengan memakai satuan karat dalam angka 10K (10 karat), 18K, 24K dan lainnya. Sedangkan untuk emas palsu tidak ada tulisan seperti itu atau tidak lengkap.

2. Melihat warnanya.

Selanjutnya, bisa dengan mencoba menggosokkan permukaan emas menggunakan telapak tangan atau telunjuk. Jika setelah digosok warnanya menjadi pudar, kemungkinan besar itu adalah emas palsu. Namun bisa tidak berubah warna, berarti itu emas asli.

3. Menggigit emas.

Emas adalah logam mulia lunak, sehingga mudah sekali dibentuk. Jika setelah digigit menimbulkan bekas, berarti emas tersebut adalah asli.

4. Uji dengan suara.

Dengan mengetuk-ngetuk emas menggunakan koin bisa menjadi salah satu cara untuk membedakan emas asli atau palsu secara alami. Bunyi emas asli akan membuat suara dering yang panjang dan bernada tinggi ketika beradu dengan logam lain. Sedangkan emas palsu akan bersuara lebih pendek.

5. Goreskan pada keramik atau kertas.

Ketika menggoreskan pada kertas atau keramik, emas asli tidak akan tergores sama sekali. Lain halnya dengan emas pals, mereka akan meninggalkan goresan-goresan kecil.

 

5 cara di atas bisa menjadi beberapa alternatif yang patut kita coba untuk menguji emas yang kita beli asli atau palsu. Dan lebih baik untuk membeli dan berinvestasi emas di platform yang sudah jelas keaslian dan kondisinya. Seperti di Lakuemas, kita bisa dengan yakin untuk berinvestasi karena emas yang ada di Lakuemas adalah asli dan diback up di kantor pusat Lakuemas. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mempercayakan tabungan emas kamu di Lakuemas ! 

ARTIKEL LAINNYA

Satuan Karat Dalam Emas, Apa Arti Sesungguhnya ?
Selasa, 27 September 2022
Satuan Karat Dalam Emas, Apa Arti Sesungguhnya ?

Secara umum, produk emas yang memiliki karat di bawah 23 adalah perhiasan, yang memang sudah tentu harus dicampur dengan logam lain agar tidak mudah rusak. Sementara emas yang 24 karat sangat jarang atau bahkan tidak pernah dibuat menjadi perhiasan. Lalu, adakah produk emas 24 karat? Jawabannya ada !


LANJUTKAN
4 Kesalahan Saat Mengenakan Men's Jewellery
Senin, 26 September 2022
4 Kesalahan Saat Mengenakan Men's Jewellery

Nah perlu diketahui juga bahwa ini sama sekali tidak benar. Tidak ada salahnya pria mengenakan perhiasan. Asalkan dilakukan dengan padu padan yang tepat, pria tetap tampil maskulin dengan men’s jewellery di tubuh mereka. Bahkan perhiasan tersebut bisa dijadikan hadiah menarik untuk diri sendiri.


LANJUTKAN
Pentingnya Self Reward Bagi Diri Sendiri, Apa Saja ?
Jumat, 16 September 2022
Pentingnya Self Reward Bagi Diri Sendiri, Apa Saja ?

Bukan dari orang lain, reward yang seharusnya diberikan berasal dari diri sendiri atau dikenal dengan istilah self reward . Hal itu bukan sebagai tolok ukur keberhasilan namun memiliki hal yang lebih penting di baliknya.


LANJUTKAN