22

April
2021

Asal Pembuatan Emas Batangan

Asal Pembuatan Emas Batangan

Emas adalah salah satu logam mulia paling dicari. Emas memiliki harga yang tinggi karena cara untuk mendapatkannya harus menambang cukup dalam ke arah perut bumi. Nilai dari karakteristiknya membuat emas menjadi alat yang menguntungkan. Dan saat ini, Indonesia memproduksi sekitar 4% dari produksi emas global, setengahnya berasal dari pertambangan raksasa Grasberg, tambang emas terbesar di dunia, berada di wilayah barat pulau Papua.

 

Berbicara emas yang didapatkan dengan cara ditambang atau digali, ternyata hal ini disesuaikan dengan keadaan penambangan. Salah satu dari sekian metode penambangan yang ada yaitu  open pit. Open pit mining atau penambangan terbuka adalah metode yang dilakukan langsung pada permukaan areal tambang. Namun lapisan tanah penutup / overburden harus digali terlebih dahulu. Keputusan untuk melakukan penambangan terbuka pun harus melalui proses observasi dan riset yang mendalam.


Emas memang menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan, apalagi dalam bentuk emas batangan murni 24K. Tingginya harga emas ini tak lepas dari proses emas logam mulia yang terbentuk dari emas biji menjadi emas batangan murni yang butuh perjalanan panjang. Nah, berikut adalah 5 tahapan terbentuknya emas batangan:

 

1. Bahan baku yang dapat digunakan dalam pembuatan emas batangan, yaitu emas dari hasil tambang yang berupa bongkahan batu atau bahan juga dapat berupa dari scrap atau hasil perhiasan yang telah rusak, patah, atau yang telah tidak digunakan kembali.

 

2. Pencucian emas. Pencucian ini berfungsi untuk menghilangkan kandungan logam lain yang ada didalam emas. Terdapat dua larutan yang akan digunakan yaitu larutan pertama untuk memisahkan besi dan logam utama lainnya dari emas. Larutan kedua digunakan untuk memisahkan perak dari emas sehingga nantinya akan didapatkan emas murni.

 

3. Pencairan emas pertama. Metode ini dilakukan pada emas rongsok dengan cara mencairkan emas pada suhu 1400 derajat celcius, lalu akan dicetak dalam bentuk batangan.

 

4. Emas batangan yang didapatkan akan dipanaskan kembali dan dimasukan kedalam cairan klorin. Hasil dari pencairan kedua ini adalah bentuk cornflakes dengan kadar sekitar 90%.

 

5. Melelehkan kembali hasil sebelumnya dan dicampurkan kembali dengan larutan kimia. Lalu hasil lelehan yang didapat akan disaring dan dicetak sesuai gramasi yang diinginkan.

 

Proses perjalanan biji emas dari tambang hingga menjadi emas batangan memang tidak singkat, rumit namun mengagumkan! Untuk itulah sebanding dengan harga emas yang terus melambung dari waktu ke waktu.

 

Emas batangan yang paling kecil diproduksi yaitu dengan ukuran berat 1 gram, dan saat ini emas sudah menjadi pilihan masyarakat luas sebagai teman tabungan jangka panjangnya. Mendapatkannya pun sekarang tidak perlu menunggu selama prosesnya, karena cukup dengan mendownload aplikasi Lakuemas, pilih gramasi yang diinginkan, kemudian kita sudah memiliki saldo emas sendiri dan dapat dengan mudah menarik bentuk fisiknya.


Saatnya beli emas dari sekarang di Lakuemas, Cara Baru Beli Emas.

ARTIKEL LAINNYA

Penemuan Bongkahan Emas Terbesar di Dunia
Tuesday, 15 June 2021
Penemuan Bongkahan Emas Terbesar di Dunia

Di dunia, aktivitas penambangan sudah ada sejak 6.000 tahun lalu. Akan tetapi, sebenarnya manusia pada zaman Paleolitik telah melakukan penambangan batu hematit (FE3O4¬) untuk membuat pigmen pewarna merah. Sedangkan aktivitas penambangan logam, terutama emas dimulai sekitar 4.000 tahun lalu dengan metode tambang bawah tanah.


LANJUTKAN
Cara Mengetahui Emas KW Agar Tidak Tertipu
Wednesday, 09 June 2021
Cara Mengetahui Emas KW Agar Tidak Tertipu

Namun bagi kamu yang baru akan memulai menabung dengan pilihan instrumen ini, ada baiknya memperhatikan beberapa hal atau cara dibawah ini untuk mengetahui emas tersebut asli atau KW agar tidak tertipu.


LANJUTKAN
Kripto & Emas, Mana yang Lebih Juara ?
Thursday, 27 May 2021
Kripto & Emas, Mana yang Lebih Juara ?

mas dapat dibilang juaranya aset investasi, yang paling tepat karena selalu konsisten menunjukkan tren positif dalam jangka panjang. Nilai emas tidak mudah naik-turun dan cenderung minim risiko dibandingkan instrumen lainnya. Dan sekarang merupakan momen baik kita untuk mulai beli emas sebelum harga melambung tinggi, jangan khawatir di Lakuemas selalu up to date harganya ! secara realtime akan diinfokan bahkan kita tidak perlu membuka aplikasinya.


LANJUTKAN