28

Desember
2023

Emas Naik, Bisakah Pecah Rekor All Time High?

Emas Naik, Bisakah Pecah Rekor All Time High?

Pada perdagangan hari ini Kamis (28/12/23) emas spot (XAU/USD) naik +0.32% pukul 15:12 WIB. Emas naik setelah berhasil lepas dari level resistance US$2070. Kini emas berada pada posisi US$2083.31 per troy ounce. Pergerakan emas minggu ini bisa menjadi titik fokus para investor maupun traders. Posisinya yang berada di penghujung penutup tahun 2023 dan berada pas pada titik krusial XAUUSD. Namun dengan adanya pernyataan cut rate suku bunga tahun mendatang, bisa memberikan keyakinan lebih emas bisa ditutup diharga lebih dari US$2090. Beberapa skema yang mungkin bisa diperhatikan untuk tahun yang akan datang, yakni emas dapat melonjak jika cut rate akan dipercepat dari yang seharusnya. Jadwal saat ini para pelaku pasar memperkirakan pemangkasan suku bunga acuan akan dilakukan pertama pada bulan Maret 2024. Namun jika ternyata hal ini belum bisa terlaksana maka pergerakan emas spot (XAU/USD) dapat mengalami koreksi kembali atau akan lebih lambat untuk melanjutkan tren naiknya.


Skema yang kedua adalah jika konflik Israel semakin memanas para investor pun bisa kembali menambah porsi instrumen yang lebih minim resiko sehingga emas spot (XAU/USD) juga dapat terdorong naik. Sebaliknya, emas spot bisa lebih lambat atau bahkan mengalami koreksi karena investor akan mulai melirik instrumen yang memiliki return lebih baik. 


Analisa Teknikal

Dari kedua skema diatas, secara teknikal emas masih dalam kondisi tren bullish atau tren naik. Tembusnya emas spot (XAU/USD) diatas harga US$2070 pada hari ini Kamis (28/12/23) sudah memberikan kesan yang positif bagi para trader dan penggemar emas. Bukan tidak mungkin penutupan akhir tahun menjadi akhir yang bahagia bagi para pemegang aset ini. Emas spot (XAU/USD) kini mampu break resistance US$2070. Hal tersebut membuat emas kembali menguat dan dapat diperkirakaan emas akan ditutup hijau pada penghujung tahun 2023.


Pada timeframe tahunan, emas spot  (XAU/USD) highest price berada pada posisi US$2133-US$2137. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk menambah porsi jika penutupan perdagangan 2023 ditutup pada level tertinggi tersebut. Karena akan terbentuk sebuah barchart /candlestick  yang menandakan buyer mendominasi dan bisa lebih tinggi kenaikanya pada waktu yang akan datang.


Bagaimana nih LakuFriends? setelah melihat potensi instrumen investasi yang satu ini, jika yakin dari data fundamental dan kondisi geopolitik yang ada dapat menguntungkan emas jangan lupa untuk terus tambah tabungan emas kamu di aplikasi Lakuemas ya! 


ARTIKEL LAINNYA

Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !
Jumat, 02 Februari 2024
Investasi Di Usia Muda, Ini Manfaatnya !

Tau nggak sih memulai investasi dari sedini mungkin banyak sekali keuntungannya terutama untuk kehidupan finansial masa depan kamu nanti. Jadi nggak ada salahnya untuk mulai belajar investasi dari hari ini, karena investasi adalah suatu cara untuk membuat kondisi finansialmu lebih baik. Simak yuk artikel lengkapnya mengenai manfaat investasi di usia muda!


LANJUTKAN
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu
Kamis, 25 Januari 2024
Tips Penggunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Tahu

Hai LakuFriends transaksi secara digital saat ini marak penggunaannya dikarenakan lebih mudah dan efisien. Hal ini menyebabkan meningkatnya transaksi digital di Indonesia salah satunya adalah pembayaran menggunakan kartu kredit secara digital, dimana pemilik kartu kredit harus memasukkan data informasi kartu kredit ke dalam aplikasi atau e-commerce untuk membayar. Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan nih LakuFriends, simak artikel berikut yuk !


LANJUTKAN
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?
Kamis, 11 Januari 2024
Apa Benar Emas Jadi Aset Safe Heaven Paling Berarti ?

Suatu aset dikatakan safe haven adalah ketika terjadi gejolak atau ketidakpastian dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan atau tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya. Tak jarang juga kita mendengar bahwa sejumlah investor senang mengumpulkan aset safe haven. Dan salah satu komoditas yang sering disebut-sebut sebagai aset safe haven akan kita bahas dalam artikel kali ini !


LANJUTKAN