15

June
2022

Lima Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu, Wajib Tahu !

Lima Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu, Wajib Tahu !

Saat ini, tidak sedikit orang yang memanfaatkan keadaan emas yang sudah menjadi primadona masyarakat. Karena keberadaannya juga yang sering ditemui di pasaran, membuat orang awam sulit membedakan emas asli dan palsu secara akurat. Melhat data harga emas pada tahun 2020 sampai sekarang yang sudah mencapai 900 ribu per gramnya mampu memberikan keuntungan yang luar biasa jika menggunakan emas sebagai investasi. Selain itu, emas juga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan dan tidak pernah tergerus oleh inflasi. Nah ketika sudah mengetahui keunggulan dalam berinvestasi emas, perlu diperhatikan juga hal-hal untuk memastikan kondisi emas tersebut asli atau palsu. Berikut ini cara membedakan emas asli dan palsu yang penting untuk diketahui :

1. Melihat fisik emas.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat ciri fisiknya. Biasanya emas murni terdapat cap yang menandakan kadar emas yang dikenal dengan memakai satuan karat dalam angka 10K (10 karat), 18K, 24K dan lainnya. Sedangkan untuk emas palsu tidak ada tulisan seperti itu atau tidak lengkap.

2. Melihat warnanya.

Selanjutnya, bisa dengan mencoba menggosokkan permukaan emas menggunakan telapak tangan atau telunjuk. Jika setelah digosok warnanya menjadi pudar, kemungkinan besar itu adalah emas palsu. Namun bisa tidak berubah warna, berarti itu emas asli.

3. Menggigit emas.

Emas adalah logam mulia lunak, sehingga mudah sekali dibentuk. Jika setelah digigit menimbulkan bekas, berarti emas tersebut adalah asli.

4. Uji dengan suara.

Dengan mengetuk-ngetuk emas menggunakan koin bisa menjadi salah satu cara untuk membedakan emas asli atau palsu secara alami. Bunyi emas asli akan membuat suara dering yang panjang dan bernada tinggi ketika beradu dengan logam lain. Sedangkan emas palsu akan bersuara lebih pendek.

5. Goreskan pada keramik atau kertas.

Ketika menggoreskan pada kertas atau keramik, emas asli tidak akan tergores sama sekali. Lain halnya dengan emas pals, mereka akan meninggalkan goresan-goresan kecil.

 

5 cara di atas bisa menjadi beberapa alternatif yang patut kita coba untuk menguji emas yang kita beli asli atau palsu. Dan lebih baik untuk membeli dan berinvestasi emas di platform yang sudah jelas keaslian dan kondisinya. Seperti di Lakuemas, kita bisa dengan yakin untuk berinvestasi karena emas yang ada di Lakuemas adalah asli dan diback up di kantor pusat Lakuemas. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mempercayakan tabungan emas kamu di Lakuemas ! 

ARTIKEL LAINNYA

Fakta Unik Tentang Emas
Monday, 27 June 2022
Fakta Unik Tentang Emas

Emas berhasil mencuri perhatian dengan memberi kesan tersendiri akan keberadaanya di dunia. Bukan hanya bagi kalangan yang sudah biasa memiliki emas, namun juga bagi yang baru mengenal emas dan akan mulai berinvestasi pada emas. Pada dasarnya, emas memiliki fakta-fakta unik, cari tahu di sini yuk !


LANJUTKAN
LAUNCHING CEREMONY - Lakuemas dan Bank Neo Commerce
Friday, 24 June 2022
LAUNCHING CEREMONY - Lakuemas dan Bank Neo Commerce

Gandeng Lakuemas, Bank Neo Commerce sediakan fitur investasi emas di aplikasi neobank. Emiten berkode BBYB, PT Bank Neo Commerce, Tbk (BNC) pada hari ini (22/6) di Jakarta, menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Laku Emas Indonesia (Lakuemas), sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan platform digital yang mana pengguna dapat melakukan pembelian, penyimpanan, dan penjualan emas kapanpun dan di manapun hanya melalui aplikasi. Tersedianya layanan jual beli emas digital ini akan mendukung aplikasi neobank dalam memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi logam mulia tersebut.


LANJUTKAN
Strategi Investasi Emas Di Zaman Sekarang
Tuesday, 21 June 2022
Strategi Investasi Emas Di Zaman Sekarang

emajuan teknologi semakin membuat kita dapat menjangkau dan mencari tahu segala sesuatu tentang emas. Namun jangan dilewatkan untuk menentukkan strategi yang tepat saat investasi emas agar tidak mengalami kerugian. Popularitasnya yang kian meluas dan diminati banyak orang, jadi tidak perlu khawatir untuk mencoba berinvestasi pada emas


LANJUTKAN