28

Desember
2023

Emas Naik, Bisakah Pecah Rekor All Time High?

Emas Naik, Bisakah Pecah Rekor All Time High?

Pada perdagangan hari ini Kamis (28/12/23) emas spot (XAU/USD) naik +0.32% pukul 15:12 WIB. Emas naik setelah berhasil lepas dari level resistance US$2070. Kini emas berada pada posisi US$2083.31 per troy ounce. Pergerakan emas minggu ini bisa menjadi titik fokus para investor maupun traders. Posisinya yang berada di penghujung penutup tahun 2023 dan berada pas pada titik krusial XAUUSD. Namun dengan adanya pernyataan cut rate suku bunga tahun mendatang, bisa memberikan keyakinan lebih emas bisa ditutup diharga lebih dari US$2090. Beberapa skema yang mungkin bisa diperhatikan untuk tahun yang akan datang, yakni emas dapat melonjak jika cut rate akan dipercepat dari yang seharusnya. Jadwal saat ini para pelaku pasar memperkirakan pemangkasan suku bunga acuan akan dilakukan pertama pada bulan Maret 2024. Namun jika ternyata hal ini belum bisa terlaksana maka pergerakan emas spot (XAU/USD) dapat mengalami koreksi kembali atau akan lebih lambat untuk melanjutkan tren naiknya.


Skema yang kedua adalah jika konflik Israel semakin memanas para investor pun bisa kembali menambah porsi instrumen yang lebih minim resiko sehingga emas spot (XAU/USD) juga dapat terdorong naik. Sebaliknya, emas spot bisa lebih lambat atau bahkan mengalami koreksi karena investor akan mulai melirik instrumen yang memiliki return lebih baik. 


Analisa Teknikal

Dari kedua skema diatas, secara teknikal emas masih dalam kondisi tren bullish atau tren naik. Tembusnya emas spot (XAU/USD) diatas harga US$2070 pada hari ini Kamis (28/12/23) sudah memberikan kesan yang positif bagi para trader dan penggemar emas. Bukan tidak mungkin penutupan akhir tahun menjadi akhir yang bahagia bagi para pemegang aset ini. Emas spot (XAU/USD) kini mampu break resistance US$2070. Hal tersebut membuat emas kembali menguat dan dapat diperkirakaan emas akan ditutup hijau pada penghujung tahun 2023.


Pada timeframe tahunan, emas spot  (XAU/USD) highest price berada pada posisi US$2133-US$2137. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menambah porsi jika penutupan perdagangan 2023 ditutup pada level tertinggi tersebut. Karena akan terbentuk sebuah barchart /candlestick  yang menandakan buyer mendominasi dan bisa lebih tinggi kenaikanya pada waktu yang akan datang.


Bagaimana nih LakuFriends? setelah melihat potensi instrumen investasi yang satu ini, jika yakin dari data fundamental dan kondisi geopolitik yang ada dapat menguntungkan emas jangan lupa untuk terus tambah tabungan emas kamu di aplikasi Lakuemas ya! 


ARTIKEL LAINNYA

Tips Mengumpulkan Tabungan Dengan Emas
Rabu, 24 Juli 2024
Tips Mengumpulkan Tabungan Dengan Emas

akuFriends, Buat sebagian orang mungkin sudah mulai terpikirkan ya untuk menabung dari sekarang demi meminimalisir kekurangan atau kejadian yang mungkin bisa saja terjadi di masa depan diluar kendali kita. Namun bagaimana cara klita menabung dan apakah bisa dimulai dari sekarang supaya tabungan bisa cepat terkumpul ? Berikut tips nya !


LANJUTKAN
Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi !
Jumat, 19 Juli 2024
Harga Emas Sentuh Rekor Tertinggi !

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan minggu ini bahwa The Fed semakin yakin bahwa inflasi akan terus menurun. Dia juga sebelumnya memberi isyarat, apakah ini yang menyebabkan harga emas melejit ? Simak disini !


LANJUTKAN
Tips Gen-Z Raih Financial Freedom !
Senin, 24 Juni 2024
Tips Gen-Z Raih Financial Freedom !

Financial Freedom atau kebebasan finansial atau merdeka finansial dapat dijelaskan sebagai keadaan di mana seseorang tidak memiliki kewajiban utang, memperoleh pendapatan pasif yang mencukupi untuk kehidupan, memiliki perlindungan finansial terhadap segala risiko. Untuk Gen-Z yang sedang berusaha untuk bisa segera merealisasikan kebebasan finansial, perlu adanya perencanaan yang baik nih, simak di artikel berikut !


LANJUTKAN